Cara mendapatkan visa Rusia pada tahun 2022


Road Affair didukung oleh pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan di artikel ini.

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Rusia, Anda mungkin perlu mendapatkan visa untuk memasuki negara tersebut. Karena mengajukan visa Rusia adalah proses yang sangat ketat dan seringkali rumit, disarankan untuk memulai setidaknya satu bulan sebelum rencana perjalanan Anda. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara mendapatkan visa Rusia.

Jenis visa Rusia

Ada beberapa jenis visa Rusia yang berbeda berdasarkan masa berlakunya, jumlah entri, dan persyaratan kelayakan.

1. Turis

Jenis visa yang paling murah dan mudah didapat adalah visa turis Rusia. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda berencana untuk mengunjungi Rusia selama 30 hari atau kurang. Penting untuk dicatat bahwa visa turis tidak dapat diperpanjang. Untuk menghindari komplikasi, Anda disarankan untuk memberi diri Anda beberapa hari margin dengan memesan perjalanan Anda selama kurang dari 30 hari. Anda dapat mengajukan permohonan visa sekali masuk atau masuk ganda ke Rusia, tetapi harap dicatat bahwa visa masuk ganda hanya dikeluarkan untuk perjalanan ke dan dari negara tetangga Rusia.

2. Bisnis

Jika Anda berencana untuk tinggal di Rusia selama lebih dari 30 hari, Anda mungkin ingin mengajukan permohonan visa bisnis. Meskipun bisa lebih rumit dan mahal daripada visa turis, visa bisnis menawarkan perjalanan yang lebih lama dan lebih fleksibel kepada para pelancong. Anda dapat mengajukan permohonan visa ini untuk jangka waktu tiga, enam dan 12 bulan. Jika Anda warga negara AS, Anda juga akan memiliki opsi untuk mengajukan visa bisnis tiga tahun. Visa ini juga tidak dapat diperpanjang.

Visa bisnis dapat diterbitkan sebagai visa masuk tunggal, ganda, atau ganda, meskipun Anda hanya dapat tinggal di negara tersebut selama 90 hari dalam setiap periode 180 hari. Ini adalah pilihan yang baik bagi siapa saja yang merencanakan satu atau lebih perjalanan panjang ke Rusia, terlepas dari apakah Anda benar-benar bepergian untuk bisnis. Untuk mengajukan permohonan visa ini, Anda harus menunjukkan surat dari entitas Rusia, yang dapat Anda peroleh melalui agen visa, selama Anda dapat membuktikan bahwa Anda dapat menutupi biaya perjalanan Anda.

3. Pribadi

Jika Anda memiliki teman atau anggota keluarga yang merupakan warga negara Rusia, mereka dapat mengajukan permintaan tertulis kepada Anda untuk mendapatkan visa pribadi. Visa pribadi berlaku hingga 90 hari dan dapat masuk tunggal atau ganda. Biasanya tidak disarankan untuk mengajukan visa pribadi daripada visa turis atau bisnis karena biasanya lebih rumit dan dapat memakan waktu hingga tiga bulan untuk diproses. Visa pribadi juga tidak dapat diperpanjang.

4. Lalu Lintas

Visa transit adalah pilihan yang baik untuk pelancong yang melewati Rusia secara singkat. Visa ini berlaku hingga 72 jam untuk penumpang yang bepergian dengan pesawat dan 10 hari untuk mereka yang bepergian dengan kereta api atau mobil. Anda tidak perlu mengajukan visa transit jika tidak berencana meninggalkan area pabean bandara. Visa ini juga tidak dapat diperpanjang. Jika Anda yakin bahwa Anda mungkin transit melalui Rusia di luar batas waktu yang disebutkan di atas, kami sarankan Anda mengajukan permohonan visa turis.

5. Siswa

Visa pelajar tersedia bagi orang yang memasuki negara tersebut untuk tujuan belajar di lembaga pendidikan terdaftar. Sebelum Anda dapat mendaftar, Anda harus mendapatkan surat penerimaan dari sekolah Rusia dan dapat membuktikan bahwa Anda dapat menutupi biaya studi Anda. Visa ini biasanya berlaku selama tiga bulan dan dapat diperpanjang tergantung lamanya program.

6. Ketenagakerjaan

Sebelum mengajukan permohonan visa kerja, Anda harus menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan atau organisasi Rusia. Visa kerja memenuhi syarat untuk perpanjangan jangka panjang, meskipun umumnya merupakan jenis visa yang paling rumit dan mahal untuk diperoleh.

Cara mendapatkan visa Rusia

Terlepas dari jenis visanya, ada beberapa langkah umum yang harus diikuti setiap orang untuk mendapatkan visa ke Rusia.

Undangan

Sebelum Anda memulai aplikasi Anda, Anda harus mendapatkan undangan untuk melakukannya. Mendapatkan voucher undangan paling mudah jika Anda berencana untuk menginap di hotel atau hostel, karena mereka biasanya akan memberikannya kepada semua tamu secara gratis atau dengan sedikit biaya. Anda juga dapat membeli surat undangan dari agen perjalanan atau agen visa terdaftar, yang merupakan pilihan yang baik untuk pelancong yang mengajukan permohonan visa bisnis dan memerlukan voucher dari perusahaan atau organisasi Rusia. Jika Anda tinggal di kediaman pribadi dengan warga negara Rusia atau penduduk tetap, tuan rumah Anda dapat meminta undangan dari departemen kepolisian setempat, meskipun pemrosesan dapat memakan waktu hingga tiga bulan untuk undangan pribadi. Undangan untuk visa pelajar dan kerja dapat diperoleh melalui Kementerian Luar Negeri Rusia dan Layanan Migrasi Federal Rusia. Jika Anda mengajukan permohonan visa pelajar, kemungkinan besar lembaga pendidikan Anda akan mengajukan undangan atas nama Anda.

aplikasi

Setelah Anda mendapatkan surat undangan resmi, sekarang saatnya untuk mengajukan visa Rusia. Ini harus dilakukan melalui konsulat atau kedutaan Rusia di negara asal Anda. Di mana pun Anda melamar, Anda harus menyerahkan formulir aplikasi visa Rusia yang telah diisi lengkap, yang disediakan secara online oleh Departemen Konsuler Kementerian Luar Negeri Rusia.

Di konsulat, Anda juga perlu menunjukkan paspor, undangan, foto ukuran paspor, dan bukti asuransi kesehatan perjalanan. Tergantung pada jenis visa dan lama tinggal, Anda mungkin juga diminta untuk memberikan dokumentasi yang membuktikan bahwa Anda dapat menutupi biaya tinggal Anda di Rusia. Kami menyarankan Anda menghubungi konsulat atau kedutaan Rusia setempat untuk menentukan apakah Anda perlu memberikan dokumentasi tambahan atau memenuhi persyaratan khusus apa pun pada saat aplikasi Anda.

Registrasi

Terakhir, Anda harus mendaftarkan visa Anda dalam waktu tujuh hari setelah tiba di Rusia. Langkah ini mungkin tampak sepele, tetapi jika Anda mendapati diri Anda ditanyai tentang status visa Anda oleh petugas polisi atau pejabat pemerintah lainnya, Anda pasti ingin menghindari biaya dan komplikasi yang terkait dengan tidak mendaftar.

Jika Anda menginap di hotel atau hostel, Anda dapat check-in di resepsionis. Jika tidak, Anda dapat mendaftar di kantor pos atau kantor polisi setempat. Jika Anda bepergian ke Rusia dengan visa pelajar, sekolah Anda kemungkinan akan mengatur pendaftaran Anda. Penting untuk dicatat bahwa jika Anda bepergian ke berbagai kota atau kota di Rusia, Anda perlu mendaftarkan ulang visa Anda ketika Anda tiba di akomodasi baru.

Biaya visa Rusia

Biaya untuk mendapatkan visa ke Rusia akan bervariasi tergantung pada kebangsaan Anda, jenis visa, jumlah entri dan agen visa dan konsulat tempat Anda mengajukan permohonan. Misalnya, jika Anda adalah warga negara AS yang mengajukan visa turis atau bisnis sekali jalan, Anda dapat membayar sekitar US$160 untuk biaya aplikasi, dan surat undangan bisa lebih dari 20 USD. Biaya visa Rusia di Inggris hampir sama, dan mendaftar ke sebagian besar negara Uni Eropa akan sedikit lebih murah. Anda dapat mengharapkan untuk membayar tarif yang lebih tinggi untuk masa inap yang lebih lama, lebih banyak tiket, dan pemrosesan yang dipercepat. Visa kerja adalah jenis visa yang paling mahal untuk didapatkan, dengan biaya rata-rata USD 1.100.

Pengecualian

Kebanyakan orang asing harus mendapatkan visa untuk memasuki Rusia, dengan beberapa pengecualian. Pemegang paspor dari 58 negara bagian di Asia, Karibia dan Amerika Tengah dan Selatan dapat memasuki Rusia tanpa visa untuk jangka waktu terbatas. Daftar negara yang memenuhi syarat untuk masuk bebas visa dan periode tinggal yang diizinkan dapat ditemukan di situs web Badan Pariwisata Federal.

Orang asing yang transit melalui Rusia yang tetap berada di daerah pabean bandara tidak diharuskan untuk mendapatkan visa selama masa tinggal mereka tidak melebihi 24 jam. Penumpang kapal pesiar yang mengunjungi Rusia dalam tur kelompok terorganisir selama 48 jam atau kurang juga dibebaskan dari persyaratan visa.

Area akses terbatas

Harap dicatat bahwa ada beberapa wilayah di Rusia di mana warga negara asing tidak dapat bepergian tanpa persetujuan sebelumnya. Saat mengisi formulir aplikasi, pastikan

catat secara akurat setiap kota yang akan Anda kunjungi untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Ini dia, panduan lengkap untuk mendapatkan visa Rusia. Kami harap kami menjawab beberapa pertanyaan Anda dan membawa Anda selangkah lebih dekat ke perjalanan Anda ke Rusia!

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.