Nasi Balap – Menu Sarapan Bercita Rasa Pedas Khas Lombok

Nasi Balap – Menu Sarapan Bercita Rasa Pedas Khas Lombok

Nasi Balap – Menu Sarapan Bercita Rasa Pedas Khas Lombok

Nasi Balap adalah kuliner yang khas dari Lombok Nusa Tenggara Barat. Yang menjadi ciri mencoloknya nasi yang tersaji dalam piring anyaman rotan yang terletak di atas kertas beras berbentuk bunga. Kuliner ini dapat ditemukan di banyak tempat makan Lombok. Kenikmatan kuliner yang khas ini bisa membuat siapa saja jatuh cinta dengannya.

Kisah Asal Nasi Balap

Kisah masakan ini berasal dari Ibu Intaq Esun yang sudah mewarnai makanan ini sejak tahun 1970-an. Pada 1990-an, salah satu cucu INAQ, yang berprofesi sebagai pembalap lokal. Tiap-tiap kali pertandingan menang, itu senantiasa mentraktir teman-sahabatnya di rumah makan nasi neneknya ini. Dari sana, nama Nama balap ini menjadi populer. Kini Nasi Balap Puyung milik Inaq Esun adalah salah satu tujuan masakan yang terlanjur populer dan sudah memiliki diri kita sendiri dan lebih dari satu cabang. Racing Rice Mushroom berdiri di luar NTB.

Baca Juga “Pantai Watu Bale Pesona Pantai Selatan Pulau Jawa”

Tanpa sambal cabai itu sendiri, hidangan Nasi Balap sudah memiliki rsa yang cukup pedas. Ayam goreng pedasnya menemani Nasi putih. Selain ayam pedas ini, hidangan lain umumnya tersedia lagi 3 gaya, kikil, pempe goreng, tahu goreng, kentang kering atau terkadang dicampur dengan tempe kering. Kadang juga tersedia lauk tambahan yang tersedia. Hati-hati, Kacang Serundeng dan Sauder bukan lagi pedasnya, ini bahkan bisa saja lebih pedas dari yang di kira..

Bisa juga jika ini request menambahkan ayam goreng, umumnya ayam kampung goreng dengan potongan-potongan kecil, atau telur pindang, termasuk tambahan sambal cabai bagi mereka yang masih kurang pedas. Tiap-tiap rumah makan biasanya lauk nasi balap yang di sajiakn berbeda-beda. Namun tentu saja kacang ayam dan dada ayam, atau termasuk kacang-kacangan dapat di ganti dengan kacang panjang.

Nasi balap umumnya di konsumsi sebagai menu sarapan. Dengan demikian, penjual nasi khas ini umumnya menjualnya sejak pagi. Tapi hidangan ini termasuk yang dapat di temukan di berbagai sudut kota Lombok pada siang hari dan malam. Rasa lezat dan pedas yang menyerang adalah pilar untuk masakan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Udang Selingkuh Bakar Sajian Kuliner Khas Wamena

Udang Selingkuh Bakar Sajian Kuliner Khas Wamena

WisataKuiner – Kekayaan Indonesia memang tak tehitung banyaknya, salah satunya seperti wilayah tanah papua. Banyak ragamnya bila kita mengulik tentang kuliner menggugah selera. Satu di antaran banyak sajian khas pulau di timur Indonesia ini yang wajib dicoba adalah udang selingkuh bakar. Penamaan Udang Selingkuh Unik sekali memang namanyaa terdengar lucu karana tersematnya kata selingkuh. Disebut […]

Kafe Pojok Yang Terletak di Nagoya Mansion Batam

Kafe Pojok Yang Terletak di Nagoya Mansion Batam

https://itinku.com/ Kafe atau cafe bergaya western memang telah banyak hadir di Batam. Semacam pula dengan seluruh jenis menunya. Bagaimana dengan cafe atau cafe Nusantara Pastinya jumlahnya jauh lebih banyak. Meskipun telah banyak, rasanya bisnis café dan kuliner tetap mengidola bagi sejumlah pengusaha. Nyatanya, semakin banyak cafe nusantara yang buka di kota ini. Kafe yang sajikan Kafe […]