Karakteristik Singapura: Bentuk,Iklim,Hal Unik.

itinku – Kali ini kita akan membahas tentang karakteristik singapura , langsung kita bahas simak dibawah ini.

Karakteristik Singapura

Singapura ini termasuk bagian dari negara Asia Tenggara. Negara Singapura ini negara yang terkecil juga, namun negara Singapura ini negara yang sangat maju dalam berbagai bidang. Hal ini dikarenakan penduduk di negara Singapura ini Sumber Daya Manusianya tinggi atau mampu mengelola berbagai bidang sehingga banyak negara-negara asing yang tertarik untuk mengunjungi negara Singapura.

Berikut ini adalah karakteristik  Singapura:

  • Bentuk negaranya Republik.
  • Nama Ibu kotanya Singapura.
  • Lagu kebangsaannya Majulah Singapura.
  • Negara kepulauan yang terdiri dari 63 pulau.
  • Beriklim tropis.
  • Industri di Singapura sangat maju.
  • Penduduknya padat.
  • Menggunakan bahasa Inggris, bahasa Melayu, dan bahasa Mandarin dalam berkomunikasi sehari-hari.

Bentuk Negara Singapura

Masih Bingung dengan Bentuk Negara Singapura yang Lagi Dilanda Badai Covid-19? Ini Fakta Sebenarnya

Baca Juga: 2 Days in Phnom Penh: The Perfect Phnom Penh Itinerary

 

Bentuk negara Singapura adalah republik dengan bentuk pemerintahan yaitu pemerintahan (sistem) parlementer.

Negara singapura adalah negara ini dengan pulau-pulau kecil di dekat Semenanjung Malaka. Negara ini dibentuk oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1819. Lalu pada tahun 1959, nah, setelah itu melepaskan dirinya dari negara Inggris.

1. Perekonomian

Dalam kegiatan ekonomi, negara Singapura terkenal akan jalur transit perdagangan antar negara, produk yang didistribusikan juga memiliki banyak macam. Dengan jalur transit perdagangan, Singapura menjadi salah satu negara dengan kemajuan teknologi dan informasi terbaik. Singapura memanfaatkannya hal tersebut untuk melakukan kegiatan ekonomi di sektor industri.

2. Sumber Daya Alam

Singapura tidak memiliki kekayaan sumber daya alam yang banyak. Oleh karena kurangnya sumber daya alam, Singapura mengembangkan sektor perdangangan dan pariwisata. Hampir seluruh tempat di Singapura dijadikan sebagai objek wisata yang bisa dinikmati dan mendongkrak ekonomi. Nah, itu adalah karakteristik dari salah satu negara anggota ASEAN, yaitu Singapura.

3. Iklim Negara Singapura

Sama halnya seperti negara – negara yang berada di garis khatulistiwa, iklim di Singapura termasuk iklim tropis.

Dengan suhu udara berkisar antara 22 – 34 derajat celcius dan kelembapan udara cukup tinggi yakni 90% di pagi hari dan 60% saat sore hari.
Saat memasuki musim hujan, kelembapan relatif tinggi, bahkan bisa mencapai angka 100%.
Saat memasuki bulan Mei dan Juni, suhu di Singapura meningkat dan cendrung panas dan menjadi basah saat berada di bulan November dan Desember atau memasuki musim muson.

4. Bentang Alam Singapura

Nah, adapun bentang alam di negara Singapura adalah pada bagian wilayah baratnya, terdapat bukit dan lembah, lalu pada bagian wilayah tengahnya, terdapat perbukitan dan pada bagian wilayah timurnya, terdapat rawa-rawa dan dataran rendah.

Hal – Hal Unik Di Singapura

karakteristik singapura

Kota Terbaik

Singapura sering memdapatkan predikat sebagai kota terbaik dari berbagai media massa serta lembaga peringkat dunia. Termasuk saat menyelenggarakan kegiatan konvensi sekalipun.

Negara Yang Harmonis

Negara ini merupakan tempat tinggal dari tiga etnis utama yaitu China, Melayu dan India. Meskipun memiliki budaya dan bahasa yang berbeda, mereka tetap dapat hidup berdampingan dengan menjaga nilai dan budaya mereka masing – masing.

Surga Belanja

Bagi yang hobi belanja, Singapura adalah negara yang tidak bisa dilewati. Terdapat pusat perbelanjaan yang sangat tekenal di dunia yakni Orchard Road.

Sarana Pendidikan Terlengkap

Untuk mendukung pendidikan, pemerintah menyediakan berbagai macam fasilitas pendidikan berstandar internasional mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan terdapat 10 institusi kelas dunia seperti MIT, INSEAD dan Chichago Graduate School of Business.

Bandara Dengan Fasilitas Terlengkap

Sudah tidak perlu diragukan lagi fasilitas serta pelayanan yang terdapat di Bandara Changi. Banyak penerbangan dari berbagai negara melakukan transit di bandara ini. Hampir sebagian besar wisatawan yang berkunjung atau melakukan transit di Singapura pasti akan dimanjakan dengan segara fasilitas yang ada di dalamnya.

Demikianlah artikel ini semoga bisa menambah wawasan anda semua, terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.