Ombak Bono fenomena alam unik Desa Pulau Muda

Ombak Bono fenomena alam unik Desa Pulau Muda

Ombak Bono fenomena alam unik Desa Pulau Muda

Anugrah terindah ini berada tepat di Sungai Kampar Provinsi Riau dengan panjang 450 km. Panjangnya melintasi 3 kabupaten di Riau Kabupaten Pelalawan, Kampar dan Kuantan Singingi dan 2 kabupaten di Provinsi Sumbar. Adalah Lima Puluh Kota dan Sijunjung tapi cuma kabupaten pelalawan yang mempunyai gelombang raksaksa yang bernama gelombang atau ombak Bono.

Siapa yang tidak tahu bahwa Provinsi Riau punya sebuah fenomena alam unik Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Fenomena unik ini hanya ada pada Indonesia, yaitu cuma tejadi di Riau. Suatu anugrah tersendiri bagi masyarakat sekitar bahwa ombak raksasa ini kenal oleh peselancar lokal hingga internasional.

Fenomena alam langka ombak raksasa ini terkenal dengan Ombak Bono yang terwujud imbas sebuah pertemuan arus pasang laut bersua dengan arus sungai. Ombak terbaik untuk surfing ini sudah di kenal oleh peselancar indonesia hingga peselancar mancanegara dan ombak sangat menantang para peselancar untuk mencobanya.

Namun sekarang Ombak Bono menjadi salah satu destinasi liburan alam yang paling diincar peselancar dunia. Tidak hanya dapat merasakan fenomena ombak. Berada di sini, traveler juga dapat merasakan keindahan panorama hutan lebat tropis di kedua sisi sungai.

Baca Juga “Danau Beko Margasari Wisata Eksotis Bekas Penambangan”

Proses Terjadinya Ombak Bono

Ombak Bono terjadi setiap purnama, akan lebih besar di saat volume air sungai meningkat drastis. Pada musim penghujan serta aliran air dari sebagian kecil sungai membuat tempat hilir Sungai Kampar ini mempunyai gelombang yang sangat tinggi.

Lebih lagi jika arus air dari Laut Selat Malaka dan Laut Cina Selatan berjumpa dengan aliran muara Sungai Kampar terjadilah penyempitan. Penyempitan pertemuan arus inilah yang membentuk menjadi gelombang besar. Tinggi gelombangnya dapat mencapai hingga setinggi 4-6 meter pada bulan purnama. Kecepatannya dapat mencapai 40-50 km/jam, kecepatannya cukup menantang.

Saat terjadi puncak ombak Bono, dapat terbentuk 21 gelombang ombak dapat timbul secara bersamaan. Gelombang inilah yang menciptakan ombak bergulung-gulung dengan waktu yang dapat mencapai dua jam. Ini tentunya jauh berbeda dengan gelombang di laut yang hanya berdurasi sekitar sebagian menit saja.

Walaupun oleh masyarakat setempat ombak Bono mempunyai nama yang menakutkan. Yaitu Tujuh Hantu, tapi gelombang ini juga banyak mengundang peselancar dari mancanegara untuk menjajal liarnya ombak. Walaupun Gelombang Ombaknya ini membahayakan, tapi ombak sungai terbesar dan terpanjang di dunia ini dinobatkan sebagai wahana selancar sungai terbaik di dunia guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Pantai Karangnini Nikmati liburan Yang Mengasyikan Dan Menyenangkan

Pantai Karangnini Nikmati liburan Yang Mengasyikan Dan Menyenangkan

wisatalaut – Apabila berkesempatan bertamasya ke Pangandaran di Jawa Barat, jangan lewatkan kecantikan Pantai Karangnini. Pantai yang tidak jauh dari Pantai Pangandaran, sekitar 4 kilometer. Tepatnya berlokasi di Desa Emplak Kecamatan Kalipucang. Pantai Karangnini dapat disinggahi sambil menunggu waktu check-in di hotel-hotel Pangandaran daerah traveler menginap atau disinggahi sebelum pulang meninggalkan Pantai Pangandaran. Keindahan Yang […]

Pantai Balangan Satu Tempat Surving Paling Indah di Bali

Pantai Balangan Satu Tempat Surving Paling Indah di Bali

https://itinku.com/┬áPantai Balangan adalah salah satu tempat paling indah di Bali. Menampilkan hamparan pasir keemasan sepanjang setengah kilometer yang indah di antara tebing-tebing kapur yang banyak tumbuh tanaman. Secara lokal disebut sebagai Pantai Balangan, ada karang di lepas pantai yang menciptakan salah satu istirahat kidal terpanjang di pulau itu. Pantai Balangan merupakan pantai berpasir putih yang […]