Panduan definitif untuk Program Pengabaian Visa AS dan ESTA


Road Affair didukung oleh pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan dalam artikel ini.

Anda telah secara resmi memutuskan untuk melakukan perjalanan ke AS, tetapi sebelum Anda mulai memesan penerbangan Anda, ada satu hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu: mengajukan ESTA. Tanpa satu, Anda tidak akan bisa naik pesawat ke Amerika Serikat. Jadi sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya apa itu ESTA? Apakah saya memenuhi syarat? Mengapa saya membutuhkannya? Dan bagaimana cara saya melamar? Nah, dalam panduan ini, Anda akan menemukan semua yang perlu Anda ketahui tentang ESTA dan cara mendaftarnya sehingga Anda dapat mulai merencanakan perjalanan Anda ke AS

Apa itu ESTA?

Sistem Elektronik untuk Otorisasi Perjalanan (ESTA) adalah sistem online yang digunakan untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk bepergian ke AS tanpa visa di bawah Program Pembebasan Visa (VWP) atau tidak. VWP memungkinkan warga negara atau warga negara dari 38 negara untuk melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk pariwisata atau bisnis hingga 90 hari. Namun, pelancong harus terlebih dahulu mendapatkan ESTA yang disetujui.

Apa perbedaan antara ESTA dan Visa?

ESTA bukan visa. Sebaliknya, ini adalah otorisasi perjalanan yang disetujui yang memungkinkan Anda untuk bepergian ke AS tanpa visa jika Anda adalah warga negara atau warga negara dari 38 negara yang terdaftar dalam VWP. Jika negara Anda bukan bagian dari VWP, atau jika Anda berencana untuk menghabiskan lebih dari 90 hari di wilayah AS, Anda harus mengajukan permohonan visa yang sesuai, karena ESTA tidak akan cukup. Untuk informasi lebih lanjut tentang jenis visa yang Anda butuhkan, kunjungi situs web Departemen Luar Negeri AS.

Siapa yang bisa melamar ESTA?

Anda memenuhi syarat untuk mengajukan ESTA jika:

  • Anda berencana untuk bepergian ke Amerika Serikat selama 90 hari atau kurang untuk kesenangan, bisnis, atau transit.
  • Tiba dengan pesawat atau kapal (Anda tidak memerlukan ESTA jika Anda memasuki AS melalui darat, tetapi Anda akan diminta untuk mengisi formulir kertas I-94W di perbatasan).
  • Anda adalah warga negara atau warga negara yang memenuhi syarat dari negara Visa Waiver Program (VWP).

Bagaimana cara mengajukan ESTA?

Satu-satunya cara untuk mengajukan ESTA adalah online melalui situs resmi ESTA. Aplikasi ini sederhana dan membutuhkan waktu sekitar dua puluh menit untuk diselesaikan jika Anda memiliki semua informasi yang diperlukan untuk mendaftar. Disarankan untuk membuat permintaan sebelum memesan penerbangan, dan selambat-lambatnya 72 jam sebelum keberangkatan ke Amerika Serikat. Anda akan ditolak di meja check-in bandara jika Anda tidak memiliki ESTA yang disetujui.

Apa yang Anda perlukan untuk aplikasi ESTA Anda

  • Paspor yang masih berlaku dari negara Program Pengabaian Visa
  • Kartu kredit yang valid (MasterCard, VISA, American Express, dan Discover) atau PayPal untuk membayar biaya pendaftaran $14
  • Tanggal perjalanan
  • Alamat tempat Anda tinggal serta titik kontak AS Anda
  • Informasi pekerjaan (jika ada)

Berapa biaya aplikasi ESTA?

Permohonan ESTA yang diterima dikenakan biaya USD 14 per orang, sedangkan permohonan ESTA yang ditolak dikenakan biaya USD 4, keduanya dapat dibayar dengan kartu kredit atau PayPal. Ini adalah harga resmi pada saat penulisan, jika Anda memilih untuk pergi melalui agen perjalanan atau pihak ketiga, Anda kemungkinan akan membayar lebih.

Berapa lama proses ESTA?

Meskipun proses aplikasi hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk diselesaikan, dapat memakan waktu hingga 72 jam untuk membuat keputusan tentang aplikasi Anda. Anda dapat memeriksa status ini di situs web ESTA resmi menggunakan nomor aplikasi ESTA yang akan Anda terima setelah menyelesaikan aplikasi Anda. Status aplikasi ESTA Anda akan memiliki salah satu dari tiga jawaban:

  1. Otorisasi disetujui: Anda diizinkan untuk melakukan perjalanan ke AS di bawah Program Pengabaian Visa.
  2. Perjalanan tidak sah: Sayangnya, Anda tidak diizinkan untuk bepergian ke Amerika Serikat berdasarkan Program Pengabaian Visa.
  3. Otorisasi tertunda: Permohonan Anda memerlukan sedikit lebih banyak waktu sebelum keputusan dapat dibuat, tetapi biasanya keputusan dibuat dalam waktu 72 jam.

Bagaimana jika aplikasi ESTA saya tidak disetujui?

Jika permohonan Anda ditolak, ini tidak berarti bahwa Anda ditolak masuk ke Amerika Serikat, tetapi Anda tidak dapat melakukan perjalanan ke AS tanpa visa. Oleh karena itu, Anda perlu mengajukan permohonan visa pengunjung. Berbeda dengan ESTA, visa adalah proses aplikasi yang jauh lebih kompleks dan mahal yang memerlukan wawancara tatap muka di kedutaan atau konsulat AS. Aplikasi visa tidak dapat dilakukan secara online.

Berapa lama ESTA saya berlaku?

Setelah aplikasi ESTA Anda disetujui, itu berlaku selama dua tahun atau sampai paspor Anda kedaluwarsa, mana yang lebih dulu. Anda dapat mengunjungi AS sebanyak yang Anda suka dengan ESTA Anda yang valid selama setiap perjalanan tidak melebihi 90 hari. Juga tidak ada persyaratan yang ditetapkan untuk berapa lama Anda harus menunggu di antara kunjungan, tetapi Anda harus membuat jarak antara kunjungan Anda sehingga agen Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) tidak berpikir Anda mencoba untuk tinggal di daerah tersebut. AS, karena mereka memiliki hak untuk menolak Anda masuk.

Apakah persetujuan ESTA menjamin masuk ke AS?

Persetujuan ESTA Anda adalah bukti bahwa Anda memenuhi syarat untuk bepergian ke AS tanpa visa di bawah Program Pengabaian Visa, tetapi itu bukan jaminan untuk masuk ke AS. Masuknya Anda ke AS adalah atas kebijaksanaan petugas CBP. Ketika Anda tiba di AS, petugas CBP akan memeriksa Anda dan menentukan apakah Anda dapat diterima atau tidak, terlepas dari apakah Anda memiliki ESTA yang disetujui atau tidak.

Bisakah saya memperbarui ESTA saya?

Tidak ada cara untuk memperbarui ESTA, setelah ESTA kedaluwarsa atau Anda telah memperbarui paspor Anda, Anda harus mengajukan permohonan ulang untuk ESTA baru melalui situs web resmi ESTA

Berikut adalah fakta-fakta dasar tentang Program Pengabaian Visa AS dan ESTA, sekarang Anda harus siap untuk melengkapi aplikasi ESTA Anda dan merencanakan kunjungan Anda ke AS!

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.