Tulum: Bagaimana menuju ke sana dan hal-hal yang harus dilakukan


Road Affair didukung oleh pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan di artikel ini.

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Tulum, posting ini untuk Anda. Di bawah ini adalah panduan terperinci tentang hal-hal yang harus dilakukan di sepanjang jalan dari Cancun atau Playa del Carmen, serta Tulum.

Cara menuju Tulum

1. Pergi dari Cancun ke Tulum

sebuah. bus ADO

Stasiun bus ADO terletak di pusat kota Cancun antara Avenida Tulum. dan Jalan Uxmal. Bus berangkat kira-kira setiap jam dari 8:12 hingga 11:00 dan kemudian secara sporadis. Harga tiket sekali jalan adalah 90 peso dan dibutuhkan 2 setengah jam untuk sampai ke Tulum.

b. kolektif

Kolektif adalah shuttle bus yang berfungsi sebagai alternatif ekonomis bagi penduduk setempat untuk pergi dari kota ke kota. Meski minivan ini bukan bus kelas 1, namun cukup nyaman, cepat dan murah. Anehnya, sebagian besar kolektif bahkan memiliki AC. Untuk sampai ke Tulum dari Cancun, Anda perlu mengambil 2 kelompok. Satu dari Cancun ke Playa del Carmen dan satu lagi dari Playa de Carmen ke Tulum.

Kolektif beredar setiap hari dan pergi begitu mereka penuh. Tidak butuh waktu lama untuk mengisi minivan, karena banyak orang menggunakan carpool sebagai alat transportasi utama mereka. Dari sekian kali kami mengambil kolektif, kami menunggu maksimal 5 menit sebelum pergi dan merupakan salah satu orang pertama yang naik van.

Anda dapat mengambil kolektif di pusat Cancun, di tempat parkir “La Comercial Mexicana” (supermarket) di Avenida de Tulum di depan terminal bus ADO. Naik colectivo ke perhentian terakhir yaitu Playa del Carmen seharga 30 peso dan kemudian Anda akan naik colectivo lain di area yang sama tempat Anda turun di Tulum seharga 40 peso. Dibutuhkan total dua jam untuk sampai ke Tulum dari Cancun.

Reruntuhan Tulum, Meksiko dan pohon palem yang menghadap ke Laut Karibia di Riviera Maya, Meksiko
Jess Kraft / shutterstock.com

2. Cara pergi dari Playa del Carmen ke Tulum

sebuah. Ado Bus

Stasiun bus berada di 5th Ave. dan Benito Juarez. Bus ke Tulum berangkat dari Platja del Carmen setiap hari dari pukul 8:00 hingga 12:30 (periksa jadwal bus sebelum berangkat). Tiket sekali jalan berharga 66 peso.

b. kolektif

Kolektif berangkat dari Playa del Carmen di Calle 2 antara jalan 15 dan 20. Kolektif berangkat sangat sering dari jam 5 sampai jam 11 malam. Mereka pergi begitu mereka penuh dengan penumpang. Tiket sekali jalan berharga 40 peso. Dibutuhkan antara 45 menit dan 1 jam untuk pergi dari Playa del Carmen ke Tulum.

Rekomendasi: Gunakan Bookaway untuk dengan mudah membandingkan dan memesan tiket bus atau minivan dari Cancun atau Playa del Carmen ke Tulum.

Hal yang dapat dilakukan dalam perjalanan ke Tulum

Di antara rute dari Cancun atau Playa del Carmen ada banyak hal yang harus dilakukan. Di bawah ini adalah daftar hal-hal dengan beberapa detail tentang setiap tempat.

Pantai Carmen

Jika Anda datang dari Cancun, saya sarankan Anda berhenti di Playa del Carmen selama beberapa jam atau bahkan sehari. Playa memiliki beberapa pantai terindah di dunia dan Anda tidak ingin melewatkannya, bukan? Jika Anda mencari suvenir, restoran, dan bar, Anda harus mengunjungi 5th Ave. Ini adalah salah satu jalan paling populer di Playa. Baik bus ADO maupun pemberhentian kolektif di Playa del Carmen.

Untuk panduan lebih rinci tentang Playa del Carmen, lihat panduan ini untuk Playa del Carmen dari teman-teman kami di Getting Stamped.

Pantai Playa del Carmen, Meksiko
posting / shutterstock.com

Xel-Ha

Xel-Ha adalah taman hiburan air, hampir seperti akuarium alami dengan aktivitas termasuk, namun tidak terbatas pada, ban dalam, berayun di cenote, dan berenang bersama lumba-lumba. Biaya taman all-inclusive adalah $89 untuk dewasa (lebih murah jika dibeli secara online dan jika dibeli 7 hari atau lebih sebelumnya) dan termasuk akses taman, makan dan minum sepuasnya, penggunaan peralatan snorkeling, loker, dan handuk.

xcaret

Xcaret adalah taman hiburan unik, yang tidak hanya memberi Anda banyak kesempatan untuk bersenang-senang tetapi juga untuk belajar tentang budaya Meksiko dan Maya. Taman ini memiliki aktivitas air, situs arkeologi, desa Maya yang diciptakan kembali, dan jalur hutan. Anda dapat berenang di sungai bawah tanah, snorkeling, menonton rekreasi permainan bola pra-Hispanik, mengunjungi reruntuhan Maya kuno, dan banyak lagi. Harga tiket dasar adalah USD 99 untuk dewasa (lebih murah jika dibeli secara online dan 7 hari atau lebih sebelumnya). Harga sudah termasuk akses ke taman, makanan prasmanan dengan minuman tak terbatas dan 1 bir, peralatan snorkel, dan loker. Xcaret biasanya merupakan kunjungan sehari penuh dan buka dari pukul 08:30 hingga 21:30

Akumal

Akumal dianggap sebagai pantai yang sempurna untuk kayak dan snorkeling karena daerah ini kaya akan karang dan kehidupan laut. Pantai ini adalah rumah bagi penyu, barakuda, dan berbagai ikan kecil. Banyak pengunjung mengunjungi Akumal untuk berenang bersama penyu yang hidup hanya sepelemparan batu dari pantai, jadi jangan lupa untuk membawa peralatan snorkeling Anda.

Penyu hijau (Chelonia mydas) berenang di dasar laut pasir putih di Akumal, Meksiko
blue-sea.cz / shutterstock.com

Cenote di dan di sekitar Tulum

Cenote adalah lubang pembuangan yang terbentuk secara alami di permukaan bumi yang terdiri dari batu kapur. Jutaan tahun hujan mengikis batu kapur, menciptakan kolam gua bawah tanah. Air yang mengisi cenote bisa berupa air tawar, air asin atau keduanya. Kolam gua yang terbentuk secara alami ini memiliki struktur yang bervariasi. Mereka bisa benar-benar terbuka, seperti danau, hampir sepenuhnya tertutup dengan hanya lubang kecil di bagian atas, atau di antara keduanya.

Cenote Besar Meksiko
Byelikova Oksana / shutterstock.com

Ke mana pun Anda pergi dalam perjalanan Anda ke Tulum, mengunjungi setidaknya satu cenote saat berada di Meksiko adalah suatu keharusan. Semenanjung Yucatan di Meksiko memiliki sekitar 6.000 cenote. Jadi tidak ada alasan mengapa Anda tidak harus mengunjungi setidaknya satu. Percayalah, setelah pergi ke cenote, Anda tidak akan pernah melihat pantai atau kolam renang dengan cara yang sama lagi.

Dalam perjalanan ke Tulum dari Cancun atau Playa del Carmen Anda akan menemukan banyak cenote. Di bawah ini adalah daftar cenote Meksiko terbaik di sepanjang jalan yang menurut kami sepadan dengan harganya.

  1. Cenote Biru (Harga masuk: $70 peso)
  2. Chaak Tun (Harga masuk: $240 peso)
  3. Dua mata (Harga masuk: $150 peso)
  4. Cenote yang bagus (Harga masuk: $120 peso)

Reruntuhan arkeologi di dan sekitar Tulum

Reruntuhan Tulum

Reruntuhan Tulum dianggap sebagai salah satu reruntuhan terpelihara terbaik di Meksiko, meskipun tidak semenakjubkan Tikal, Chichen Itza atau reruntuhan populer lainnya, mereka patut dikunjungi. Ada juga pantai yang indah di sebelah reruntuhan, jadi jangan lupa baju renang Anda.

Biaya masuk: $59 peso

Reruntuhan Tulum di Meksiko

Reruntuhan Coba

Reruntuhan Cobá dianggap sebagai salah satu reruntuhan paling unik di Semenanjung Yucatán. Reruntuhan Coba dikelilingi oleh empat danau alami dan banyak bangunan di reruntuhan ditutupi oleh hutan. Piramida tertinggi Coba, Nohoch Mul, setinggi 138 kaki dan pengunjung dapat memanjatnya tidak seperti situs reruntuhan lainnya. Setelah Anda mencapai puncak, Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan (Saya tidak akan merusaknya, Anda hanya perlu melihatnya sendiri).

Biaya masuk: $59 peso

Turis memanjat piramida Nohoch Mul di reruntuhan kota Coba, Meksiko
Matyas Rehak / shutterstock.com

Reruntuhan Muyil

Reruntuhan Muyil, juga dikenal sebagai Chunyaxche, terletak hanya 15 km selatan Tulum. Reruntuhan Muyil dikelilingi oleh hutan dan pengunjung dapat berjalan melewatinya sambil mengagumi keindahan tempat kecil ini.

Masuk $40 peso

Tempat menginap di Tulum

Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk tinggal di Tulum. Terlepas dari gaya dan anggaran perjalanan Anda, saya yakin Anda akan menemukan satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

$ = Anggaran | $$ = Rentang Rata-rata | $$$ = Kemewahan

Rumah ibu | $

Wisma dan hostel kecil ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai setelah seharian bertamasya dan bertemu wisatawan santai lainnya. Terletak di jalan yang tenang di kota Tulum, di sebelah stasiun bus, bar dan restoran lokal, dan semua yang Anda butuhkan. Ini adalah rumah Anda yang jauh dari rumah. Klik di sini untuk membaca ulasan dan memeriksa ketersediaan.

Lobo Inn | $

Jika Anda lebih suka tinggal dalam jarak berjalan kaki dari pantai dan reruntuhan Tulum daripada pusat kota, Lobo Inn adalah tempat yang tepat untuk Anda. Ini adalah satu-satunya pilihan anggaran berkualitas baik yang tersedia di dekat pantai. Klik di sini untuk membaca ulasan dan memeriksa ketersediaan.

Secret Garden Hotel | $$

Hotel yang indah ini adalah tempat favorit kami untuk tinggal di Tulum. Terletak di pusat kota Tulum, jauh dari kebisingan tetapi dalam jarak berjalan kaki ke toko-toko dan restoran. Semua kamar di Secret Garden didekorasi dengan perabotan lokal dan ornamen khas buatan tangan, serta dilengkapi dengan AC. Klik di sini untuk membaca ulasan dan memeriksa ketersediaan.

Posada los Paaches | $$

Posada los Mapaches terletak tepat di depan reruntuhan Tulum dan beberapa menit dari pantai, cenote, dan banyak atraksi lainnya. Pemilik, Chelo, sangat ramah dan berpengetahuan, dan sangat memperhatikan Anda selama Anda tinggal di Tulum. Klik di sini untuk membaca ulasan dan memeriksa ketersediaan.

Hotel Butik Alma Tulum | $$$

Akses ke pantai pribadi dan kolam renang luar ruangan sepanjang tahun, perlu saya katakan lebih banyak? Alma Tulum Hotel memiliki nilai terbaik untuk uang di Tulum dan Anda tidak akan kecewa dengan masa tinggal Anda. Klik di sini untuk membaca ulasan dan memeriksa ketersediaan.

Be Tulum Beach & Spa Resort | $$$

Jika Anda mencari pengalaman mewah yang otentik, resor khusus dewasa ini adalah tempat terbaik untuk menginap di Tulum. Resor ini terletak di hutan dan memiliki akses langsung ke pantai berpasir putih yang indah di Tulum. Semua suite dilengkapi dengan kolam renang pribadi atau hot tub, Wi-Fi gratis, dan balkon pribadi. Sekarang, jika itu tidak meyakinkan Anda untuk bertahan, saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Klik di sini untuk membaca ulasan dan memeriksa ketersediaan.

Tulum juga memiliki banyak Airbnb yang indah. Untuk saran, lihat panduan kami untuk Airbnb terbaik di Tulum.

Dapatkan asuransi perjalanan

Tidak peduli berapa lama atau pendek perjalanan Anda, mendapatkan asuransi perjalanan adalah suatu keharusan. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, dan Anda tidak ingin terjebak dengan ribuan dolar dalam tagihan medis hanya karena Anda tidak memiliki asuransi. Kami merekomendasikan Pengembara Dunia.

Bahkan jika Anda tidak mendapatkan asuransi perjalanan dengan Pengembara Dunia, pastikan Anda mendapatkan asuransi perjalanan dari suatu tempat.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang dapat dilakukan di dalam dan sekitar Tulum dan sebagian besar atraksi mudah diakses dengan transportasi umum atau taksi. Kami harap kami membuat perencanaan perjalanan Anda sedikit lebih mudah dan jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya di komentar di bawah.

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.