Sie Reuboh Makanan Lezat Tahan Lama Khas Aceh

Sie Reuboh Makanan Lezat Tahan Lama Khas Aceh

Sie Reuboh Makanan Lezat Tahan Lama Khas Aceh

Daging rebus atau dalam bahasa Aceh di sebut sie reuboh, bukan sekedar daging rebus. Ini masakan khas Kabupaten Aceh Besar yang di wariskan turun-temurun dan menjadi santapan patut saat tiba Ramadhon. Karena, masakan ini dapat bertahan sampai satu bulan.

Sie reuboh memang bukan sekedar daging rebus. Terbuat dari gumpalan daging dengan bumbu garam, cabe merah, cabe kering, cabe rawit, kunyit. Kemudian direbus sampai mendidih di belanga tanah tanpa disiram air. Tak ada ramuan khusus yang untuk memasak masakan itu. Resep pembuatan sie reuboh ini juga terwariskan secara turun-temurun.

Cita Rasa yang Menjadi Primadona

Sie reuboh memang memiliki karakter tersendiri. Selain rasanya yang khas, masakan ini juga bendung lama dalam waktu berhari-hari. Tinggal di panaskan lagi, dan tetap rasanya masih nikmat. Sie reuboh menguapkan wangi cuka yang keras. Wangian cuka ini menjalar bersama rasa pedas bercampur asam sampai ke langit-langit mulut. Wangi cuka nipah inilah yang mendominasi rasa daging rebus, yang sulit untuk terlupakan.

Karena bendung lama dan tak cepat basi, makanan ini sering kali kali pula menjadi peunajoh prang atau logistik perang. Seorang komandan di Aceh Besar mengaku, saat ia masih bergerilya, makanan ini sering kali kali menjadi bekal dari keluarga yang bawa ke hutan.

Kesederhanaan dalam penyajiannya, menjadi salah satu alasan makanan ini cukup populer, secara khusus saat sahur jelang berpuasa di bulan Ramadhon.

Baca Juga “Pantai Talise Salah Satu Tujuan Liburan Menarik Kota Palu”

Lama Memasak Sie Reuboh

Kali banyak yang mengira, masakan Aceh merupakan masakan yang sulit di olah. Teknik memasaknya malahan terkesan sulit. Buktinya, sie reuboh dapat di masak dalam waktu yang lumayan singkat cuma 30 menit. Teknik pengolahannya malahan jauh dari kesan kompleks.

Tak ada literatur dan ketentuan yang mengahruskan penggunaan daging tertentu. Pemilihan daging dapat di sesuaikan dengan selera. Bisa memakai has luar dan dapat juga has dalam. Atau, jeroan malahan boleh. Malah, dapat juga memilih daging sapi atau daging kambing.

Penerapan bumbu rempahnya tak terlalu banyak. Cuma bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, serta cuka-untuk menimbulkan rasa asam. Untuk mencitrakan masakan khas dengan rasa pedas, sie reboh banyak memakai cabai. Kemudian, sie reuboh di olah menjadi menu makanan.

Daging rebus itu dapat diolah menjadi banyak menu. Mulai dari sie goreng istilahnya yang mirip rendang, dimasak lemak, dihasilkan kuah asam keung khas Aceh dan dapat juga dihasilkan semacam abon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Udang Selingkuh Bakar Sajian Kuliner Khas Wamena

Udang Selingkuh Bakar Sajian Kuliner Khas Wamena

WisataKuiner – Kekayaan Indonesia memang tak tehitung banyaknya, salah satunya seperti wilayah tanah papua. Banyak ragamnya bila kita mengulik tentang kuliner menggugah selera. Satu di antaran banyak sajian khas pulau di timur Indonesia ini yang wajib dicoba adalah udang selingkuh bakar. Penamaan Udang Selingkuh Unik sekali memang namanyaa terdengar lucu karana tersematnya kata selingkuh. Disebut […]

Kafe Pojok Yang Terletak di Nagoya Mansion Batam

Kafe Pojok Yang Terletak di Nagoya Mansion Batam

https://itinku.com/ Kafe atau cafe bergaya western memang telah banyak hadir di Batam. Semacam pula dengan seluruh jenis menunya. Bagaimana dengan cafe atau cafe Nusantara Pastinya jumlahnya jauh lebih banyak. Meskipun telah banyak, rasanya bisnis café dan kuliner tetap mengidola bagi sejumlah pengusaha. Nyatanya, semakin banyak cafe nusantara yang buka di kota ini. Kafe yang sajikan Kafe […]