Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah adalah gua yang digunakan sebagai tempat ibadah pada zaman dahulu. Terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali dan berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar.

Keunikan Goa Gajah

Dengan bentuk arsitektur yang unik itu, tak heran apabila Pura Gua Gajah Bali malahan menjadi destinasi yang sukses menarik perhatian banyak pelancong. Para pengunjung dapat menyusuri kompleks pura yang terdiri dari dua zona utama.

Area sebelah utara yaitu lokasi eksistensi warisan ajaran Siwa. Hal ini tergambarkan dengan eksistensi patung Ganesha serta Trilingga. Area ini juga menjadi lokasi peribadahan untuk umat Hindu yang ada di Pulau Bali.

Yang menjadi uniknya Gua Gajah adalah Pintu masuknya yaitu mulut goa hanya cukup untuk 1 orang. Sebelum masuk, akan menemukan ukiran-ukiran indah dan 2 patung penjaga. Bagian dalam goa membentuk huruf T, dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar 2 meter. Di bagian kiri dan kanan lorong juga terdapat ceruk yang merupakan tempat bertapa pada jaman dahulu. Asiknya sekarang wisatawan boleh duduk maupun berbaring di atas sana.

Di ujung barat lorong terdapat Arca Ganesha dan ujung timur lorong terdapat 3 lingga. Juga terdapat patung petirtaan dengan tujuh patung widyadara–widyadari yang sedang mengucurkan air suci. Jadi total ada tujuh patung, yang menjadi symbol dari tujuh sungai di India, tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.

Kunjungi Juga “Martabak Sagu Jajanan Bertekstur Sangat Unik dan Khas”

Asal Usul Penamaan Gua Gajah

Nama Lwa Gajah, bersama Badahulu, pertama kali disebut dalam karya sastra Kakawin Nagarakretagama susuana Mpu Prapanca pada tahun 1365 M. Nama tersebut tercantum dalam pupuh yang menguraikan wilayah-wilayah di sebelah timur Jawa yang mengakui kekuasaan Majapahit. Lwa atau Lwah/Loh berarti sungai, sehingga Lwa Gajah mengandung arti Sungai Gajah. Kemungkinan sungai yang berlokasi di depan candi yang sekarang diketahui dengan nama Sungai Petanu.

Sebutan Gua Gajah mungkin berasal dari pahatan wajah raksasa di atas mulut gua, yang menyerupai muka gajah. Sumber lain menceritakan bahwa nama itu karna oleh adanya arca Ganesha, dewa berkepala gajah, di salah satu ceruk dalam gua.

Komplek secara keseluruhan dapat terlihat dari tangga. Hingga di zona bawah setelah menuruni tangga, akan terdengar gemericik bunyi air yang mengalir dari pancuran arca.

Bebatuan bekas bangunan yang dulunya hancur akibat gempa, juga masih ada di sekitar pancuran. Padahal Gua Gajah Giayar sendiri, letaknya tidak jauh dari pancuran arca tersebut. Pada sekitar tahun 1951-1952 ada penggalian di pekarangan depan mulut gua. Dari penggalian itu berbuah di temukannya pondasi kuno berbentuk persegi panjang, di mana dinding muka gua sebagai salah satu sisi panjangnya.

Dari areal parkir menuju lokasi pertapaan, wisatawan akan menuruni tangga. Tempat ini banyak tumbuh pohon-pohon hijau yang rindang, sehingga suasananya adem dan asri. Bahkan pohon-pohon tersebut telah berusia ratusan tahun.

Harga tiket masuk objek wisata Gua Gajah Gianyar Bali.
Tiket Masuk Rp 30.000 perorang
Parkir Mobil Rp 5.000 per mobil
Parkir Motor Rp 2.000 permotor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

https://itinku.com/ Telaga Batu Arang danau bekas tambang pit Surya milik PT Kaltim Prima Coal kini sudah berubah menjadi eco tourism yang dahulunya merupakan wilayah pertambangan batu bara. Kawasan yang mempunyai luas 270 hektar are dengan telaga seluas 12,43 hektar ini sudah via proses reklamasi sejak 2001. Kawasan ini berubah menjadi liburan edukasi, kebun botani dan hewani, […]

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

http://itinku.com Bagi kalian yang telah penat dengan kehidupan kota besar, panorama kemacetan, serta stres dengan bisingnya kendaraan, lebih-lebih yang tinggal di Jabodetabek. Kalian seharusnya mengunjungi sebuah obyek liburan yang satu ini, yang telah terkenal di jagad media sosial. Nama lokasi hal yang demikian Curug Pangeran. Keindahan Yang Ditawarkan Curug Pangeran yakni salah-satu air terjun yang sungguh-sungguh […]