Pengertian Jaringan Komputer,Manfaat Dan Fungsinya.

Fungsi jaringan komputer – Pengertian jaringan penting dipahami dalam ilmu komputer. Jaringan komputer membentuk dunia digital yang dinikmati saat ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang berdiri sendiri (Stand alone) yang dihubungkan menggunakan berbagai media penghubung. Komputer-komputer dalam sebuah jaringan saling berkomunikasi, bertukar informasi, dan dapat menggunakan resources yang dapat digunakan bersama melalui sebuah media. Resources ini dapat berupa hardware seperti printer, harddisk, faksimili, program aplikasi, internet dan lain sebagainya.

Fungsi jaringan komputer adalah agar setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan untuk mencapai suatu tujuan. Pihak yang meminta atau menerima layanan disebut client, dan pihak yang menyediakan atau mengirim layanan disebut server. Desain ini disebut sistem layanan server, yang digunakan di hampir semua aplikasi di jaringan komputer.

Manfaat Jaringan Komputer

fungsi jaringan komputer

Email

Untuk masyarakat umum, serta untuk penggunaan pribadi, keuntungan pertama dari jaringan komputer pengguna adalah e-mail. Fungsi kartu pos seperti halnya surat yang menggunakan surat telah digantikan oleh e-mail atau e-mail. Dengan satu klik mouse, Anda dapat mengirim surat kepada siapa pun. Melalui surat elektronik/email yang terdapat di jaringan komputer, Anda bisa mengirim surat dalam format apapun. Seperti surat ringan kepada teman yang berada di luar negeri, surat lamaran pekerjaan, surat menyurat di bidang bisnis, dan lain sebagainya.

Media Sosial

media sosial atau yang sering disebut medsos akhir-akhir ini tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan seseorang. medsos juga merupakan produk hebat dari jaringan komputer. Segala macam informasi dalam bentuk apapun dapat dengan mudah dan cepat didapatkan melalui jejaring sosial ini. Dari segala macam berita, yakni tentang kehidupan, politik, gaya hidup terkini, status pertemanan, hingga kondisi dan lokasi seseorang bisa dilacak. Dan saat ini, jejaring sosial menjadi salah satu sarana periklanan saat menjual produk di dunia bisnis.

Chatting

Salah satu pilihan utama berkomunikasi yaitu menggunakan fitur chatting. Alasan utama menggunakan fitur chatting ini adalah soal biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan teknologi lain. Anda dapat memulai pembicaraan dengan siapapun, kapanpun, di manapun asalkan masih ada jaringan. Hanya dengan menghubungkan komputer anda dengan jaringan, maka Anda sudah bisa melakukan chatting dengan siapapun.

Video call

Fitur video call ini merupakan hasil kerja sama dengan ponsel yang menampilkan gambar secara bersamaan. Teknologi ini juga telah menjadi bagian dari kemudahan dan mulai banyak digunakan untuk segala kesempatan. Tidak berbeda dengan fungsi lainnya, fungsi ini ditawarkan kepada publik melalui jaringan komputer. Melalui jaringan komputer, baik internet maupun jaringan lokal, Anda sudah bisa merasakan kemudahan berkomunikasi dengan bantuan fungsi ini.

Baca Juga: 10 Best Hiking Backpacks for Men & Women in 2022

Fungsi Jaringan Komputer

Sebagai sebuah teknologi, jaringan komputer tentunya mempunyai fungsi masing-masing. fungsi dari jaringan komputer sebagai berikut:

Mengamankan Data

Fungsi pertama dari jaringan komputer adalah untuk memastikan perlindungan data penting. Hal ini berguna untuk meminimalkan risiko kehilangan data penting. Selain itu, jaringan komputer juga bekerja dengan semua informasi penting untuk memastikan tidak hilang saat dibagikan dengan perangkat lain.

Mempercepat Pindah Data

Fungsi kedua dari jaringan komputer adalah untuk mempercepat transfer data. Jaringan komputer juga berguna untuk mempercepat mengirim data. Dibandingkan dengan penggunaan media lain, jaringan komputer memiliki transfer data yang lebih cepat. Akan lebih mudah dan efisien bagi pengguna untuk bekerja ketika tindakan pertukaran data dilakukan dengan cepat.

Menjaga Informasi

Fungsi jaringan komputer sebagai penjaga informasi, sekilas sama dengan point pertama yakni mengamankan data. Tetapi, sebenarnya peran kedua fungsi ini berbeda. Menjaga informasi berarti data penting yang dimiliki selalu valid dan up to date. Jaringan komputer dapat membatasi akses sewaktu data sedang diproses dalam rangka penjagaan informasi tersebut.

Hemat Dana

Salah satu fitur yang banyak diminati pengguna jaringan komputer adalah penghematan. Aktivitas sehari-hari menjadi lebih efisien dengan adanya jaringan komputer. Misalnya, di dunia kerja, Anda hanya membutuhkan satu printer yang dapat digunakan pada saat yang sama, meskipun berada di komputer yang berbeda.

Media Komunikasi

Fungsi sebagai alat komunikasi merupakan fungsi yang paling umum dalam jaringan komputer. Misalnya, di kantor, Anda berperan sebagai sekretaris dan mengadakan rapat kerja pada hari Selasa, menggunakan media komputer untuk mengumumkan informasi. Sehingga penggunaan kertas untuk menulis iklan dapat ditekan dan biaya dapat dihemat kembali.

Itulah Penjelasan beberapa fungsi jaringan komputer buat menambah pengetahuan anda semua, Sekian terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.