Taman Nasional Teluk Cendrawasih - Salah Satu Pesona Tanah Papua

Taman Nasional Teluk Cendrawasih – Salah Satu Pesona Tanah Papua

Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah bukti kalau wisata papua takkan ada habisnya. Taman nasional ini memiliki pesona yang tidak kalah cantik dengan raja ampat dan menjadikannya yang terbesar di indonesia. Selain itu juga tempat ini dinobatkan menjadi tempat terbaik untuk menyelam di indonesia. Mengintip keluar pulau jawa, keindahan tersembunyi bawah laut. Pemandangan terumbu karang eksotis dan memandang berbagai spesies ikan warna-warni yang menyusun panorama ikonik tidak boleh terlewatkan.

Tidak berlebihan kalau memandang papua sebagai gudangnya keindahan panorama alam, salah satu buktinya yaitu Teluk Cendrawasih. Walau demikian itu, untuk menuju kesana tidaklah murah dan mudah. Tetapi segala akan terbayar kalau anda hingga kesini dan memandang keelokan alamnya. Bak surga yang sirna dan surga yang tidak ada habisnya untuk kita eksplor. Teluk Cendrawasih ini memiliki ekosistem terumbu karang kurang lebih 5,5% yang amat mengagumkan mata, pantai menawan seluas 0,9%, Hutan mangrove dan beberapa pulau menawan berjumlah 3,8%, selebihnya adalah luasnya lautan 89,8% Bisa terbayang keindahan wilayah ini dan luas keseluruhannya mencapai 1.453.500 ha.

Flora & Fauna Menakjubkan Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Ada lebih dari 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang ada pada perairan Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini. Bila anda mempertimbangkan untuk menyelam, kedua jenis hewan ini akn menyambutmu. Bila memandangnya secara dalam dan lebih dekat spesies ini kian terasa menggemaskan dan lucu, rasanya mau mengontrol mereka dan membawa mereka pulau. Spesies itu adalah kura-kura, hiu, penyu dan lumba-lumba dengan berenang bersama mereka rasanya sangatlah menyenangkan. Mereka seperti tahu bagaimana menyambut tetamu dan memperlihatkan keindahan bawah laut papua. Titik habitat hiu ideal sedang menjadi incaran banyak segala penyelam.

Wilayah Taman Nasional Teluk Cendrawasih memiliki berbagai jenis flora fauna yang telah tersebar baik didarat maupun laut serta disekitar pulau-pulau yang ada. Taman Nasional ini memiliki fungsi penting sebagai metode penopang kehidupan. Bahkan survei pada tahun 2006, tercatat 500 jenis terumbu karang dan 14 spesies baru tumbuh dengan baik. Bila menjadi rumah untuk mega fauna serta hiu paus (Rhinocodon typus), ikan duyung (dugong dugon), Napoleon wrasse, penyu dan populasi predator relatif sehat seperti hiu.

Kunjungi Juga “Gua Haji Mangku – Keindahan Tersembunyi di Kepulauan Derawan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Pantai Lhoknga Besar dan Garang Telah Terkenal di Kalangan Selancar

Pantai Lhoknga Besar dan Garang Telah Terkenal di Kalangan Selancar

Secara administratif, Pantai Lampuuk berada di Kecamatan Lhoknga, sehingga sebenarnya sedikit bermakna ganda membedakan antara Pantai Lampuuk dan Pantai Lhoknga. Akan melainkan, biasanya orang-orang disana memberi sebutan Pantai Lhoknga untuk tempat di belakang Lapangan Golf Lhoknga hingga ke taman tepi laut setelah Komplek Pabrik Semen Andalas. Adapun sebutan Pantai Lampuuk dikhususkan untuk ruas pantai yang […]

Pantai Tanjung Papuma Pesona Kabupaten Jember

Pantai Tanjung Papuma Pesona Kabupaten Jember

Berbatasan dengan Samudera Hindia membikin Kabupaten Jember, Jawa Timur mempunyai garis pantai. Pantai-pantai itu ini menjadi alternatif wisata favorit pelancong saat hari libur atau akhir minggu. Salah satunya yaitu Pantai Tanjung Papuma yang berbeda dari pantai lainnya. Berlokasi di Desa Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember. Jarak tempuh dari Kota Jember sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh […]