Pulau Tikus – Pulau Kecil Menarik Perhatian Wisatawan

Pulau Tikus – Pulau Kecil Menarik Perhatian Wisatawan

Pulau Tikus – Pulau Kecil Menarik Perhatian Wisatawan

Pulau Tikus sepetak pulau kecil yang berlokasi di perairan Pantai Bengkulu. Merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kota Bengkulu, provinsi Bengkulu. Pulau ini berada di sebelah barat dari kota Bengkulu dan dari pantai-pantai di Kota Bengkulu bisa terlihat. Berjarak 10 km dari ibukota Bengkulu dan cuma memiliki luas kurang dari 1.5 Ha. Pulau ini cukup menarik atensi wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara sebab keindahannya.

Tentunya untuk menuju pulau ini, wisatawan perlu alat trasportasi air seperti speed boat ataupun perahu nelayan. Wisatawam dapat naik dari pantai jakat, pantai tapak paderi ataupun dari pelabuhan pulau baai. Kalau dari pantai jakat, waktu tempuh sekita 60 menit, dari pantai tapak paderi sekitar 30 menit dan dari palabuhan pulau baai sekitar menit. Sedangkan untuk menuju tiga spot pelabuhan tersebut, wisatawan bisa menggunakan kendaraan apa saja baik transportasi umum ataupun kendaraan pribadi.

Kecantikan Pulau Tikus

Meski luasnya hanya 0,6 hektar, Pulau Tikus memiliki terumbu karang yang menawan seluas 200 hektar. Wisatawan bisa berkunjung ke pulau ini dengan one day trip atau perjalanan satu hari. Wisatawan bisa menyewa kelengkapan snorkeling di pulau ini. Dengan tarif Rp 200 ribu per orang dengan jumlah minimal 10 orang untuk tiap-tiap keberangkatan.

Di pulau tikus ini, berdiri sebuah mercusuar dan bangunan yang menjadi tempat para penjaga mercusuar yang berada di sisi timur pulau. Sayangnya, pengikisan gelombang laut mengakibatkan bangunan yang semula ada ada lima itu, kini cuma bersisa dua buah, tiga lainnya hancur. Mercusuar ini malahan sudah lebih dari dua kali dipindahkan untuk mengantisipasi hancurnya sebab erosi.

Meski begitu, keindahan pulau tikus sangatlah sayang bila terlewatkan. Tak cuma biota laut yang mempesona, pemandangan alam dengan warna air laut yang biru bening ini akan sanggup menghipnotis wisatawan yang datang. Terumbu karang yang ada di dalam laut, bisa dengan jelas anda lihat dari permukaan. Jadi bagi wisatwan yang tak berkeinginan menyelam malahan bisa menikmati keindahan alam ini.

Walaupun di atas pulau, wisatan dapat memandang bermacam tumbuhan seperti pohon waru, ketapang, kelapa dan nyamplung. Estetika faunanya malah dapat di saksikan dengan sebagian jenis burung seperti burung bangau hitam, burung dara laut, burung pecuk padi dan burung kwak maling.

Temukan Juga “Roti Ketawa Tidak Hanya Namanya Unik, Rasanya pun Nagih”

Tempat Bertelurnya Penyu

Pulau yang dulunya menjadi tempat berlabuh kapal-kapal dari hantaman dan badai ombak Samudera Indonesia ini juga menjadi rumah bagi sekawanan penyu. Pasir pantainya yang berwarna putih dan lembut ini menjadikan pulau tikus sebagai tempat yang cocok untuk bertelur yang nyaman bagi penyu dengan nama ilmiah eretmocheIys imbricata atau penyu sisik dan cheloma mydas atau penyu hijau. Sayangnya pemandangan ini hanya terjadi di malam hari. Jadi bagi wisatawan yang berkeinginan memandangnya, dapat membawa tenda untuk bermalam di sini. Selain merasakan menawannya langit malam di atas pulau, wisatwan juga dapat memandang aktifitas penyu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

https://itinku.com/┬áTelaga Batu Arang danau bekas tambang pit Surya milik PT Kaltim Prima Coal kini sudah berubah menjadi eco tourism yang dahulunya merupakan wilayah pertambangan batu bara. Kawasan yang mempunyai luas 270 hektar are dengan telaga seluas 12,43 hektar ini sudah via proses reklamasi sejak 2001. Kawasan ini berubah menjadi liburan edukasi, kebun botani dan hewani, […]

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

http://itinku.com┬áBagi kalian yang telah penat dengan kehidupan kota besar, panorama kemacetan, serta stres dengan bisingnya kendaraan, lebih-lebih yang tinggal di Jabodetabek. Kalian seharusnya mengunjungi sebuah obyek liburan yang satu ini, yang telah terkenal di jagad media sosial. Nama lokasi hal yang demikian Curug Pangeran. Keindahan Yang Ditawarkan Curug Pangeran yakni salah-satu air terjun yang sungguh-sungguh […]