Karakteristik Negara Tuvalu, Fakta, Penduduknya, Kondisi Ekonomi.

di manakah negara Tuvalu ini? Seperti apa negaranya? Berikut profil dan fakta-fakta uniknya.

Negara Tuvalu merupakan sebuah negara yang berada di Samudera Pasifik dan menjadi salah satu dari negara di benua Oseania. Dahulu negara ini terkenal sebagai Kepulauan Ellice yakni sebuah kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia.

Karakteristik Negara Tuvalu

fakta negara tuvalu

Tuvalu merupakan negara yang memiliki tiga pulau karang yaitu Nanumanga, Niutao, Niulakita dan enam atol besar yaitu Nui, Nanumea, Funafuti, Nukufetau, Nukulaelai dan Waitupu. Secara astronomis, negara ini terletak antara 5° – 10° Lintang Selatan dan 176° – 180° Bujur, sebelah barat Garis Penanggalan Internasional.

Negara Tuvalu memiliki luas sekitar 26 kilometer persegi, tidak heran jika negara ini menempati urutan keempat di antara negara terkecil di dunia setelah Vatikan, Monaco dan Nauru. Selain itu, Tuvalu adalah negara vulkanik. Salah satu atol terbesar, yang disebut Funafuti, memiliki banyak pulau kecil di sekitar laguna tengah yang membentang 25,1 km dari utara ke selatan dan 18,4 km dari timur ke barat. Funafuti juga merupakan ibu kota Tuvalu dan kota terbesarnya.

Titik tertinggi Tuvalu berada di Niulakit dengan ketinggian 4,6 meter di atas permukaan laut. Elevasi ini merupakan elevasi maksimum terendah kedua di dunia setelah Maladewa. Tuvalu memiliki iklim tropis dengan dua musim sepanjang tahun. Musim hujan berlangsung dari November hingga April, dan musim kemarau dari Mei hingga Oktober.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer,Manfaat Dan Fungsinya.

Masyarakat Negara Tuvalu

Sebagian besar penduduk Tuvalu berkebangsaan Polinesia, tetapi ada juga etnis minoritas, yaitu Mikronesia, terutama di Nui, di mana bahasa Hilbert adalah bahasa ibu mereka. Survei terbaru yang dilakukan pada tahun 2020 menunjukkan populasi Tuvalu telah mencapai 11.342.

Bahasa resmi negara ini adalah Tuvalu dan Inggris. Tuvaluan sendiri masih merupakan bagian dari rumpun bahasa Polinesia dengan kerabat terdekatnya yaitu Hawaii, Maori, Tahiti, Rapanui, Samoa dan Tonga.

Mayoritas penduduk Tuvalu beragama Kristen, dan umat paroki berasal dari Gereja Kristen Kongregasionalis Tuvalu. Gereja adalah bagian dari tradisi Kristen Reformed, yang memberikan hak istimewa ketika mengadakan kebaktian khusus hanya untuk acara-acara besar nasional.

Meskipun demikian, negara bagian Tuvalu memberikan kebebasan beragama, kebebasan berganti agama, hak untuk tidak menerima pelajaran agama di sekolah atau menghadiri upacara keagamaan di sekolah, hak untuk tidak bersumpah atau mengutuk jika bertentangan dengan agama atau kepercayaan.

Pin by Ronnie on We Are The World | Tuvalu island, Tuvalu, Federated states  of micronesia

Fakta Negara Tuvalu

Satu-satunya bandara Tuvalu adalah di ibu kota, Funafuti. Tidak hanya itu, Funafuti adalah satu-satunya tempat dengan akomodasi, transportasi, dan perumahan bagi 56,6 persen populasi Tuvalu.

Nama domain Tuvalu (dot) TV adalah domain tingkat atas internet. Padahal, setiap tahun domain ini bisa mendatangkan sekitar 2,2 juta dolar AS, yaitu sekitar 10% dari pendapatan pemerintah.

Selama Perang Dunia II, Tuvalu menjadi basis strategis bagi Amerika Serikat. Tak heran, banyak artefak Perang Dunia II yang ditemukan di negara ini, seperti landasan lama di sisi timur laut Nanumea, bangkai kapal di dekat desa Noumea dan Pulau Motulalo di Nukufetau.

Dengan titik tertinggi kurang dari 5 meter, Tuvalu termasuk negara yang berisiko banjir akibat kenaikan permukaan laut akibat pemanasan global.

Karena permukaan laut terus naik, banyak orang Tuvalu memilih untuk pindah ke negara lain seperti Selandia Baru dan beberapa pulau Pasifik lainnya.

Kondisi Ekonomi Dan Sumber Daya Alam Negara Tuvalu

Dari tahun 1996 hingga 2002, Tuvalu adalah salah satu ekonomi dengan kinerja terbaik dengan tingkat pertumbuhan PDB tahunan sebesar 5,6%. Namun, pada tahun 2002 turun, dan pada tahun 2008 pertumbuhan PDB hanya 1,5%. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga BBM dan harga pangan dunia.

Pada 2010, Tuvalu bergabung dengan IMF untuk merangsang ekonomi. Namun, hanya pada tahun 2014, PDB negara itu meningkat sebesar 1%. Ini bukan tanpa penghasilan dari penangkapan ikan dan bantuan asing. Meski berukuran kecil, negara Tuval memiliki bentang alam pesisir pantai yang sangat indah. Uniknya, Tuvalu memiliki rumah sakit di tengah pulau utama, di mana hanya ada delapan jalan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.