Antigua Guatemala Bebas Gluten: Panduan Perjalanan Celiac


Bepergian dengan diet bebas gluten terkadang sulit, tetapi bukan tidak mungkin, terutama di tempat-tempat seperti Antigua, Guatemala. Dengan bantuan panduan ini, celiac dan non-coeliac sama-sama dapat terus mengikuti diet bebas gluten mereka sambil menjelajahi Antigua.

Nasihat istimewa: Jelajahi lebih banyak tujuan di seluruh dunia dengan e-book baru kami “100% Restoran Bebas Gluten Khusus di Seluruh Dunia” dan makan di lebih dari 1000 restoran tanpa khawatir, di mana pun Anda berada di dunia.

Petunjuk dan tips bermanfaat untuk pelancong dengan penyakit celiac

Meskipun saya telah didiagnosis dengan penyakit celiac, saya mencoba untuk tidak membiarkan alergi gluten yang parah membatasi saya untuk makan produk kemasan bebas gluten dari koper saya. Ke mana pun saya pergi, jika memungkinkan, saya makan hidangan lokal dari restoran lokal, atau dari warung kaki lima.

Untungnya, tanaman utama Guatemala adalah jagung, dan banyak hidangan dan makanan jalanan dibuat dengan tepung jagung, bukan tepung terigu, membuat perjalanan dengan celiac sedikit lebih mudah daripada di negara lain. Namun, dengan globalisasi dan meningkatnya konsumsi makanan olahan, seseorang tidak pernah bisa terlalu berhati-hati atau lengah.

Doblados - Antigua bebas gluten

Melalui trial and error, saya dapat menemukan beberapa trik dan tip untuk membantu Anda membatasi kemungkinan Anda menderita gluten. Berikut adalah beberapa tips saya untuk bepergian dengan penyakit celiac di Antigua Guatemala.

1. Tetap sederhana

Carilah restoran lokal yang memiliki menu sederhana dengan hanya sedikit pilihan makanan, karena kemungkinan kontaminasi silang lebih kecil.

Saya cenderung menghindari tempat-tempat yang menunya berisi makanan seperti pasta, ayam yang dilapisi tepung roti, sandwich, burger, dll. Sebaliknya, saya cenderung mencari tempat memanggang yang menjual daging yang dibumbui hanya dengan bumbu, merica, dan garam, tanpa perlu khawatir dengan saus khusus. Makanan ini biasanya datang dengan nasi, kacang-kacangan dan tortilla. Sederhana tapi mengenyangkan… dan lebih aman.

Ketika saya menemukan tempat yang tidak menyebabkan reaksi gluten, saya cenderung untuk kembali! Saya pelanggan setia ketika perut saya dirawat dengan baik.

2. Ketahui sisi-sisinya sebelum memesan

Ada kalanya saya lupa menanyakan makanan apa yang datang hanya untuk terkejut dengan roti atau spageti di piring. Meskipun sebagian besar tempat di Antigua menyajikan tortilla sebagai pelengkap, pastikan untuk tetap bertanya. Lebih baik aman daripada menyesal.

Juga, berhati-hatilah dengan sup camilan karena sering mengandung Mie (mie) dan/atau dibuat dengan bumbu yang sudah dikemas seperti Malher atau Saxon yang mengandung gandum.

3. Selalu ingat untuk memeriksa makanan

Setelah pelayan menyajikan makanan kepada Anda, tanyakan padanya untuk memastikan makanan tidak mengandung produk gluten sebelum masuk.

Tostada - Antigua Guatemala bebas gluten

4. Pelajari beberapa frasa yang berguna dalam bahasa Spanyol

Sayangnya, hanya sedikit orang di luar negeri yang tahu apa yang mengandung gandum dan apa yang tidak, jadi sebaiknya lakukan riset sendiri sebelum berangkat ke negara baru. Namun, masih berguna untuk mengetahui beberapa frasa Spanyol yang terkait dengan gluten dan yang tercantum di bawah ini adalah yang paling sering saya gunakan. Selain mengetahui frasa di bawah ini, Anda mungkin juga ingin mencetak kartu restoran Spanyol bebas gluten yang dapat Anda tunjukkan kepada pelayan atau koki Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

  • saya alergi… – Aku alergi…
  • Saya sakit jika saya makan segala sesuatu yang memiliki… di dalamnya. – Saya sakit jika saya makan sesuatu yang memiliki… di dalamnya.
  • Bahan apa yang kamu gunakan untuk membuat… – Bahan apa yang kamu gunakan untuk membuat…
  • Itu dibuat dengan minyak yang sama … – Itu dibuat dengan minyak yang sama dengan …
  • Gunakan paket musim seperti Mahler kamu Saxon untuk memasak makanan? – Gunakan paket musiman (rasa). Malher atau Saxon untuk memasak makanan Anda?
  • Apa yang datang dengan? – Apa yang datang dengan?
  • bebas/tanpa… – Tanpa…
  • roti – roti
  • Tepung terigu – Tepung terigu
  • gandum – Oatmeal
  • Bir – Bir
  • jelai – Jelai
  • Gandum hitam – gandum hitam
  • kecap – Kecap
  • kue – Kue
  • Video – Mie
  • remah-remah – Tepung roti
  • Kue – Toko kue

5. Hindari menanyakan pertanyaan Ya atau Tidak kepada pelayan

Sering kali, terutama ketika Anda tidak berbicara bahasa dengan baik, pelayan akan melakukan apa saja untuk menyenangkan Anda dengan memberi tahu Anda apa yang ingin Anda dengar, jadi hindari pertanyaan ya atau tidak seperti “Apakah ini mengandung tepung terigu?” Alih-alih, ajukan pertanyaan terbuka seperti, “Tepung apa yang Anda gunakan untuk membuat hidangan ini?”

6. Hati-hati dengan gluten yang tidak terlihat

Setelah menelusuri supermarket, saya perhatikan bahwa mereka menjual banyak bumbu kemasan (Malher adalah merek paling populer). Karena penasaran, saya memeriksa bahan-bahannya dan menemukan bahwa sebagian besar mengandung gandum atau mungkin mengandung sedikit gandum. Selalu tanyakan kepada juru masak apakah mereka menggunakan paket bumbu untuk makanan sebelum Anda memesan sesuatu.

    Racun tak terlihat untuk celiac di Guatemala
Kredit gambar: San Pedro Scoop

7. Jadikan pasar sebagai teman Anda

Pasar Kota Antigua memiliki berbagai macam buah, sayuran, dan makanan ringan lainnya yang dapat Anda makan tanpa takut akan gluten. Jadi cobalah, dan jika Anda memiliki dapur, masaklah satu atau dua makanan di rumah untuk membatasi kemungkinan Anda menderita gluten dengan makan di luar.

Pasar buah di Antigua Guatemala

Makan alami bebas gluten di Antigua Guatemala

Tidak banyak hidangan di Antigua Guatemala yang tidak bisa dimakan oleh celiac, karena sebagian besar secara alami bebas gluten, tetapi masalahnya adalah kemungkinan kontaminasi silang. Perhatikan hidangan lain apa yang dijual di restoran atau pedagang kaki lima pilihan Anda.

Pepian, Hilachas, Caldo de Res, Jocon dan Revolcado – Sup tradisional ini secara alami bebas gluten jika disiapkan dengan cara tradisional. Namun, beberapa tempat mungkin menggunakan bumbu kemasan untuk meningkatkan rasa sup mereka. Pastikan untuk bertanya sebelum memesan.

Tortilla – Mereka selalu dibuat dengan tepung jagung di Guatemala, kecuali mereka secara khusus mengiklankan Flour Tortilla.

Nasi dengan susu – Puding beras

Atol Elote, Platano atau Choco – Minuman panas yang dibuat dengan jagung, pisang, dan cokelat dengan hormat

Tamale/Chuchitos – Tepung jagung kukus, sering diisi dengan saus tomat dan daging, terbuat dari kulit jagung atau daun pisang

Enchilada/Tostadas – Tortilla jagung goreng (olahan/pabrik) dengan guacamole, kacang hitam refried, salsa tomat atau ayam dan topping lainnya

Elote – jagung bakar

taquitos – Taco gulung goreng dengan semacam isian

Pupus – Tortilla jagung isi berbagai bahan seperti keju atau kulit babi goreng

Pancake Singkong – Terbuat dari singkong parut, mentega, telur, gula dan santan

isi pisang – Bola kecil pure pisang manis diisi dengan saus kacang hitam manis

Elote Tamalitos - Antigua Guatemala Bebas Gluten

Makanan yang harus dihindari

Daftar ini berisi makanan tradisional Guatemala yang celiac ingin hindari, tetapi hanya karena sesuatu tidak ada dalam daftar ini tidak berarti Anda bisa memakannya.

tahi lalat – mereka sering menggunakan biskuit atau roti manis untuk mengentalkan saus

Menir gandum – mengandung oat

donat – dibuat dari tepung terigu

Sosis/Longanise – Mereka sering memiliki gandum sebagai isian

Toko kue – 90% kue kering di Guatemala dibuat dengan tepung terigu

daging dilapisi tepung roti – daging babak belur (biasanya daging goreng)

Boneka Chili – Resep online meminta tepung dalam adonan, tetapi banyak penjual menolak penggunaan tepung, jadi makanlah dengan risiko Anda sendiri

Di mana menemukan makanan bebas gluten di Antigua, Guatemala

Restoran non-lokal

Di bawah ini adalah daftar restoran di Antigua yang menawarkan opsi bebas gluten di menu mereka dan dianggap ramah gluten. Namun, semua makanan disiapkan di dapur yang sama dengan makanan yang mengandung gluten, jadi selalu ada kemungkinan kontaminasi silang.

Kafe Samsara | 6 Calle Poniente #33
Restoran yang sadar kesehatan ini menawarkan pilihan vegan, vegetarian, dan bebas gluten. Menurut pendapat kami, restoran ini memiliki pilihan bebas gluten yang paling beragam dan mereka terus menambahkan lebih banyak hidangan GF ke menu mereka.

Epicurus | 3rd Avenue Utara # 11B
Pemilik restoran ini adalah celiac, jadi mereka menawarkan berbagai macam pilihan bebas gluten di menu mereka, dari pizza bebas gluten hingga sandwich bebas gluten. Toko restoran juga menjual produk bebas gluten impor. Jadi Anda tidak hanya dapat makan siang dan makan malam di sana, tetapi Anda juga dapat membeli makanan ringan bebas gluten dan banyak lagi.

Kafe Fernando | 7 Avinguda Nord dan Callejón Camposeco
Kafe ini memiliki pilihan crepes, crepes, kue buatan sendiri, dan granola bebas gluten di menunya.

Origami | 6 Calle Oriente #6
Restoran ini menawarkan beberapa hidangan oriental organik dan bebas gluten.

Restoran lokal

Dapur Paulina | Calle Poniente ke-3 #27
Restoran lokal kecil ini memiliki menu dasar dengan berbagai pilihan daging panggang (ikan, daging babi, ayam, dll.) disertai dengan sepotong jagung bakar, kentang panggang, salad, omelet, dan kacang-kacangan. Segala sesuatu di menu secara alami bebas gluten, kecuali Longanisses/Chorizos yang mungkin mengandung gandum sebagai isian.

Gerbang | Calle Orient ke-6 #8
Saya adalah pengunjung tetap ke restoran ini karena pemiliknya tahu bahwa saya alergi terhadap gandum. Dia meyakinkan saya bahwa semua sup tradisionalnya alami dan asli. Hanya sup yang Anda dapatkan sebagai hidangan pembuka yang mengandung Malher (bumbu kemasan yang disebutkan di atas). Jika tidak, menu 5 atau 6 hidangan sederhana hampir tidak memiliki apa pun yang dapat menyebabkan kontaminasi silang.

Oven dan permen

isopan | 3 Calle Poniente #35
Toko roti ini menjual roti pisang bebas gluten dan kue kering yang diberi label “bebas gluten”. Namun, sejauh yang saya tahu, produk bebas gluten dan bebas gluten dibuat di fasilitas yang sama. Tidak dianjurkan untuk orang dengan intoleransi gluten parah.

Kue Alpukat Cokelat Bebas Gluten di Antigua Guatemala
Gambar milik: Antonina Alternative Baking

Antonina: Masakan alternatif
Toko roti yang masih baru ini dimiliki dan dioperasikan oleh Marlene, seorang celiac Guatemala yang memasak semua produknya di dapurnya sendiri. Marlene menjual produk bebas gluten seperti Roti Singkong Kentang, Pizza Crust, Roti Coklat Zucchini, Brownies Karamel, Roti Kelapa Wortel, dan Roti Coklat Pisang Pepaya favorit kami, yang dibuat berdasarkan pesanan Meskipun Toko Roti Alternatif Antonina belum memiliki toko, banyak produknya dapat ditemukan di toko-toko dan restoran di Antigua. Anda juga dapat memesan camilan GF apa pun dengan menghubunginya melalui Facebook atau meneleponnya di +502-5950-1192.

Tostaduria Antigua | Avinguda ke-2 setelah #34
Permata tersembunyi ini mungkin menjual beberapa cokelat Maya terlezat di Guatemala dan yang terbaik dari semuanya adalah bebas gluten. Pemiliknya tidak menggunakan produk yang mengandung gandum di tokonya, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kontaminasi silang seperti beberapa tempat lain yang suka menawarkan cokelat dengan remah kue, granola, atau produk lain yang mengandung gluten. .

supermarket

Toko-toko berikut ini menjual produk bebas gluten lokal dan impor seperti pasta, kue kering, roti, dan lainnya.

organik | Calle Poniente ke-5 #6
Epicurus | 3rd Avenue Utara # 11B
Kebun Mahoni | 5th Avenida Sur berakhir
Kehidupan yang tenang (Supermarket utama di kota) | Calle Poniente ke-4 #27

Produk bebas gluten di Organica di Antigua Guatemala

Buku tentang Guatemala dan makanannya

Sumber Daya Bebas Gluten

Kami harap panduan ini bermanfaat bagi Anda dan ingatlah untuk berhati-hati dan ajukan pertanyaan sebanyak yang Anda inginkan karena kesehatan Anda tidak dapat ditawar. Belum lagi membayar mereka, paling tidak yang bisa mereka lakukan adalah menjawab beberapa pertanyaan sederhana.

Jadi, bersenang-senanglah di Antigua dan cicipi beberapa masakan Guatemala yang istimewa. Bon Provecho!

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.