Binte Biluhuta Kuliner Sehat Nan Nikmat Khas Kota Gorontalo

Binte Biluhuta Kuliner Sehat Nan Nikmat Khas Kota Gorontalo

Binte Biluhuta dalam bahasa Gorontalo artinya yakni jagung yang disiram. Kuliner ini juga disebut Milu Siram oleh masyarakat Gorontalo. Sekilas memang terdengar biasa saja, namun cita rasa Milu Siram ini akan memanjakan lidah para penikmatnya. Terdapat tiga ragam rasa yang masakan ini tawarkan yakni pedas, manis, dan asin. Banyak orang yang menghindari mengkonsumsi sayuran meskipun kandungan nutrisi yang ada di dalamnya terang sungguh-sungguh berkhasiat untuk komposisi tubuh.

Macam olahan yang itu-itu saja mungkin menjadi alasan orang tidak mengkonsumsi sayuran, namun para anti-sayuran wajib mencoba sebuah hidangan khas Gorontalo yang kaya akan nutrisi dan lezat dengan beraneka ragam sayuran ini. Olahan jagung, kemangi, tomat, dan ikan cakalang atau udang dalam Binte Biluhuta menjadi kombinasi makanan yang mempunyai skor nutrisi yang tinggi. Bagi yang suka masakan pedas, Binte Biluhuta yakni masakan yang ideal. Cabai rawit menjadi salah satu bumbu utama yang menjadi campuran kuah Binte Biluhuta, rasa pedas ini akan memberikan rasa pedas dan hangat di lidah.

Kunjungi Juga “Taman Nasional Teluk Cendrawasih – Salah Satu Pesona Tanah Papua”

Cara Mudah Membuat Binte Biluhuta

Cara memasak olahan ini sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup merebus jagung selama 10 menit. Kemudian panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum dan matang lalu masukkan ikan cakalang suwir, aduk sampai merata dan tunggu sampai matang. Masukkan ikan dan tumisan bumbu ke dalam panci yang berisi jagung tadi lalu aduk. Berikutnya campurkan parutan kelapa beserta udang kering, potongan tomat, dan air perasan jeruk, belimbing sayur, daun bawang, daun kemangi. Kemudian masak sampai bahan-bahan layu.

Sajikan Binte Biluhuta ini saat masih hangat supaya semakin nikmat menyantapnya. Apabila berkunjung ke Kota Gorontalo dan mau mencicipi masakan ini, cukup datangi restoran-restoran yang menyediakan menu khas Gorontalo yang tersebar di setiap sudut kota. Menemukan masakan ini tidak akan sulit sebab Milu Siram ini telah seperti makanan wajib bagi masyarakat Gorontalo. Apabila tidak ada kesempatan menikmati segera masakan ini di kota asalnya, Anda dapat mencoba membikin sendiri makanan ini di rumah. Bahan-bahannya malah tidak sulit di cari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Martabak Sagu Jajanan Bertekstur Sangat Unik dan Khas

Martabak Sagu Jajanan Bertekstur Sangat Unik dan Khas

Gorengan merupakan salah satu camilan yang terkenal dan menjadi pilihan fovorit untuk memanjakan lidah. Salah satu jenis gorengan yaitu martabak. Rupanya martabak ini, ada beberapa variannya. Salah satunya merupakan martabak yang berasal dari Papua merupakan martabak sagu. Indonesia yakni salah satu negara dengan keanekaragaman kebiasaan dan kebiasaan. Dari keanekaragaman membuat masing-masing daerah di Indonesia memiliki […]

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia patok yaitu kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, dengan bungkus tepung lalu di panggang. Bakpia asal awalnya berasal dari daratan Tiongkok. Sejarah Bakpia Patok Bakpia Patok yaitu salah satu varian Bakpia yang berkembang di Yogyakarta. Sekarang ini Bakpia ini telah menjadi salah satu makanan khas sekalian oleh-oleh khas dari […]