Wisata Guci Tegal – Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal – Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal – Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal mempunyai pesona keindahan alam yang asri khas daerah pegunungan Tropis. Hal itu mulai dapat terasa sejak masih dalam perjalanan. Panorama khas pegunungan dengan hamparan sawah, kebun strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus. Apalagi suhu sejuk, benar benar khas obyek liburan dataran tinggi sangat menenangkan.

Di lokasi liburan guci Tegal, selain berendam di pemandian, pengunjung juga dapat berendam di sungai yang mengalir di tengah lokasi liburan itu. Air sungai juga mempunyai air panas yang memiliki kandungan sama dengan kolam, sebab sumber airnya sama.

Sejarah Munculnya Wisata Guci Tegal

Pemandian pemandian air hangat Guci buka resmi pada tahun 1974. Asal usul daerah pemandian air panas Guci berasal dari sebagian pihak terkait mengerjakan penelitian terkait keberadaan sumber air baru di kawasan ini.

Sesudah memang terbukti aman, barulah pada tahun 2015 pemandian Guci buka bagi umum dan wisatawan. Ketika belum populer seperti sekarang, hanya masyarakat sekitar memanfaatkan pemandian hal yang demikian. Dahulu belum ada pancuran-pancuran seperti sekarang, sebagian pengunjung masih memakai sumber air panas berada di dibawah gua.

Di bawah gua inilah sekarang akhirnya ada pancuran tiga belas. Wisatawan juga bisa melihat patung naga di pancuran itu. Patung naga besar yang panjang.

Baca Juga “Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta”

Mitos Wisata Guci

Menurut cerita masyarakat lokasi, sejarah nama Guci berasal dari zaman Walisongo. Untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah bagian barat, terutama di sekitar Tegal, diutuslah seorang wali. Wali tersebut membawa bekal air yang ditempatkan di dalam sebuah guci atau poci.

Masyarakat percaya bahwa air dalam guci tersebut memiliki banyak manfaat sehingga berbondong-bondong meminta terhadap sang wali. Tapi sebab jumlah air tersebut jumlahnya terbatas, namun masyarakat yang memintanya seperti itu banyak, karenanya sang wali kemudian menancapkan tongkatnya ke tanah. Saat tongkatnya dicabut, secara ajaib dari lubang bekas tongkat tersebut mengalir air panas.

Air panas yang muncul itu sampai kini masih mengalir dan di manfaatkan masyarakat menjadi pemandian. Lalu, tempat hal yang demikian kemudian tenar dengan nama Guci. Peristiwa hal yang demikian konon terjadi tengah malam ketika Malam Jumat Kliwon.

Sehingga sampai sekarang ini setiap pada malam Jumat Kliwon masih banyak masyarakat datang ke Wisata Guci Tegal untuk berendam. Mereka percaya, bila menjalankan hal hal yang demikian hajat mereka akan terkabul.

Jam Buka dan Tarif

Jam buka wisata ini 24 penuh, jadi wisatwan bisa kapan saja mengunjungi wisata ini. Harga tiket pada weekday untuk dewasa seharga Rp. 5.000 plus asuransi jasa rahaja. Untuk Anak-anak Rp. 4.500 plus asuransi jasa rahaja. Harga tiket pada hari libur atau weekend Rp. 7.000 untuk Dewasa plus asuransi jasa rahaja.
dan untuk Anak-anak sebesar Rp. 6.500 plus asuransi jasa rahaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

https://itinku.com/ Telaga Batu Arang danau bekas tambang pit Surya milik PT Kaltim Prima Coal kini sudah berubah menjadi eco tourism yang dahulunya merupakan wilayah pertambangan batu bara. Kawasan yang mempunyai luas 270 hektar are dengan telaga seluas 12,43 hektar ini sudah via proses reklamasi sejak 2001. Kawasan ini berubah menjadi liburan edukasi, kebun botani dan hewani, […]

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

http://itinku.com Bagi kalian yang telah penat dengan kehidupan kota besar, panorama kemacetan, serta stres dengan bisingnya kendaraan, lebih-lebih yang tinggal di Jabodetabek. Kalian seharusnya mengunjungi sebuah obyek liburan yang satu ini, yang telah terkenal di jagad media sosial. Nama lokasi hal yang demikian Curug Pangeran. Keindahan Yang Ditawarkan Curug Pangeran yakni salah-satu air terjun yang sungguh-sungguh […]