6 hal yang perlu diketahui sebelum bepergian ke Laos


Road Affair kompatibel dengan pembaca dan dapat memperoleh komisi untuk pembelian yang dilakukan melalui tautan di artikel ini.

Bepergian ke Laos adalah kesempatan sempurna untuk keluar dari jalur Asia Tenggara. Dengan ribuan tahun sejarah dan lusinan kota penuh warna untuk dijelajahi, Laos pasti akan memikat hati setiap pelancong.

Saat merencanakan perjalanan ke negara ini, penting untuk melihat apakah Anda perlu mengajukan permohonan visa di Laos. Setelah Anda mengurus ini, pastikan untuk memperhatikan tips perjalanan ini saat Anda menjelajahi Laos!

Kapan Mengunjungi Laos |

Jika Anda memiliki jadwal yang fleksibel, waktu terbaik untuk mengunjungi Laos adalah dari bulan November hingga Februari. Saat itulah negara memiliki curah hujan lebih sedikit dan memiliki iklim yang menyenangkan dan ringan: suhu rata-rata berkisar antara 15 dan 23 (59-74 F).

Bepergian selama musim panas di Laos (Mei hingga Agustus) bisa menjadi tidak nyaman, karena termometer naik hingga 40 C (104 F).

Namun, semua tidak hilang: mereka yang melakukan perjalanan selama musim semi memiliki kesempatan unik untuk berpartisipasi dalam festival Tahun Baru lokal yang disebut Songkran. Sama halnya dengan negara tetangga yang juga merayakannya, Songkran diperingati selama tiga hari setiap tahunnya dari tanggal 13 April hingga 16 April. Tradisi khas termasuk saling melempar air (melambangkan berkah umur panjang dan kedamaian), memetik bunga, dan bernyanyi dan menari.

Laos masih di luar radar

Tidak seperti negara tetangga Kamboja dan Thailand, Laos masih jauh dari jalur, yang bagus. saya buruk, tergantung pada tipe traveler Anda.

Misalnya, mereka yang merencanakan rute liburan ke Asia Tenggara akan terkejut mengetahui bahwa kehidupan malam di Laos biasanya padam di sore hari. Ini karena ada jam malam di seluruh negeri pada tengah malam dan sebagian besar klub malam dan bar hanya buka sampai jam 11 malam. Faktanya, sebagian besar penduduk setempat bangun pagi sehingga mereka bisa memberi sedekah kepada para biksu.

Kekurangan lainnya adalah sebagian besar jalan di sini belum beraspal, yang berarti banyak debu dan waktu tempuh yang lama antar kota. Meskipun negara ini memiliki sekitar 46.000 km (28.580 mil) jalan, hanya 30% di antaranya yang diaspal, dan bahkan lebih sedikit lagi yang dalam kondisi baik.

Terlepas dari kemunduran kecil ini, Laos pasti patut dikunjungi – jangan berjuang dengan kelebihan pariwisata, yang berarti Anda akan menemukan banyak hal di luar sirkuit umum untuk dilakukan dan dilihat.

Makanan dan minuman

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengenal budaya suatu negara selain dengan mencoba beberapa hidangan lokal! Makanan Laos adalah harta nasional yang memiliki berbagai macam rasa dan rempah-rempah yang lezat dan siapa tahu, itu bahkan bisa menjadi masakan favorit Anda!

Hidangan paling terkenal adalah larb (juga dieja laap), yang merupakan salad daging cincang yang dibumbui dengan daun mint, cabai, kecap ikan, dan air jeruk nipis. Pilihan populer lainnya termasuk Sai gok (sosis Laos), Khao Poon (sup mie pedas) dan Khao Jee (mirip dengan banh mi dari Vietnam).

Untuk minum, sebaiknya beli air kemasan atau coba minuman lokal seperti Nam saa (teh) atau jus kelapa.

Uang dan pembayaran di Laos

Mata uang negara Laos disebut Tidur. US$1 adalah sekitar 9.500 kip (juga disingkat menjadi LAK).

Ketika Anda tiba di Laos, yang terbaik adalah segera mendapatkan uang tunai. Kartu kredit dan debit hanya diterima di lokasi tertentu, seperti restoran turis, hotel, dan toko jaringan besar. Jika Anda berencana bepergian ke daerah terpencil, sebaiknya jangan mengandalkan kartu kredit, karena tidak ada terminal atau ATM.

Saat menukar mata uang dengan kip, yang terbaik adalah melakukannya di bank terkenal atau di bandara.

Untuk pembayaran tunai di Laos, baik kip Laos dan baht Thailand digunakan, dan dalam beberapa kasus dolar AS juga diterima secara luas.

Mengangkut

Sebelum berwisata ke Laos, perlu diketahui bahwa transportasi di sini belum semaju di negara tetangga.

Jika Anda ingin menjelajahi seluruh negeri, salah satu pilihan terbaik adalah menyewa mobil di bandara atau menyewa sopir lokal. Seperti disebutkan di atas, jalan beraspal tidak ada di mana-mana dan yang terbaik adalah pergi dengan penduduk setempat yang berpengalaman dengan jalan di Laos.

Bentuk transportasi yang paling populer adalah tuk-tuk, berkat harga dan kenyamanannya yang terjangkau. Misalnya, jika Anda ingin mengunjungi salah satu tempat paling populer di Laos, Air Terjun Kuang Si, Anda hanya perlu membayar sekitar 30.000 (4 USD) dengan tuk-tuk.

Di kota-kota kecil, seperti Vientiane atau Pakse, menyewa sepeda adalah cara yang bagus untuk mengunjungi kota dan berolahraga.

Kesehatan dan keselamatan

Orang-orang Laos adalah orang-orang yang sangat damai dan ramah, dan berkat itu, negara ini dianggap aman bagi para pelancong.

Aturan keselamatan umum adalah untuk menghindari daerah perbatasan, karena masih ada sejumlah besar ranjau yang belum dieksploitasi yang tersisa di sini sejak perang. Tamasya dan perjalanan sehari ke tempat-tempat ini hanya dimungkinkan dengan pemandu, dan hanya dengan rute wisata resmi.

Demikian pula, bahaya kesehatan utama di Laos adalah penyakit yang dibawa oleh nyamuk serta penyakit tropis seperti hepatitis B. Sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksin (atau pil) terhadap malaria dan penyakit tropis lainnya sebelum melakukan perjalanan ke Laos.

Ingatlah tips perjalanan ini saat Anda menavigasi Laos dan Anda pasti akan bersenang-senang!

Wisata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.