Gua Gong – Kemegahan Gua Tercantik Se Asia Tenggara

Gua Gong – Kemegahan Gua Tercantik Se Asia Tenggara

Gua Gong – Kemegahan Gua Tercantik Se Asia Tenggara

Pacitan merupakan wilayah di Jawa Timur yang terkelilingi oleh pegunungan kapur, yang menjadikan tanah di tempat ini kering dan tidak subur. Tanah di permukaan Pacitan memang gersang dan mempunyai sedikit unsur hara. Namun anugerah Yang Maha Kuasa ternyata bukan berlokasi di atas permukaan, namun di bawah permukaan tanahnya. Bagi para pecinta alam, hal pertama yang akan terpikirkan tetntang pacitan merupakan Gua. Kota Pacitan juga familiar dengan julukan kota 1001 gua. Salah satu yang familiar di sini merupakan tempat wisata Gua Gong Pacitan.

Alasan Gua Gong Menjadi Gua Tercantik Se-Asia Tenggara

Estetika Gua Gong tidak tertandingi oleh gua-gua lain di Pulau Jawa. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa Gua Gong merupakan Gua terindah di Asia Tenggara. Memasuki goa Gong, wisatawan akan disambut formasi stalaktit dan stalakmit yang menawan. Dengan penerangan yang cukup anda bisa masuk lebih dalam dan menelusuri lorong gua sepanjang 256 meter.

Di ujung lorong, anda akan menemukan alasan mengapa Gua Gong menjadi gua terindah se-Asia Tenggara. Sebuah ruangan yang menyusun kubah rakasa sepanjang 100 m, dengan lebar 15 sampai 40 meter dan tinggi antara 20-30 meter akan membuat anda berdecak kagum.

Stalaktit dan stalakmit dengan aneka wujud dan ukuran menghiasi segala penjuru ruangan. Untuk mengabadikan keindahannya tiap mereka memiliki nama seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, dan lain sebagainya.

Untuk menjelajahi segala lorong dan komponen dalam gua, anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Tetapi waktu yang cukup lama itu tidak akan terasa dan melelahkan. Sebab sepanjang perjalanan akan terus merasa takjub akan keindahan  Gua Gong.

Baca Juga “Cimol – Aci Gemol Kuliner Kenyal Dari Kota Bandung”

Mitos Mistis Mata Air di Dalam Gua

Terdapat sendang atau mata air alami yang mempunyai mitos bisa menyembuhkan bermacam penyakit bagi orang yang mempercayainya. Di antaranya ada Sendang Relung Jiwo, Sendang Jampi Rogo, Sendang Relung Nisto, Sendang Kamulyan, sampai Sendang Panguripan.Setibanya di ujung lorong, terdapat sebuah ruangan yang menjadi bukti fenomena luar awam.

Asal Penamaan Gua Gong

Sebuah ruang dengan wujud kubah raksasa dengan lebar 15-40 meter, panjang 100 meter dan tinggi dari 20-30 meter. Saat wisatwan memukul dengan tangan mengepal, maka akan mengeluarkan suara seperti suara salah satu alat musik tradisional dari Jawa, yang bernama Gong. Inilah yang menjadi alasan utama gua ini diberikan nama Gua Gong.

Tak perlu kuatir untuk menjelajahi gua ini, sebab pengelola sudah menambah prasarana di dalam gua seperti tangga, pagar pengaman, penerangan dan kipas angin untuk mempermudah penelusuran. Sehingga lebih nyaman dan aman untuk berlama-lama menikmati keindahan yang tersuguhkan. Namun tetaplah haiti-hati saat menjelajahi gua ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

Telaga Batu Arang Wisata Unik Bekas Kawasan Tambang

https://itinku.com/ Telaga Batu Arang danau bekas tambang pit Surya milik PT Kaltim Prima Coal kini sudah berubah menjadi eco tourism yang dahulunya merupakan wilayah pertambangan batu bara. Kawasan yang mempunyai luas 270 hektar are dengan telaga seluas 12,43 hektar ini sudah via proses reklamasi sejak 2001. Kawasan ini berubah menjadi liburan edukasi, kebun botani dan hewani, […]

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

Curug Pangeran Air Terjun Yang Terkenal Kabupaten Bogor

http://itinku.com Bagi kalian yang telah penat dengan kehidupan kota besar, panorama kemacetan, serta stres dengan bisingnya kendaraan, lebih-lebih yang tinggal di Jabodetabek. Kalian seharusnya mengunjungi sebuah obyek liburan yang satu ini, yang telah terkenal di jagad media sosial. Nama lokasi hal yang demikian Curug Pangeran. Keindahan Yang Ditawarkan Curug Pangeran yakni salah-satu air terjun yang sungguh-sungguh […]