Nasi Tempong - SensI Kuliner Pedas Yang Meledak-ledak

Nasi Tempong – SensI Kuliner Pedas Yang Meledak-ledak

Nasi Tempong atau yang akrab dengan sebutan Sego Tempong ialah masakan khas Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan yang berisi nasi dengan banyak sayur seperi bayam, kenikir dan daun kemangi. Dengan tambahan lauk gorengan seperi tempe tahu, bakwan jagung dan ikan jambal goreng tepung. Kemudian nasi putihnya di siram dengan saus pedas bumbu kacang yang super pedas.

Nasi Tempong terdiri dari lauk pauk ayam goreng, tempe, tahu, ikan, cumi atau perkedel jagung. Tak tertinggal ikan asin yang menjadi ciri khasnya, juga sebagai peredam rasa pedas yang meledak-ledak di lidah. Cita rasa pedas ini berasal dari ulekkan cabe dengan campuran tomat yang menambah sensasi kesegaran sambalnya. Kerja ulek inilah yang menjadikan cita rasa nikmat pada sambalnya. Lazimnya para penjual nasi tempong baru akan mengulek cabai dan bumbu pada dikala ada pembeli yang mengorder saja, jadi benar fresh. Tersedia juga lalapan ala Jawa Timuran yang sudah direbus ataupun lalapan mentahan. Lalapan seperti ini juga awam tersaji di masakan khas lamongan, surabaya ataupun kota Jawa Timur lainnya. Seperti terong, sawi, bayam, kubis, kenikir dan lainya. Yang khas lagi ada daun kemangi mentah yang masih segar, yang memberi efek wangi-wangian wangi pada masakan ini.

Kunjungi Juga “Pantai Karang Gantungan Kemolekan Wisata Sukabumi”

Asal Mula Nasi Tempong

Masakan tradisional khas Banyuwangi ini memang familiar akan cita rasa yang pedas. Oleh itulah mengapa makan ini dinamakan Nasi Tempong yang dalam bahasa setempat atau bahasa osing berarti di tempeleng atau di tabok. Karna sensasi makan masakan yang super pedas bikin berkeringat serasa di tabok di tempeleng. Dominasi rasa pedas saus pedas membikin penikmatnya berkeringat membendung pedas yang menyulut hingga ke alat pendengaran. Inilah yang menjadi khas Nasi Tempong. Bagi pecinta makanan pedas, masakan ini ialah obat bagi mereka yang selalu rindu sensasi pedas yang nikmat. Masakan ini betul-betul menggiurkan untuk di coba karna nikmat nagih pedasnya yang pasti akan membawa penikmatnya untuk mencoba lagi masakan ini.

Masakan khas Banyuwangi ini betul-betul gampang di temui di setiap jalanan kota. Malahan kepopuleran masakan ini hingga ke pulau dewata Bali. Tak heran kalau banyak yang keliru mengira masakan ini berasal dari Bali. Walupun memang ada juga nasi tempong versi Bali ataupun menjual asli banyuwangi yang berjualan di Bali. Rasanya Belum lengkap kalau mengunjungi Banyuwangi tanpa mencicipi masakan pedas satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Martabak Sagu Jajanan Bertekstur Sangat Unik dan Khas

Martabak Sagu Jajanan Bertekstur Sangat Unik dan Khas

Gorengan merupakan salah satu camilan yang terkenal dan menjadi pilihan fovorit untuk memanjakan lidah. Salah satu jenis gorengan yaitu martabak. Rupanya martabak ini, ada beberapa variannya. Salah satunya merupakan martabak yang berasal dari Papua merupakan martabak sagu. Indonesia yakni salah satu negara dengan keanekaragaman kebiasaan dan kebiasaan. Dari keanekaragaman membuat masing-masing daerah di Indonesia memiliki […]

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia patok yaitu kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, dengan bungkus tepung lalu di panggang. Bakpia asal awalnya berasal dari daratan Tiongkok. Sejarah Bakpia Patok Bakpia Patok yaitu salah satu varian Bakpia yang berkembang di Yogyakarta. Sekarang ini Bakpia ini telah menjadi salah satu makanan khas sekalian oleh-oleh khas dari […]