Reruntuhan Tulum dan Perjalanan Sehari Gran Cenote


Road Affair didukung oleh pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan di artikel ini.

Saat berada di Cancun, kami memutuskan untuk melakukan perjalanan sehari ke Tulum, untuk melihat salah satu reruntuhan Maya terbaik di Meksiko dan beberapa cenote. Reruntuhan Tulum dan Gran Cenote sama-sama populer di kalangan turis dan harus dilihat oleh banyak pelancong. Untuk membantu menjadikan kunjungan Anda lebih baik, kami telah menyusun panduan terperinci ke Tulum dengan informasi lebih lanjut, rekomendasi hotel, dan tip yang tidak akan Anda temukan di panduan perjalanan Anda yang biasa.

Reruntuhan Tulum

Meskipun reruntuhan Tulum tidak sebesar reruntuhan Chichen Itza atau Uxmal, mereka masih menjadi salah satu reruntuhan yang paling banyak dikunjungi di Meksiko. Ada 60 reruntuhan di lokasi ini. Yang paling populer adalah Kastil (Kastil), karena merupakan bangunan tertinggi di sana dan biasanya yang muncul di majalah dan panduan perjalanan. Di dalam reruntuhan Tulum juga terdapat pantai yang indah. Pantai ini dikatakan sebagai salah satu pantai terindah di Riviera Maya, jadi jangan lupa untuk mengenakan pakaian renang dan berenang setelah mengunjungi reruntuhan.

Uang masuk: $59 peso
Biaya parkir: $70 peso
Operasi berjam-jam: dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Tips orang dalam untuk reruntuhan Tulum

  • Hampir tidak ada area yang teduh, jadi kami sarankan untuk membawa banyak dari mereka airsudah topi untuk mencegah pingsan dan dehidrasi.
  • Tidak ada makanan atau alkohol diperbolehkan dan tidak ada gudang di dalam situs arkeologi. Meskipun tas tidak diperiksa sebelum masuk, kami merekomendasikan makan sebelum masuk untuk membantu melestarikan reruntuhan.
  • Tidak seperti reruntuhan lain di Meksiko, Anda tidak bisa memanjat atau menyentuh salah satu reruntuhan di sana.
  • Meskipun kamu bisa memakai sandal jepit di reruntuhan, kami sarankan kamu memakainya sepatu kets atau sepatu pendukung jadi jika Anda melewatkan satu langkah atau tersandung batu, Anda tidak akan terluka.
  • pintu pakaian renang karena ada pantai (pantai) di lokasi.
  • Setelah melewati loket informasi di dekat jalan raya, di mana kolektif akan menurunkan Anda, Anda harus berjalan sekitar 1 km ke pintu masuk Reruntuhan. Jangan membeli tiket apa pun di sepanjang jalan karena orang akan mencoba menjual tiket kedaluwarsa atau palsu kepada Anda.
  • Reruntuhan membutuhkan waktu 45 menit hingga satu jam untuk diselesaikan.
  • Tiba di reruntuhan lebih awal karena di malam hari ada banyak orang dan sangat panas.
Reruntuhan Tulum, Meksiko dan pohon palem yang menghadap ke Laut Karibia di Riviera Maya, Meksiko
Jess Kraft / shutterstock.com

Setelah mengunjungi reruntuhan Tulum, kami menuju ke Gran Cenote yang hanya berjarak 6 km dari reruntuhan dan 3,5 km dari pusat kota Tulum. Ada banyak cenote di Meksiko, tetapi Gran Cenote seharusnya menjadi salah satu yang terbaik.

Cenote yang bagus

Gran Cenote adalah cenote taman besar yang indah yang sesuai dengan namanya. Ini harus dikunjungi di Meksiko. Cenote terbuka untuk perenang, penyelam, dan perenang snorkel. Cenote air biru segar sangat jernih dan sangat menyegarkan. Jangan berharap airnya sehangat lautan, karena tidak. Saat kita berenang, Anda akan melihat banyak stalaktit dan stalagmit, keren sekali. Pernahkah Anda ingin berenang bersama ikan, kura-kura dan kelelawar (ya, saya baru saja mengatakan kelelawar), sementara Anda bisa melakukan semuanya di sini. Cenote memiliki tali yang dapat Anda pegang saat menjelajah, dan ada juga beberapa tempat dangkal untuk non-perenang.

Uang masuk: $120 peso? dan $150 peso untuk penyelam
Penyewaan peralatan snorkling: $80 peso (Anda juga bisa menyewa peralatan menyelam)
Operasi berjam-jam: dari jam 8 pagi sampai 6 sore

Tips orang dalam untuk Gran Cenote

  • Satu-satunya cara untuk mencapai Great Cenote adalah dengan mengemudi atau naik taksi. Bersepeda dan menumpang juga selalu menjadi pilihan.
  • Taksi dari reruntuhan ke cenote akan dikenakan biaya sekitar $110 peso sekali jalan. Jika Anda memiliki anggaran terbatas seperti kami, kami sarankan Anda meninggalkan reruntuhan dan berjalan sedikit di jalan raya, taksi akan menemui Anda dan meminta untuk menjemput Anda. Saya harus menagih Anda 80 peso, tidak lebih.
  • Pilihan lain untuk sampai ke Gran Cenote dari reruntuhan adalah dengan naik kolektivo di sebelah jalan raya ke pusat kota Tulum seharga 20 peso dan kemudian naik taksi dari sana seharga 80 peso.
  • bukti kembali ke Tulum karena membayar taksi lain bisa mahal.
  • Kami sarankan Anda membawa kacamata renang atau sewa peralatan snorkeling karena pemandangan bawah laut di cenote sangat luar biasa dan sayang untuk dilewatkan.
Cenote Besar Meksiko
Byelikova Oksana / shutterstock.com

Pikiran terakhir

Secara keseluruhan, kami benar-benar menikmati perjalanan sehari kami ke Reruntuhan Tulum dan Gran Cenote. Reruntuhan Tulum tidak semenarik beberapa reruntuhan lain di Meksiko, tetapi Anda juga hanya membayar seperempat dari harga. Jika Anda pernah ke beberapa reruntuhan Meksiko lainnya, Tulum mungkin mengecewakan Anda. Gran Cenote, bagaimanapun, harus dilihat. Cenote sangat besar dan Anda dapat menghabiskan waktu di sana menjelajahi sistem gua dan mengagumi keindahannya. Kami akan kembali dalam sekejap. Jadi jika Anda punya waktu untuk melakukan perjalanan sehari ke Cancun atau Playa, pertimbangkan untuk mengunjungi kedua tempat tersebut.

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.