Panduan utama untuk backpacking El Salvador dengan anggaran terbatas


Road Affair didukung oleh pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan di artikel ini.

Untuk beberapa alasan, El Salvador sering diabaikan oleh para backpacker yang bepergian melalui Amerika Tengah. Namun, para backpacker yang memutuskan untuk mengunjungi negara tersebut tidak bisa berhenti membicarakan pesona dan keindahannya. El Salvador tidak hanya rumah bagi orang-orang yang sangat ramah, tetapi juga memiliki beberapa pemandangan paling menakjubkan di Amerika Tengah, yang sebagian besar tetap tak tersentuh karena kurangnya wisatawan yang datang ke sini. Negara kecil yang terpencil ini adalah tempat yang sempurna bagi wisatawan yang ingin keluar dari jalur dan menjelajahi reruntuhan Maya kuno, mendaki gunung berapi aktif, tinggal di pantai yang sepi, atau mendaki melalui hutan hujan yang rimbun tanpa keramaian.

Biaya rata-rata

Angkutan

Bus umum di El Salvador pergi hampir ke mana pun Anda ingin pergi dan biayanya hanya antara US$0,40 dan US$5 tergantung ke mana Anda pergi.

Akomodasi

Tempat tidur asrama di hostel biasanya berharga sekitar 8 USD dan kamar pribadi sekitar 20 USD. Jika Anda ingin tinggal di kamar pribadi, pilihlah penginapan lokal daripada hostel, karena biasanya harganya beberapa dolar lebih murah.

Makanan

Makanan sangat murah di El Salvador selama Anda makan di restoran lokal dan menjauh dari tempat-tempat milik Amerika atau Eropa. Sebagai gambaran, pupusa, jajanan pinggir jalan yang populer di El Salvador, berharga sekitar US$0,50 dan makanan biasa di komedian lokal berharga sekitar US$3.

Pupusa, makanan jalanan tradisional dari El Salvador
Pupusas, hidangan tradisional dari El Salvador

Saran anggaran

1.) Menumpang

Banyak penduduk setempat tidak mampu membayar transportasi umum, jadi menumpang masih sangat umum di El Salvador. Cukup gunakan akal sehat sebelum menerima tumpangan.

2.) Makan sayur dan buah segar

El Salvador adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi vegetarian. Buah-buahan dan sayuran tidak hanya sangat murah di sini, tetapi juga rasanya jauh lebih enak dari biasanya. Vegetarian atau tidak, mengemil buah adalah cara yang bagus untuk tetap sehat dan menghemat uang untuk hal-hal lain.

Hal terbaik yang dapat dilakukan di El Salvador

Tazumal

Tazumal adalah salah satu situs Maya terpenting di El Salvador. Reruntuhan di sini tidak begitu mengesankan seperti beberapa reruntuhan Maya lainnya di Meksiko atau Guatemala, tetapi masih layak untuk dikunjungi, terutama jika Anda belum mengunjungi reruntuhan yang lebih besar. Biaya masuk adalah 3 USD.

Situs arkeologi Tazumal dari peradaban Maya di El Salvador
Svetlana Bykova / shutterstock.com

Permata Cerén

Joya de Cerén adalah situs Maya pra-Columbus yang tertutup abu vulkanik setelah letusan gunung berapi, Kaldera Loma, sekitar tahun 590 Masehi. Penduduk desa melarikan diri tetapi meninggalkan tembikar, perabotan, dan benda-benda sehari-hari lainnya, yang memberi kita wawasan aneh tentang bagaimana bangsa Maya kuno hidup. Biaya masuk adalah USD 3 per orang.

Danau Ilopango

Danau Ilopango adalah danau kawah yang terbentuk dari letusan gunung berapi sebelumnya dan merupakan danau terbesar kedua di El Salvador. Saat ini gunung berapi tersebut telah punah dan Danau Ilopango telah menjadi tujuan wisata populer bagi para nelayan, penyelam, dan pejalan kaki.

Danau Coatepeque, Santa Ana, El Salvador, Amerika Tengah
Milosz Maslanka / shutterstock.com

Pupus

Pupusas adalah tortilla jagung tebal buatan tangan yang diisi dengan berbagai bahan, seperti keju, daging babi, atau kacang-kacangan. Ini adalah hidangan tradisional Salvador dan salah satu makanan jalanan favorit kami di Amerika Tengah. Tapi kami bukan satu-satunya yang jatuh cinta dengan Pupusas. Pada hari Minggu kedua setiap bulan November, masyarakat El Salvador merayakan Hari Pupusa Nasional untuk mempromosikan produksi dan ekspor hidangan nasional negara tersebut. Perayaan tersebut mencakup berbagai kegiatan termasuk kontes makan pupusa, kontes pupusa terbesar dan banyak lagi. Namun, sangat menyenangkan untuk hadir serta mengisi wajah Anda :).

Taman Nasional El Boquerón

Taman ini terletak di puncak gunung berapi San Salvador dan daya tarik utamanya adalah kawah selebar 5 km. Ada sejumlah jalur pendakian yang mengarah ke kawah raksasa. Beberapa dari mereka lebih sulit daripada yang lain, tetapi ada jalan untuk semua orang, apakah Anda seorang pemula atau ahli.

Kawah El Boqueron di luar kota San Salvador, El Salvador
John Crux / shutterstock.com

Puerta del Diablo (Gerbang Iblis)

Puerta del Diablo adalah sudut pandang dengan pemandangan El Salvador yang menakjubkan hingga pantai Pasifik. Itu mendapat namanya dari Spanyol yang mengira bahwa formasi batuan yang terakumulasi akibat hujan lebat tampak seperti “Gerbang Setan”. Puerta del Diablo juga merupakan tempat populer bagi pecandu adrenalin, karena merupakan salah satu tempat panjat tebing teratas di El Salvador, dengan enam puluh rute yang telah ditetapkan untuk didaki.

Gunung Berapi Chaparrastique (Gunung Berapi San Miguel)

Stratovolcano ini adalah salah satu gunung berapi paling aktif di El Salvador dan membentuk landmark yang menonjol. Jika Anda bugar, pendakian selama sembilan jam akan membawa Anda ke puncak (2130m) di mana Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan.

Gunung berapi El Salvador
Cyan Studio / shutterstock.com

San Salvador

San Salvador adalah ibu kota El Salvador dan pusat transportasi utama. Karena lokasinya yang sentral, banyak pelancong mendasarkan diri di sini untuk menjelajahi seluruh negeri tanpa mengorbankan kenyamanan kota besar. San Salvador juga memiliki salah satu kehidupan malam terbaik di Amerika Tengah, pemandangan seni yang semarak, banyak monumen dan museum yang indah, dan pusat bersejarah.

Suchitoto

Suchitoto adalah ibu kota budaya El Salvador dan tujuan akhir pekan yang populer bagi orang Salvador. Kota ini terkenal dengan gerejanya yang indah, jalanan berbatu, galeri seni, dan pemandangan Danau Suchitlan yang luar biasa. Banyak backpacker mendasarkan diri di sini untuk menjelajahi air terjun dan gua di sekitarnya, yang berada tepat di luar kota.

Kota Suchitoto di El Salvador
Foto593 / shutterstock.com

Reruntuhan Cihuatan

Cihuatan terletak di lembah gunung berapi Guazapa dan merupakan salah satu situs pra-Columbus terbesar di El Salvador. Penelitian menunjukkan bahwa berbagai kelompok etnis datang bersama untuk tinggal di sini selama masa yang sangat tidak stabil dan jatuhnya Maya, sampai penjajah yang tidak dikenal membakar semuanya. Penerimaan adalah $3,00 per orang.

Kebebasan

La Libertad adalah ibu kota selancar El Salvador, dengan banyak toko selancar dan persewaan papan yang terletak di sepanjang pantai. Peselancar dari seluruh dunia datang ke sini untuk menangkap ombak atau mengikuti kejuaraan selancar yang sering diadakan di sana. Tempat selancar populer lainnya di wilayah ini adalah: El Sunzal, El Zonte saya si kukuk.

Pantai El Tunco di El Salvador, Amerika Tengah
evenfh / shutterstock.com

Taman Nasional Monte Cristo

Taman Nasional Monte Cristo terletak di perbatasan El Salvador, Honduras, dan Guatemala dan merupakan surga alami bagi pejalan kaki, pengamat burung, dan pecinta alam lainnya. Taman ini dikatakan sebagai suaka margasatwa paling mengesankan di El Salvador, dengan berbagai macam flora dan fauna yang menyebut hutan sebagai rumah mereka. Titik tertinggi (7.000 kaki) di taman ini disebut El Trifinio dan dicapai dengan mendaki 4,5 mil melalui hutan awan yang rimbun. Di bagian atas, sebuah plakat menandai perbatasan ketiga negara dan pemandangannya sangat menakjubkan. Biaya masuk adalah USD 6 per orang per hari.

pesawat jet

Los Chorros adalah oasis alami dengan serangkaian sumber air yang turun dari gunung berapi Sant Salvador. Kolam dingin di air terjun sangat menyegarkan setelah perjalanan hutan yang terik dan layak untuk dikunjungi.

Air Terjun Pulhapanzak, Honduras, Amerika Tengah
Milosz Maslanka / shutterstock.com

Pastikan sebelum Anda pergi backpacking di El Salvador

Tidak peduli berapa lama atau pendek perjalanan Anda, jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dan percayalah kepada kami, Anda tidak ingin terjebak dengan ribuan dolar dalam tagihan medis. Seperti yang pernah dikatakan orang bijak, jika Anda tidak mampu membeli asuransi perjalanan, Anda tidak mampu untuk bepergian. Jadi jangan tinggalkan rumah tanpa itu. Kami merekomendasikan Pengembara Dunia.

Bahkan jika Anda tidak mendapatkan asuransi perjalanan dengan Pengembara Dunia, pastikan Anda mendapatkan asuransi perjalanan dari suatu tempat.

Panduan perjalanan lainnya

Jika Anda lebih menyukai buku dan lebih suka membawa pemandu fisik saat backpacking di El Salvador, kami merekomendasikan Moon El Salvador. Ingat, jangan ikuti langkah demi langkah, gunakan sebagai panduan.

Jika Anda menikmati panduan kami untuk backpacking El Salvador dengan anggaran terbatas, silakan bagikan di media sosial dan pertimbangkan untuk kembali merencanakan perjalanan Anda yang lain dengan panduan backpacking terperinci kami.

Terinspirasi? Simpan untuk nanti…

Ransel El Salvador dengan pin anggaran

Pengungkapan: Beberapa tautan di halaman ini adalah tautan afiliasi dan tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mendapat komisi kecil jika Anda mengeklik dan melakukan pembelian.

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.