Situ Cicerem Telaga Biru Pesona Indah Yang Menyimpan Misteri

Situ Cicerem Telaga Biru Pesona Indah Yang Menyimpan Misteri

Situ Cicerem atau Telaga Biru yaitu daerah liburan yang terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Kota kecil yang jaraknya sekitar 252,2 km dari Kota Jakarta. Cukup jauh memang, melainkan banyak pelancong yang tak mengeluhkan akan hal ini. Karna perjalanan yang sedikit melelahkan akan terbayar dengan panorama cantik nan menenangkan.

Situ Cicerem ini mulai di ketahui oleh awam semenjak tahun 2006 silam. Hingga kini liburan ini senantiasa ramai dan banyak di kunjungi berbagai-jenis kalangan mulai dari orang tua sampai buah hati-buah hati sebab estetika dan ke eksotisan telaga ini. Telaga ini memiliki air yang benar-benar bening dan berwarna biru sehingga pelancong bisa mengamati estetika bawah airnya dari atas permukaan.

Kunjungi Juga “Binte Biluhuta Kuliner Sehat Nan Nikmat Khas Kota Gorontalo”

Asal Mula Situ Cicerem Telaga Biru

Menurut cerita masyarakat setempat, konon dahulu pada zaman kerajaan Walisongo ada seorang wali yang datang ke daerah ini untuk menyebarkan agama islam. Pada ketika itu penduduk daerah ini kekurangan sumber air, Sang Wali mengetukan tongkatnya ke tanah sehingga muncul air dari tanah. Air itu memenuhi telaga yang sampai kini konsisten melimpah malahan tak pernah surut meskipun musim kemarau tiba.

Situ Cicerem ini memiliki keunikan yaitu terdapat kayu catang yang sudah beusia ratusan tahun, melainkan kayu ini masih konsisten kokoh sampai kini. Di samping itu juga terdapat 1 meja dan 4 daerah duduk yang terbuat dari batu. Menurut cerita, daerah hal yang demikian yaitu daerah berkumpulnya parawali pada zaman itu untuk melakukan pertemuan.

Kecuali itu juga ada banyak sekali ikan yang hidup di telaga situ cicerem ini, malahan menempuh ribuan. Masyaratkat sekitar tak akan memancing ikan hal yang demikian, karna kecuali berharap menjaga ekosistem telaga mereka juga percaya akan mitos mistis yang berkembang. Ikan-ikan menyambut pelancong yang memberi makan mereka. Wisatawan membuat takjub, meskipun terdapat ribuan ikan dan banyak yang memberi makan, tak membuat air telaga menjadi keruh dan berbau anyir. Sehingga tak jarang pelancong akan berenang bersama ikan di dalam telaga. Pohon-pohon juga bisa menikmati estetika telaga dengan pelampung yang berbentuk kasur untuk menikmati sensasi tidur di atas air sambil menikmati hawa teduh telaga.

Situ Cicerem berada pada ketinggian 280-315 mdpl membuat udara di daerah ini serasa dingin teduh. Wisatawan nan rimbun akan melindungi pelancong dari panas sang surya, sehingga tak pelu ragu untuk datang berlibur di siang hari. Telaga ini buka pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuk yang cukup murah hanya dengan Rp.6000 per orang. Pohon-pohon bisa menikmati estetika alam yang benar-benar menakjubkan sepuas hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah adalah gua yang digunakan sebagai tempat ibadah pada zaman dahulu. Terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali dan berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar. Keunikan Goa Gajah Dengan bentuk arsitektur yang unik itu, tak heran apabila Pura Gua Gajah Bali malahan menjadi destinasi yang sukses menarik perhatian banyak pelancong. Para […]

Wisata Guci Tegal - Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal – Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal mempunyai pesona keindahan alam yang asri khas daerah pegunungan Tropis. Hal itu mulai dapat terasa sejak masih dalam perjalanan. Panorama khas pegunungan dengan hamparan sawah, kebun strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus. Apalagi suhu sejuk, benar benar khas obyek liburan dataran tinggi sangat menenangkan. Di lokasi liburan guci Tegal, selain berendam […]