Perjalanan spontan: 8 hal yang perlu dipertimbangkan


Road Affair didukung oleh pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan di artikel ini.

Ketika kami akan memesan tiket kami, kami menyadari bahwa keputusan spontan untuk naik pesawat dan pergi ke mana pun, “pasti Legen….tunggu dulu…hari”(Dalam kata-kata Barney dari “How I Met your Mother”).

Tapi kemudian kami tersadar, kami tidak tahu apa-apa tentang negara yang akan kami tuju dan kami mulai merasa seperti kami tidak sepenuhnya siap untuk perjalanan ini.

Jadi bagaimana kami bisa bertahan hidup di negara yang tidak dikenal ini, Anda bertanya? Yah, meskipun ada banyak trial and error, kami hanya bersayap itu dan berharap yang terbaik.

Untuk membantu Anda menghindari kesalahan yang sama seperti yang kami lakukan, kami telah menyusun daftar hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan perjalanan spontan.

1. Bisa lebih mahal

Bepergian tanpa memesan penerbangan atau kamar hotel di muka bisa menjadi lebih mahal daripada memesan semuanya terlebih dahulu. Namun, tergantung pada musim, ada penawaran menit terakhir untuk penerbangan dan hotel yang dapat dimanfaatkan oleh pelancong spontan.

Ketika kami secara spontan memutuskan untuk terbang dari Chicago ke Cancun, tiket kami jelas bukan yang termurah. Namun, pergi ke bandara dan membeli tiket sekali jalan ke tujuan acak tidak sia-sia dan kami tidak akan menukar pengalaman itu dengan apa pun. Kesempatan untuk belajar tentang budaya suatu negara dengan tidak membacanya tetapi benar-benar mengalaminya sangat berharga.

2. Pembelian tiket pulang pergi

Pertanyaan emas: haruskah Anda membeli tiket pulang pergi? Jika Anda tidak tahu ke mana Anda akan pergi atau berapa lama Anda akan tinggal, kami sarankan Anda membeli tiket sekali jalan. Anda selalu dapat memesan penerbangan kembali nanti, saat Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang kapan dan di mana Anda akan berangkat. Namun, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa beberapa negara mungkin tidak mengizinkan Anda masuk jika Anda tidak dapat menunjukkan bukti perjalanan. Lihat bagaimana Wandering Earl memecahkan masalahnya karena tidak memiliki tiket pulang.

3. Cari tempat tinggal

Ada beberapa pilihan akomodasi yang melayani wisatawan spontan yang mencari tempat menginap di menit-menit terakhir. Beberapa dari mereka adalah:

Asrama mereka adalah teman terbaik traveler anggaran. Wisatawan dapat memesan tempat tidur, biasanya tempat tidur susun di kamar bergaya asrama, dengan harga yang murah. Harga bervariasi menurut lokasi, tetapi biasanya lebih murah daripada menginap semalam di hotel. Hostel sering kali merupakan lingkungan bersama, artinya kamar mandi dan dapur digunakan bersama oleh semua penghuni, yang dapat memberi wisatawan kesempatan untuk bertemu orang lain yang berpikiran sama. Sebagian besar kota besar di luar AS akan memilikinya dan mereka adalah pilihan menit terakhir yang bagus untuk backpacker. Dua situs web hostel yang bagus untuk menemukan hostel di dekat Anda adalah Booking.com atau Hostelworld.

Berselancar di sofa adalah metode pilihan kami untuk menemukan akomodasi. Ini adalah komunitas orang-orang ramah dari seluruh dunia yang membuka rumah mereka untuk pelancong secara gratis. Tidak hanya cara termurah untuk bepergian, tetapi juga memungkinkan Anda untuk tinggal bersama penduduk setempat yang dapat memberi Anda beberapa tip tentang apa yang harus dilihat dan ke mana harus pergi. Beberapa bahkan bisa mengajari Anda. Perhatikan bahwa beberapa orang membutuhkan waktu lebih lama daripada yang lain untuk menanggapi permintaan, jadi pastikan untuk mengirim beberapa. Ada juga grup yang disebut “Permintaan Sofa Menit Terakhir” yang telah membantu kami di masa lalu.

Airbnb agak mirip dengan Couchsurfing, tetapi alih-alih menabrak sofa secara gratis, Anda membayar untuk ruang pribadi (bisa berupa kamar, seluruh rumah, rumah pohon, dll). Menggunakan Airbnb bisa lebih murah daripada tinggal di hotel dan jika Anda bepergian dengan orang lain, itu bahkan bisa lebih murah daripada hostel karena sebagian besar waktu Anda membayar per kamar dan bukan per orang. Dengan opsi “Pesan Instan” Airbnb, orang dapat memesan pada menit terakhir tanpa harus menunggu persetujuan tuan rumah.

Catatan: Klik di sini untuk mendapatkan diskon $40 untuk masa inap Airbnb Anda berikutnya dengan kode kupon Airbnb kami.

kamp itu bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda menikmati alam dan tidak keberatan tidur di tenda. Kami, misalnya, selalu bepergian dengan tenda ringan, kantong tidur, dan alas tidur, karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda membutuhkannya. Ada dua cara untuk berkemah, salah satunya adalah membayar tempat berkemah di area berkemah resmi. Pilihan lainnya disebut stealth camping, yang merupakan cara favorit kami untuk berkemah. Untuk informasi lebih lanjut tentang berkemah siluman, klik di sini.

Hotel, meskipun lebih mahal daripada opsi mana pun yang disebutkan di atas, Anda dapat mengandalkan untuk menemukannya di mana saja. Dua situs web untuk menemukan penawaran hotel yang bagus adalah Hotels.com dan Booking.com

4. Beri tahu bank Anda

Ini bisa rumit. Saran kami lakukan ini sambil menunggu penerbangan Anda di terminal bandara, dengan begitu Anda dapat menggunakan layanan telepon lokal yang sudah Anda miliki. Namun, jika Anda sedang bepergian atau tidak memiliki layanan di ponsel Anda, Anda dapat menemukan warnet atau WiFi publik dan mengobrol dengan salah satu perwakilan bank Anda secara online.

Anda benar-benar ingin memastikan bahwa Anda memberi tahu bank Anda tentang perjalanan Anda karena jika mereka melihat ada perilaku yang tidak biasa di rekening bank Anda, mereka akan menundanya. Anda tidak ingin berada di negara asing tanpa uang.

5. Persyaratan dan batasan visa

Jika Anda adalah pemilik “Paspor Dunia Pertama”, sebagian besar negara akan memberi Anda visa turis (biasanya berlaku selama 90 hari) pada titik masuk. Namun, setiap negara memiliki persyaratan dan batasan visa yang berbeda, jadi pastikan untuk mengetahuinya sebelum Anda tiba.

Ketika kami tiba di Cancun, kami tidak tahu bahwa kami dapat tinggal secara legal di Meksiko dengan visa turis hingga 6 bulan. Karena tidak tahu lebih baik, kami memberi tahu petugas imigrasi bahwa kami hanya mempertimbangkan untuk tinggal selama 30 hari. Tapi kemudian kami memutuskan untuk tinggal lebih lama di Meksiko dan proses untuk memperpanjang visa cukup melelahkan. Pilihan kami adalah untuk mendapatkan visa, yang berarti meninggalkan negara dan kembali untuk mendapatkan visa baru, atau pergi ke Kantor Imigrasi di Meksiko dan memperpanjang visa kami saat ini. Kedua opsi ini membutuhkan biaya yang tidak perlu kami bayar jika kami diberi tahu lebih banyak sebelum kami tiba.

Belajarlah dari kesalahan kami, karena meskipun Anda tidak berencana untuk tinggal selama mungkin, setidaknya Anda memiliki pilihan.

6. Bergerak

Jika Anda pergi ke suatu tempat baru, selalu membantu untuk mengetahui cara berkeliling. Sebagian besar tujuan akan memiliki taksi yang dapat Anda percaya. Namun, tergantung di mana Anda berada, taksi mungkin bukan cara termurah untuk berkeliling.

Untuk menghemat uang, lakukan seperti yang dilakukan penduduk setempat dan naik bus lokal. Jangan lupa untuk memeriksa jadwal bus karena bus mungkin tidak beroperasi sepanjang waktu, dan Anda tidak ingin terjebak berjalan (berdasarkan pengalaman :D).

7. Saya tidak tahu bahasanya

Tidak mengetahui bahasa asli suatu negara dapat menjadi salah satu masalah terburuk yang dapat Anda alami saat bepergian. Ini sangat membuat frustrasi ketika Anda tidak dapat mengomunikasikan pikiran Anda kepada orang lain. Rasa frustrasi yang sama dapat membuat Anda membenci keputusan perjalanan spontan Anda atau membuat Anda ingin belajar bahasa tersebut.

Untuk membantu meringankan sebagian beban karena tidak mengetahui bahasa, cari toko yang menjual buku dan beli kamus. Dalam kasus kami, kami membeli buku frasa bahasa Spanyol dasar dan kamus bahasa Spanyol-Inggris saat kami memasuki Cancun.

Jika Anda memiliki ponsel atau tablet, sebaiknya unduh aplikasi Google Terjemahan juga. Ini akan membuat komunikasi dengan penduduk setempat lebih mudah dan lebih cepat.

Aplikasi berguna lainnya yang kami temukan adalah Duolingo (Harap dicatat bahwa hanya beberapa bahasa yang didukung) dan jika Anda serius ingin belajar bahasa, itu adalah suatu keharusan.

PS Ketika penduduk setempat melihat bahwa Anda mencoba untuk belajar bahasa mereka, mereka lebih terbuka untuk membantu Anda. Jadi tunjukkan upaya dan pelajari setidaknya kata-kata dasar seperti Terima kasih, Tolong, Halo, Selamat tinggal, dll.

8. Tetap berhubungan dengan teman dan keluarga

Kita hidup di zaman teknologi dan tidak ada alasan untuk tidak tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Beberapa aplikasi berguna yang kami rekomendasikan adalah:

Apa kabar memungkinkan Anda mengirim pesan teks dan gambar gratis tanpa batas secara internasional, tetapi Anda tidak dapat melakukan panggilan dari aplikasi ini. Aplikasi ini gratis hingga satu tahun. Kedua belah pihak harus mengunduh aplikasi dan Anda akan memerlukan nomor telepon untuk mengonfirmasi pendaftaran Anda.

nada bicara adalah aplikasi bagus untuk panggilan dan SMS gratis tanpa batas melalui WiFi dan bagian terbaiknya adalah orang lain tidak perlu menginstal aplikasi di perangkat mereka.

Meskipun perjalanan spontan bisa sulit, itu tidak harus mustahil.

Orang-orang telah melakukan ini jauh sebelum penemuan internet. Tetapi jika Anda punya waktu untuk melakukan riset sebelum naik pesawat, kami harap postingan ini membantu membuat proses perjalanan spontan menjadi lebih lancar.

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.