Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia patok yaitu kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, dengan bungkus tepung lalu di panggang. Bakpia asal awalnya berasal dari daratan Tiongkok.

Sejarah Bakpia Patok

Bakpia Patok yaitu salah satu varian Bakpia yang berkembang di Yogyakarta. Sekarang ini Bakpia ini telah menjadi salah satu makanan khas sekalian oleh-oleh khas dari Yogyakarta. Ini yaitu salah satu wujud kongkrit akulturasi tradisi Tiongkok dan tradisi Jawa, dalam hal kuliner di Yogyakarta.

Memandang latar belakang sejarahnya, bakpia sebetulnya berasal dari negeri Tiongkok. Di sana, kudapan manis ini bernama “Tou Luk Pia” yang artinya ialah kudapan manis pia (kudapan manis) kacang hijau. Istilah bakpia sendiri ialah berasal dari Bahasa Tionghoa aksen Hokkian, salah satu Rumpun bahasa Tionghoa ialah dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kudapan manis, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging.

Varian Rasa dan Isi

Di negeri asalnya, bakpia memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang Bakpia Pathuk serta berisikan daging yang diolah. Bakpia Patok berisi kumbu yang terbuat dari kacang hijau. Soal rasa, bakpia memiliki banyak varian rasa yang lezat, adalah rasa durian, greentea, cokelat, kacang hijau, keju, kumbu hitam, dan mocachino.

Kunjungi Juga “Pantai Tanjung Papuma Pesona Kabupaten Jember”

Semakin meningkat peminatnya varian rasa bakpia patok sekarang ini kian banyak, karena ada beberapa varian rasa baru, adalah durian susu, tiramisu, dan mete cokelat. Untuk meningkatkan kualitas rasa, isian bakpia ini terbuat dari bahan-bahan pilihan. Bahkan banyak juga produsen yang menggunakan isian dari bahan import. Sebagai model, untuk varian rasa keju, kandang ada juga produsen yang memakai produk keju ternama dan berkualitas, serta terkenal di luar negeri. Tak hanya keju, bahan-bahan lain seperti kumbu hitam dan kacang hijau juga berkualitas.

Bakpia patok kini sudah tersebar di banyak wilayah, meski asli dari Yogyakarta namun kuliner satu ini sudah banyak tersebar di seluruh kota. Bahkan saking terkenalnya di kota asalnya bahkan untuk membelinya konsumen perlu memesannya jauh jauh hari untuk mendapatkannya. Bapia juga menjadi oleh oleh favorit bila berkunjung ke kota Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Udang Selingkuh Bakar Sajian Kuliner Khas Wamena

Udang Selingkuh Bakar Sajian Kuliner Khas Wamena

WisataKuiner – Kekayaan Indonesia memang tak tehitung banyaknya, salah satunya seperti wilayah tanah papua. Banyak ragamnya bila kita mengulik tentang kuliner menggugah selera. Satu di antaran banyak sajian khas pulau di timur Indonesia ini yang wajib dicoba adalah udang selingkuh bakar. Penamaan Udang Selingkuh Unik sekali memang namanyaa terdengar lucu karana tersematnya kata selingkuh. Disebut […]

Kafe Pojok Yang Terletak di Nagoya Mansion Batam

Kafe Pojok Yang Terletak di Nagoya Mansion Batam

https://itinku.com/ Kafe atau cafe bergaya western memang telah banyak hadir di Batam. Semacam pula dengan seluruh jenis menunya. Bagaimana dengan cafe atau cafe Nusantara Pastinya jumlahnya jauh lebih banyak. Meskipun telah banyak, rasanya bisnis café dan kuliner tetap mengidola bagi sejumlah pengusaha. Nyatanya, semakin banyak cafe nusantara yang buka di kota ini. Kafe yang sajikan Kafe […]