Cara berkeliling Jamaika menggunakan taksi rute


Road Affair didukung oleh pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan di artikel ini.

Salah satu cara terbaik untuk berkeliling Jamaika (JA) adalah dengan taksi rute dan saya meludahi orang yang mengatakan mereka tidak aman. Tidak hanya mereka aman, tetapi mereka adalah cara yang bagus untuk mengalami Jamaika nyata dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Saya tahu banyak forum menyarankan untuk menggunakan taksi pribadi (berperingkat), tapi itu membosankan dan mahal ($25-$200 tergantung lokasi).

Taksi rute adalah cara untuk pergi. Lagi pula, bukan tujuan yang penting, melainkan perjalanannya! Selain itu, apa itu JA tanpa taksi rute!

Apa itu taksi rute?

Taksi rute adalah bentuk utama transportasi umum di Jamaika. Setiap taksi menjalankan rute tertentu dengan harga “tetap” dan menjemput dan menurunkan orang di mana saja di sepanjang jalan.

Tidak seperti New York, bukan taksi kuning cerah yang bertuliskan Taksi. Sebaliknya, mereka sering mobil biasa dan satu-satunya cara untuk membedakan mereka dari mobil lain adalah dengan plat nomor merah mereka. Beberapa taksi juga akan memiliki rute/tujuan yang tercetak di pintu samping pengemudi. Taksi rute dapat berupa mobil, van, atau minibus.

Beberapa
Taksi rute yang memiliki stiker rute/tujuan tercetak di atasnya

Perhatikan bahwa taksi sewa pribadi juga memiliki plat nomor merah dan terkadang satu-satunya cara untuk membedakannya adalah dengan menanyakan harganya. Jika pengemudi meminta lebih dari $10, itu mungkin taksi sewaan, bahkan lebih baik jika mereka mengutip Anda dalam dolar, itu taksi sewaan.

Dalam posting ini, kami akan memberi tahu Anda cara menuju ke tempat-tempat populer di Jamaika menggunakan taksi rute. Kami juga telah menyertakan harga sehingga Anda tidak tertipu untuk membayar lebih karena Anda seorang turis.

Bandara Internasional Montego Bay Sangster → Pusat Kota Montego Bay

Total harga: 100 J$ (~1 USD)
Waktu: 10-15 menit.
Jumlah taksi rute: 1

Ketika Anda meninggalkan bandara, Anda akan dibombardir oleh orang-orang yang menanyakan ke mana Anda akan pergi dan memberi Anda harga yang tidak masuk akal. Satu orang mengatakan mereka akan menagih kami $25 masing-masing untuk pergi ke pusat kota. Tapi kami pikir itu adalah jebakan turis dan memverifikasinya setelah bertanya kepada penduduk setempat berapa tarif sebenarnya dan di mana mendapatkan taksi umum.

Ketika Anda meninggalkan bandara, belok kanan menuju gedung terminal domestik (ini juga arah yang sama jika Anda ingin naik bus, bus yang terlihat seperti anjing besar kuning-abu-abu dengan bendera Jamaika di depan). . Di sisi lain terminal, Anda akan melihat mobil putih “berpenampilan normal” dengan plat nomor merah berbaris menunggu penumpang. Tanyakan kepada pengemudi berapa biaya untuk sampai ke pusat kota. Jika dia mengutip Anda lebih dari J$100, tawar-menawar ke J$100 dan jika dia tidak mengutip, lanjutkan ke pengemudi berikutnya.

Teluk Montego → Negril

Total harga: 475 J$ (~4 USD)
Waktu: ~2 jam
Jumlah taksi rute: 2

Naik taksi rute ke pelabuhan bus yaitu pusat transportasi (tidak mewah atau santai sama sekali. Ini adalah area yang sibuk dan sibuk) di pusat Teluk Montego seharga J$ 100. Dari sana, Anda dapat memberi tahu pengemudi untuk menurunkan Anda, di mana Anda dapat naik taksi atau van rute ke Lucea dengan biaya J$225. Kami menyarankan Anda memilih taksi rute daripada van/bus karena taksi tidak akan berangkat sampai penuh dan dapat memakan waktu mulai dari 30 menit hingga 1 jam. Dari Terminal Bus Lucea, naik taksi rute lain ke Negril seharga J$250 (~US$2,13).

Catatan: Di Pelabuhan Bus Montego Anda dapat menemukan taksi rute dan bus ke berbagai kota. Beberapa tempat populer adalah Ocho Rios, Black River dan Kingston.

Montego ke Ocho Rios: 1 minibus | Harga: ~J$450 Waktu: ~ 1 jam 45 menit
Montego di Pantai Harta Karun: Taksi dari 3 rute (Savanna-la Mar – Black River – Treasure Beach) | Waktu: 2,5 jam Total harga: ~800 JMD.

Untuk detail lebih lanjut tentang rute dari Savanna-La Mar, baca bagian di bawah ini.

Total harga: bervariasi
Waktu: 2 jam
Jumlah taksi rute: 3 – 4 tergantung rute yang diambil

Naik taksi rute dari hotel Anda ke pusat kota seharga USD 130 (~USD 1). Dari sana Anda dapat turun dan berjalan kaki ke pelabuhan bus (5 menit berjalan kaki – kesempatan bagus untuk membeli buah dan makanan ringan untuk perjalanan ke depan atau mendapatkan uang dari ATM di Playa del Tresor, karena tidak ada ATM di kota) atau ambil. taksi dan membayar biaya tambahan, J$120. Pelabuhan bus ada di sebelah kanan, setelah pom bensin.

Dari pelabuhan bus, naik taksi ke selatan ke Savanna-la-Mar (J$200). Beri tahu pengemudi bahwa Anda ingin pergi ke Black River dan dia akan menurunkan Anda di mana Anda dapat naik minibus ke Black River.

Dari Savanna-la-Mar, Anda memiliki dua pilihan untuk menuju ke Treasure Beach.

1. Rute taksi ke Whitehouse → Black River → Treasure Beach (TB). Meskipun ini adalah pilihan di mana Anda mengambil lebih banyak taksi dan membayar lebih, ini adalah rute tercepat, dengan waktu tunggu yang lebih sedikit. Untuk sampai ke Whitehouse, tinggalkan pelabuhan bus dan belok kanan dan turun taksi menuju Whitehouse (J$200-40 menit perjalanan) dan naik taksi lain ke Black River selama 20 menit seharga J$250. Begitu sampai di Black River, Anda akan menemukan beberapa taksi menuju TB seharga J$250.

2. Minibus ke Sungai Hitam → Pantai Harta Karun. Opsi ini adalah yang termurah tetapi juga memiliki waktu tunggu terlama, karena bus jarang beroperasi. Dari Savanna Bus Port naik minibus langsung ke Black River seharga J$250 (~1 jam). Dari Black River, naik taksi ke TB seharga USD 250 selama sekitar 30 menit.

Dari Terminal Bus Savanna La Mar Anda juga dapat naik taksi/minibus ke Kingston (J$900); Negril, Whitehouse, Mandville, Petersfield dan banyak lagi.

Kiat orang dalam: Jika Anda lapar saat menunggu di Savanna-la-Mar, ambil beberapa makanan jalanan dari penjaja atau pergi ke rumah biru di belakang tempat parkir untuk beberapa makanan lezat dan murah. Kami memiliki Ackee & Salfish di sana seharga $250 J. Menurut penduduk setempat, ini adalah tempat terbaik untuk makan di tempat parkir.

"Terminal taksi" di Savannah-la-Mar
“Terminal Taksi” di Savannah-la-Mar

Pantai Harta Karun → Kingston

Total harga: 1070 J$ (~9 USD)
Waktu: 4,5 jam.
Jumlah taksi rute: 3

Naik taksi rute ke Black River selama sekitar 30 menit (J$250). Beri tahu pengemudi untuk menurunkan Anda di dekat taksi di rute menuju Santa Cruz. Black River ke Santa Cruz berjarak 45 menit hingga 1 jam perjalanan dengan biaya USD 220. Dari Santa Cruz naik bus (lebih besar dari minibus) ke Kingston. Bus tidak akan berangkat sampai penuh, tetapi biasanya tidak memakan waktu lama.

Kiat orang dalam: Kursi terbaik untuk duduk adalah di depan atau di samping jendela karena Anda tidak akan terlalu terjepit. Santa Cruz ke Kingston adalah perjalanan 2,5 jam dan biaya J$600.

Kingston → Bandara Norman Manley (KIN)

Total harga: 120 J$ (~1 USD)
waktu: 15-30 menit
Jumlah taksi rute: 0 – naik bus Kuning Besar

Kingston memiliki sistem transportasi yang fantastis, andal, dan murah menggunakan bus umum kuning besar. Sistem bus bahkan terletak di Google Maps, jadi hampir tidak perlu naik taksi dalam perjalanan. Cara terbaik dan paling tidak rumit untuk sampai ke bandara adalah dengan naik bus 98 menuju Port Royal. Biayanya adalah J$120.

Kingston → Pegunungan Biru

Total harga: bervariasi
Waktu: bervariasi
Jumlah taksi rute: bervariasi

Ada beberapa cara untuk mencapai Blue Mountains, tetapi ke mana pun Anda pergi, Anda harus terlebih dahulu naik taksi rute dari Kingston ke Papine (J$150, 45 menit). Dari Papine Anda bisa naik taksi rute ke New Castle (J$270, 1,25 jam) atau Mavis Bank (J$250, 1,5 jam). Dari Mavis Bank Anda dapat melakukan salah satu dari dua hal, berkendara ke trailhead atau naik 4×4. Biaya 4×4 sekitar US$45-50 dan biasanya dapat diatur di hotel Anda di Blue Mountains.

Total harga: 450 J$ (~4USD)
Waktu: 3 jam
Jumlah taksi rute: 1

Dari Halfway Tree atau Parade Center Kingston, Anda dapat naik minibus langsung ke Port Antonio (PA) seharga J$450. Perjalanan tiga jam ke PA dari Kingston adalah salah satu perjalanan paling indah di Jamaika, jadi pastikan Anda tetap terjaga dan menikmati keindahan alam. Mereka akan menurunkan Anda dari pusat kota di pompa bensin Texaco.

Port Antonio → Blue Lagoon, Frenchman’s Cove atau San San Beach

Total harga: 100 USD (~0,80 USD)
Waktu: 10-15 menit
Jumlah taksi rute: 1

Taksi di rute itu semuanya berangkat dari pompa bensin Texaco di pusat kota. Jika seseorang mencoba menagih Anda lebih dari J$100, jangan terima.

Port Antonio → Pantai Winnifred, Boston Bay, Long Bay

Total harga: J$150 (~US$1,50)
Waktu: 20-30 menit
Jumlah taksi rute: 1

Anda dapat naik taksi rute ke tujuan ini dari pompa bensin Texaco yang terletak di pusat kota Port Antonio.

Total harga: 330 J$
Waktu: 1 jam
Jumlah taksi rute: 2

Naik van dari SPBU Texaco menuju Morant Bay dan beri tahu pengemudi bahwa Anda ingin turun di Reach Falls Junction. Tarifnya adalah J$230 per orang dan memakan waktu sekitar 45 menit. Dari sana Anda dapat naik taksi rute lain seharga J$100 selama 15 menit ke pintu masuk air terjun.

Pelabuhan Antonio → Ocho Rios

Total harga: ~J$450 – 500 (~US$4 – 5)
Waktu: 2 jam
Jumlah taksi rute: 1 – 3 tergantung rute yang diambil

Ada bus yang langsung berangkat dari PA ke Ocho Rios (~J$450, 2 jam), tetapi tidak sering berjalan dan harus menunggu lama untuk turun karena harus menunggu bus penuh. bis Mungkin pilihan terbaik adalah naik taksi rute dari PA ke Annotto Bay seharga ~J$150 dan kemudian ke Port Maria (~J$150) dan dari Port Maria ke Ocho Rios (~J$150)

Lebih banyak hal yang perlu diketahui

  • Sebagian besar taksi rute beroperasi dari Senin sampai Minggu (jarang pada hari Minggu) antara pukul 06:00 dan 19:00.
  • Jika Anda mengambil rute taksi di malam hari terkadang akan dikenakan biaya lebih!
  • Selalu tanyakan berapa biayanya sebelum masuk untuk menghindari masalah di kemudian hari.
  • Untuk tujuan yang tidak tercantum di sini, pastikan untuk bertanya kepada penduduk setempat berapa tarif untuk sampai ke tujuan Anda, lalu dekati taksi rute.
  • Bayar ongkos Anda begitu Anda tiba di tempat tujuan, belum pernah sebelumnya!
  • Taksi rute dikenakan biaya per orang bukan per tujuan, jadi jika Anda bepergian dalam kelompok, harap bayar per orang.
  • Cobalah untuk membayar dengan tagihan kecil karena pengemudi biasanya tidak memiliki uang kembalian untuk tagihan besar seperti $1000 J

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.