Pantai Pedalen - Eksotisme Dari Pos Observasi Bulan

Pantai Pedalen – Eksotisme Dari Pos Observasi Bulan

Pantai Pedalen adalah pantai unggulan wisatawan yang datang ke Kebumen, Jawa Tengah. Berlokasi di Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Obyek wisata ini berjarak 4,8 km dari jantung Kota Kebumen. Pantai ini tenar dengan panorama kapal-kapal nelayan yang biasa beroperasi via pantai ini. Keunikan daerah wisata ini adalah pengunjung yang datang bisa memandang dari dekat bebatuan karang yang adalah gugusan karst atau batu gamping yang berderet indah. Bebatuan karst hal yang demikian telah berumur ratusan tahun.

Awal Populernya Pantai Pedalen

Di pantai ini wisatawan bisa menikmati Pos Observasi Bulan (POB), satu-satunya POB di pesisir selatan Pulau Jawa. Inilah yang menjadi awal mula terkenalnya pantai indah ini. Di perbukitan di atas pantai ini, terdapat juga gardung pandang serta Pos Observasi Bulan (POB) yang bisa dirasakan oleh pengunjung.Eksistensi POB Pantai Pedalen menjadi rukyatul hilal untuk penentuan awal Ramadan ataupun awal bulan hijriyah. Lokasi POB ini adalah satu diantara 100 pos rukyatul hilal tingkat nasional yang terdaftar di Kementerian Agama RI. Selain itu, POB menjadi satu diantara tujuh pos rukyat hilal di Jawa Tengah setelah Mesjid Agung Semarang Jawa Tengah, Pantai Karangjati Rembang, Pantai Kartini Jepara, Kendal, Tegal, Pekalongan, dan Observatorium Pendidikan Ponpes As-Salam Surakarta.

Esksotisme Yang Menghampar

Dari pantai ini, tampak juga Pantai Ayah yang bisa terlihat dari gardu pandang Pantai Pedalen. Obyek yang menarik di pantai ini adalah deretan kapal-kapal nelayan yang berderet rapi di pinggir pantai. Apabila pengunjung beruntung, pengunjung bisa memandang bagaimana nelayan pergi ke laut untuk mulai mencari ikan. Kadang, pengunjung juga bisa menikmati estetika laut dengan menyewa kapal nelayan.

Wisatawan yang datang bisa memandang sunset atau sunrise dari gardu pandang hal yang demikian. Selain itu juga bisa menikmati estetika pantai di tepi pegunungan karst, pengunjung bisa membeli ikan segar dari nelayan. Kecuali itu, pengunjung malah bisa memandang jejeran perbukitan karst dan panorama Pantai Ayah di sisi samping Pantai Pedalen.

Kunjungi Juga “Air Terjun Aimitat Keindahan Pulau Imut Penuh Pesona”

Pantai Pedalen menjadi favorit karna menjadi bukti estetika pantai yang terkelilingi oleh bebatuan yang menyusun perbukitan karst. Dari pinggi pantai, pengunjung juga bisa memandang pulau Nusakambangan dengan terang. Di dalam pantai ini terdapat gua peninggalan zaman terdahulu.

Fasilitas yang terdapat di Pantai Pedalen mencakup Daerah Parkir yang cukup luas, tempat Ibadah, Toilet Umum, warung-warung Makan, Gardu Pandang. Pos Perhatikan Bulan.

Rute Untuk Mencapai Lokasi Wisata

Untuk menuju ke pantai ini, rute kalau dari Jalanan Lingkar selatan, Jalan Raya Gombong maka dari pertigaan Polsek Ijo masuk ke selatan meniru jalan ke arah Pantai Logendhing. Kemudian dari Pantai Logendhing, pantai pedalen berjarak kurang lebih 2 km ke arah timur, menaiki jalan pegunungan kurang lebih 10 menit. Pengunjung tak perlu khawatir, karena jalan masuk jalannya telah aspal dan cukup mudah. Sesudah naik kurang lebih 10 menit, nanti akan menjumpai pertigaan yang ada plang Pantai Pedalen ke arah kanan, dari situ tinggal menuruni jalan.

Pengunjung cukup membayar Rp. 5.000 untuk retribusi sekalian parkir motor. Namun selama lebaran, tarif masuk pantai ini berubah menjadi Rp 7.500.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Pantai Lhoknga Besar dan Garang Telah Terkenal di Kalangan Selancar

Pantai Lhoknga Besar dan Garang Telah Terkenal di Kalangan Selancar

Secara administratif, Pantai Lampuuk berada di Kecamatan Lhoknga, sehingga sebenarnya sedikit bermakna ganda membedakan antara Pantai Lampuuk dan Pantai Lhoknga. Akan melainkan, biasanya orang-orang disana memberi sebutan Pantai Lhoknga untuk tempat di belakang Lapangan Golf Lhoknga hingga ke taman tepi laut setelah Komplek Pabrik Semen Andalas. Adapun sebutan Pantai Lampuuk dikhususkan untuk ruas pantai yang […]

Pantai Tanjung Papuma Pesona Kabupaten Jember

Pantai Tanjung Papuma Pesona Kabupaten Jember

Berbatasan dengan Samudera Hindia membikin Kabupaten Jember, Jawa Timur mempunyai garis pantai. Pantai-pantai itu ini menjadi alternatif wisata favorit pelancong saat hari libur atau akhir minggu. Salah satunya yaitu Pantai Tanjung Papuma yang berbeda dari pantai lainnya. Berlokasi di Desa Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember. Jarak tempuh dari Kota Jember sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh […]