Masalah Perpanjangan Visa Turis Meksiko (FMM)


Road Affair didukung oleh pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan di artikel ini.

Kami ingin melakukan banyak hal di Meksiko, setelah semua itu adalah tiga kali ukuran Texas dan memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Kami berencana mengunjungi Palenque, Oaxaca, Merida, Izamal, dan tinggal sampai festival Day of the Dead. Namun ada sedikit masalah, Kartu Visa Turis (FMM) kami dijadwalkan akan habis masa berlakunya dalam waktu kurang dari seminggu.

“Hanya 30 hari tolong”

Setelah membuat keputusan spontan untuk membeli tiket sekali jalan ke Cancun, Meksiko, kami hanya bertanya 30 hari (alih-alih apa yang diizinkan secara hukum 180 hari) pada kartu visa turis kami.

Bodoh kan? Saya tahu, tapi kami punya alasan “baik” untuk itu, atau begitulah menurut kami.

Kami takut jika kami meminta lebih dari 30 hari, petugas imigrasi akan meminta kami bukti kemajuan, yaitu tiket pulang. Itu sebabnya kami memilih untuk mengambil hanya 30 hari dan tidak mengambil risiko ditolak di perbatasan. Namun, setelah menulis 30 hari di kartu kami, kami menyadari bahwa kami melakukan kesalahan besar. Dia bahkan sepertinya tidak peduli, apalagi jika kami tinggal di Meksiko selama 2 hari atau seumur hidup kami.

Setelah berada di Cancun selama beberapa hari, kami melakukan riset online dan menemukan bahwa kami dapat memperbarui kartu visa turis kami di kantor imigrasi di pusat kota Cancun masing-masing seharga $25. Jadi kami tidak terlalu khawatir tentang masalah itu sampai kartu visa kami hampir habis masa berlakunya.

Perpanjangan kartu Visa Turis Meksiko

Mari saya mulai dengan mengatakan bahwa bertentangan dengan kepercayaan populer, Anda tidak dapat memperbarui kartu visa turis Anda (juga dikenal sebagai FMM) di kantor imigrasi. Setidaknya itulah yang dikatakan agen yang bekerja di sana.

Saya tahu Anda mungkin berpikir, kami melakukan sesuatu yang salah, atau bahasa Spanyol kami tidak cukup baik dan petugas imigrasi tidak tahu apa yang kami bicarakan, tetapi bukan itu masalahnya.

Setelah di kantor imigrasi kami menemukan seseorang yang berbicara sedikit bahasa Inggris dan kami memiliki aplikasi terjemahan google terpercaya kami jika dia tidak tahu apa yang kami katakan.

Dia melihat kartu kami dan berkata bahwa kami tidak dapat memperbaruinya dan kami harus meninggalkan negara itu dan kembali.

Tunggu apa? Tetapi dikatakan bahwa kami dapat memperbaruinya secara online dan kami cukup yakin bahwa kami juga membacanya di situs web Anda.

Dia melanjutkan dengan mengatakan, “bahwa pilihan terbaik kami adalah pergi ke Belize dan mendapatkan kartu turis baru dengan 180 hari.”

Tidak dapat meyakinkan mereka untuk memperbarui kartu kami, kami meninggalkan kantor.

Kami pikir kami hanya akan kembali dua hari kemudian (cukup lama bagi mereka untuk melupakan kita) dan meminta orang lain dan melihat apa yang mereka katakan. Kami sudah merencanakan semuanya. Kami bahkan punya rencana B, yaitu naik bus ke Playa del Carmen dan pergi ke kantor imigrasi di sana.

Tapi apa pun yang kami coba lakukan, jawabannya tetap “tidak, Anda harus meninggalkan negara itu dan kembali”. Semua harapan kami untuk memperbarui kartu visa kami pupus dua kali dalam satu hari. Di Playa del Carmen, kami bahkan meminta seseorang menerjemahkan untuk kami dan petugas di sana berbicara bahasa Inggris dengan cukup baik, jadi kendala bahasa tidak menjadi masalah.

Sangat tidak mungkin untuk memperbarui Kartu Turis Meksiko (FMM).

Jadi sekarang kami memiliki dua pilihan, dapatkan visa di Belize dan kembali 3 hari kemudian, atau lupakan Meksiko dan lanjutkan perjalanan kami ke selatan. Kedua pilihan itu akan membuat kita kehilangan uang yang bisa kita hemat jika kita hanya mengatakan, “180 hari, tolong.”

Meninggalkan Meksiko

Kami memiliki dua hari untuk mencari tahu apa yang ingin kami lakukan dan itu cukup waktu. Pada akhirnya, kami memutuskan untuk naik bus malam ke Chetumal, kota Meksiko yang berbatasan dengan Belize, dan dari sana naik bus ayam ke Belize City.

Kami naik bus kelas dua, Mayab, dari stasiun bus ADO di pusat kota Cancun seharga 220 peso (~20 USD) per orang ke Chetumal pada pukul 4:00 pagi. Perjalanan dari Cancun ke Chetumal memakan waktu sekitar 6 jam.

Setelah kami tiba di Chetumal, kami memilih untuk tidak naik taksi dari stasiun bus Chetumal ke Pasar baru (dimana bus ayam di belize dimana mereka menunggu) dan saya hanya berjalan 5-7 menit. Di Nuevo Mercado, kami melihat berbagai macam bus ayam (bus sekolah Amerika tua) menunggu dan kami hanya perlu mencari bus ke tujuan kami, Belize City. Perjalanan empat jam menghabiskan biaya $120 peso (~$12USD) per orang.

Sekarang yang tersisa hanyalah menyeberangi perbatasan Meksiko.

Melintasi perbatasan dan penipuan biaya keluar

Dalam penelitian kami, kami tidak dapat menemukan apa pun tentang biaya masuk/keluar Belize, tetapi kami menemukan banyak tentang penipuan biaya keluar Meksiko.

Rupanya, agen perbatasan Meksiko akan meminta turis yang meninggalkan negara itu untuk membayar biaya keluar 300 peso (~27 USD), tetapi apa yang tidak mereka katakan kepada orang-orang adalah bahwa jika mereka terbang ke negara itu, biaya Keberangkatan biasanya sudah termasuk. pada tiket pesawat Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan kepada mereka bukti pembayaran biaya dengan tanda terima terperinci dari maskapai Anda dan mereka akan tutup mulut dan membiarkan Anda lewat.

Tapi sayangnya bagi kami, kami tidak punya waktu untuk menelepon maskapai kami dan meminta tanda terima terperinci untuk tiket pesawat kami. Kami pikir tanda terima dan bukti tiket sekali jalan kami yang biasa sudah cukup.

BURUK.

Kami sampai di perbatasan dan seperti yang diharapkan petugas imigrasi meminta kami 320 peso per orang. Kami dengan cepat menjawab dengan mengatakan bahwa kami tidak perlu membayar karena kami membayar biaya ketika kami membeli tiket kami. Tapi dia tidak peduli, jadi kami memberinya bayaran. Ketika kami memberinya 700 peso karena kami tidak memiliki jumlah pasti 640, dia mengembalikan seratus peso kepada kami dan hanya mengambil 600 peso untuk kami berdua. (umm, ini ada penipuan tertulis di atasnya)

Sekali lagi, kami salah dan kami benar-benar membayar harga untuk itu. Kami lega menemukan bahwa setidaknya tidak ada biaya masuk ke Belize, hanya biaya keluar BZ 37,50 (~US$19) per orang.

Jadi moral dari cerita ini adalah jangan membuat kesalahan yang sama seperti yang kita lakukan. Hindari harus melakukan perjalanan visa ke Belize dan hemat uang dengan hanya meminta 180 hari pada visa Anda, terlepas dari apakah Anda berencana untuk tinggal di Meksiko selama itu atau tidak. Siapa tahu.

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.