Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

https://itinku.com/ Telaga Batu Arang danau bekas tambang pit Surya milik PT Kaltim Prima Coal kini sudah berubah menjadi eco tourism yang dahulunya merupakan wilayah pertambangan batu bara.

Kawasan yang mempunyai luas 270 hektar are dengan telaga seluas 12,43 hektar ini sudah via proses reklamasi sejak 2001. Kawasan ini berubah menjadi liburan edukasi, kebun botani dan hewani, serta menjadi area liburan pasca tambang di Sangatta, Kalimantan Timur.

Telaga Batu Arang Ujicoba Sebagai Objek Tamasya Yang Ada

Telaga Batu Arang yang sebelumnya kolam pengendapan sudah berubah menjadi obyek liburan utama. Dan keanekaragaman hayati via rehabilitasi lahan juga sudah mengundang bermacam hewan endemic. Pun air dari telaga diklasifikasikan kelas A merupakan air baku air minum oleh BPPT dan dapat menjadi sumber air PDAM.

Tapi saat ini TBA masih dalam pengerjaan penyiapan infrastruktur dan ujicoba sebagai objek tamasya yang ada. Sehingga belum di buka untuk umum. Pemanfaatannya masih terbatas secara internal di KPC.

KPC terus mendadani Telaga Batu Arang supaya pantas menjadi salah satu objek tamasya yang dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat dan tempat Kutai Timur

Hati usaha PT Bumi Resources Tbk (BUMI) ini melaksanakan berbagai persiapan berupa pembangunan infrastruktur. Pendampingan kelompok sosial sekitar TBA, serta penyusunan format dan format tamasya yang pantas dengan keadaan alam di wilayah hal yang demikian.

Baca Juga “Kafe Pojok Yang Terletak di Nagoya Mansion Batam”

Sebagai Penangkaran Satwa

Selain mengunjungi telaga, sebagian zona yang bisa di kunjungi saat ini.  Yaitu, Bukit pandang memberi tahu panorama ke berbagai arah meliputi Taman Nasional Kutai (TNK), Sungai Sangatta, Tambang KPC dan estetika danau secara menyeluruh.

Kemudian, penangkaran Rusa Sambar sebagai salah satu satwa endemik Kalimantan. Wilayah ini juga bisa menjadi daerah melihat berbagai variasi burung burung yang hidup bebas di areal Telaga Batu Arang , serta kegiatan lain yang di desain sesuai kebutuhan.

Selama ini, kerusakan lingkungan akibat penambangan batu bara lazimnya karena kontrak yang bersifat rentang pendek. Lazimnya perusahaan dengan kontrak rentang pendek tidak memiliki cukup waktu untuk melaksanakan pembetulan dari sisi lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

http://itinku.com Bagi kalian yang telah penat dengan kehidupan kota besar, panorama kemacetan, serta stres dengan bisingnya kendaraan, lebih-lebih yang tinggal di Jabodetabek. Kalian seharusnya mengunjungi sebuah obyek liburan yang satu ini, yang telah terkenal di jagad media sosial. Nama lokasi hal yang demikian Curug Pangeran. Keindahan Yang Ditawarkan Curug Pangeran yakni salah-satu air terjun yang sungguh-sungguh […]

Danau Beko Margasari Wisata Eksotis Bekas Penambangan

Danau Beko Margasari Wisata Eksotis Bekas Penambangan

Wisata Danau Beko Margasari di Margasari Tegal Jawa Tengah ialah salah satu tempat liburan yang berada di desa jatilaba, kabupaten tegal, provinsi jawa tengah, negara indonesia. Tempat liburan yang ramai dengan wisatawan pada hari lazim maupun hari liburan. Daerah ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan kesibukan kita sehari hari. Objek ini […]