Anyang Pakis Sajian Sederhana Menu Buka Puasa

Anyang Pakis Sajian Sederhana Menu Buka Puasa

Sumatera Utara mempunyai bermacam menu makanan yang banyak ditemui pada ketika bulan puasa, salah satunya yaitu Anyang Pakis. Indonesia memang mempunyai variasi kuliner yang amat bermacam variasi di tiap-tiap daerah termasuk kuliner khas bulan puasa. Pada ketika bulan puasa, akan banyak menjumpai aneka variasi makanan dan takjil dengan cita rasa yang khas seperti Anyang Pakis dari suku Batak ini. Makanan ini terbuat dari rebusan daun pakis yang mirip dengan menu urapan Jawa. Makanan ini banyak terdapat di sepanjang pinggiran jalan kota banyak yang menjual makanan khas ini. Jika sedang berkunjung ke Sumatera Utara, semestinya mencicipi makanan ini.

Makanan ini terbuat dari rebusan daun pakis yang kemudian di masak bersama kelapa yang di bumbui dan di sangrai seperti serundeng. Bumbu yang di butuhkan untuk memasak kuliner ini mirip dengan bumbu urap, yaitu bawang merah, ketumbar, serai dan daun jeruk yang di sangrai bersama kelapa. Masakan ini memang amat mirip dengan urap Jawa. Meski tampak mirip, tapi rupanya tetap ada perbedaan antara keduanya. Jika urap Jawa memakai kelapa parut mentah, Anyang Pakis memakai kelapa parut yang di sangrai dengan bumbu. Seringkali ketika mengolahnya perlu di tumbuk lagi sesudah menyangrai bumbu, ini supaya lebih halus.

Anyang Pakis Merupakan Sajian Menu Melayu-Deli

Anyang Pakis yaitu sajian menu Melayu-Deli yang cuma ada pada ketika bulan puasa saja. Meski kuliner ini mempunyai potensi yang besar untuk dimaksimalkan. Hal ini sebab bahan dasarnya yaitu pakis amat mudah di temukan. Biasanya di tengah-tengah hamparan kebun karet atau kelapa sawit yang tersebar luas di kawasan Sumatera Utara. Kelapa sebagai bumbu pensupport utama makanan ini malahan amat mudah di dapat, sebab Sumatera Utara termasuk salah satu penghasil kelapa sawit terbesar.

Anyang Pakis juga dapat di kreasikan dengan bahan dasar sayuran lain. Sayuran untuk substitusi pakis umumnya memakai pucuk ubi (daun singkong), daun pepaya, kangkung, tauge, kacang panjang, ketimun, jantung pisan, dan sebagainya. Ada juga tambahan suwiran ayam panggang, ikan pari panggang, udang, ikan, teri, kepah, dan sebagainya pada makanan ini. Tiap-tiap orang dapat mempunyai kreasi kuliner ini dengan khas masing-masing ketika membuatnya sendiri.

Kunjungi Juga “Pantai Jonggring Saloko Keindahan Pantai Nyi Loro Kidul”

Perbedaan Dengan Urap Jawa

Jika urap Jawa bumbunya diuleg atau dihaluskan, berbeda dengan Anyang Pakis yang seluruh bumbunya dicincang halus. Rasa bumbu urap malahan berbeda dengan Anyang Pakis, sebab rasa bumbu anyang pakis yang amat tampak yaitu rasa bawang merah mentah yang di cacah halus, serta rasa asam dari perasan jeruk nipis. Menu buka puasa ini banyak terdapat di Kota Kisaran, Asahan, Labuhan Batu dan Langkat yang banyak penjual menjual makanan ini. Dulunya, makanan ini yaitu menu yang amat mudah di jumpai, tapi seiring berjalannya waktu, makanan ini menjadi makanan musiman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Martabak Sagu Jajanan Bertekstur Sangat Unik dan Khas

Martabak Sagu Jajanan Bertekstur Sangat Unik dan Khas

Gorengan merupakan salah satu camilan yang terkenal dan menjadi pilihan fovorit untuk memanjakan lidah. Salah satu jenis gorengan yaitu martabak. Rupanya martabak ini, ada beberapa variannya. Salah satunya merupakan martabak yang berasal dari Papua merupakan martabak sagu. Indonesia yakni salah satu negara dengan keanekaragaman kebiasaan dan kebiasaan. Dari keanekaragaman membuat masing-masing daerah di Indonesia memiliki […]

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia patok yaitu kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, dengan bungkus tepung lalu di panggang. Bakpia asal awalnya berasal dari daratan Tiongkok. Sejarah Bakpia Patok Bakpia Patok yaitu salah satu varian Bakpia yang berkembang di Yogyakarta. Sekarang ini Bakpia ini telah menjadi salah satu makanan khas sekalian oleh-oleh khas dari […]