Gua Haji Mangku - Keindahan Tersembunyi di Kepulauan Derawan

Gua Haji Mangku – Keindahan Tersembunyi di Kepulauan Derawan

Gua Haji Mangku – Keindahan tersembunyi di kepulauan derawan. Daya tarik yang kepulauan derawan tawarkan memang sangat beragam dan menggoda para wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar pulau ataupun wisatawan asing. Tak hanya snorkeling dan menyelam saja, tetapi kini wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Derawan juga dapat menguji adrenalin dengan berkunjung ke salah satu gua yang lokasinya tak jauh dari Pulau Maratua.

Gua Haji Mangku merupakan salah satu gua yang lokasinya berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan. Lokasi gua ini sekitar 10 meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua, dan mulai ramai di kunjungi oleh para wisatawan sekitar 3 tahun belakangan ini. Gua ini ditemukan oleh seseorang yang bernama Haji Mangku, maka dari itu dinamakan Gua Haji Mangku. Gua ini merupakan salah satu yang aksesnya sangat mudah dari semua gua yang terdapat di Pulau Maratua. Letak gua ini berada di tengah-tengah hutan yang di kelilingi oleh rimbunnya pepohonan.

Mulai perjalanan dengan trekking ringan melewati hutan, pengunjung harus berhati-hati dalam memilih pijakan karena kondisi jalurnya yang berkarang tajam. Setelah kurang lebih 10 menit melakukan trekking, pengunjung akan sampai di lokasi. Lalu tengoklah ke sisi bawah, pengunjung akan di sambut oleh bibir gua yang berbentuk seperti kolam alami memanjang dengan airnya yang sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Saat pertama kali melihat gua ini, pengunjung akan merasakan aura mistis yang membuat merinding. Namun pengunjung harus memberanikan diri untuk turun dan menyelam kedalam air yang jernih itu.

Gua Haji Mangku Sebagai Surga Tersembunyi di Kepulauan Derawan

Untuk memasuki gua yang berair payau ini, ada dua cara yaitu loncat terjun langsung dari atas atau masuk melalui bibir gua yang setengahnya sudah tertutup oleh air. Untuk mengunjungi Gua Haji Mangku sebaiknya pada siang hari, karena pada saat itu cahaya matahari akan masuk ke dalam gua. Bahkan bisa menembus hingga ke bagian dalam gua. Airnya pun akan terlihat lebih biru daripada jika pengunjung datang pada sore hari.

Alternatif menuju lokasi Gua Haji Mangku ada dua cara yaitu via darat dan via laut. Untuk alternatif via jalur darat, pengunjung dapat menggunakan sepeda motor dari Pulau Maratua menuju Desa Payung-Payung. Kemudian dilanjutkan dengan trekking ringan beberapa jam hingga sampai ke lokasi gua. Alternatif kedua yakni via laut, pengunjung dapat menyewa speedboat atau perahu milik nelayan lokal dengan membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Pulau Maratua. Sesampainya di pinggir pulau (trekking point), pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan trekking ringan selama 10 menit untuk sampai ke bibir gua.

Baca Juga Wisata Kuliner Lapa-lapa, Lontong Legit Khas Sulawesi Utara

Tenang saja, wisatawan yang datang ke gua ini tidak perlu mengeluarkan biaya atau membayar tiket masuk. Untuk fasilitas di Gua Haji Mangku ini belum memadai seperti toilet, ruang ganti baju, warung makanan dan yang lainnya. Sebaiknya wisatawan membawa bekal makanan dan minuman saat berkunjung kesini. Bagi yang ingin free diving, snorkeling ataupun cave diving di gua ini, jangan lupa untuk membawa peralatan sendiri, karena di sekitar gua belum terdapat penyewaan alat snorkeling atau diving.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah adalah gua yang digunakan sebagai tempat ibadah pada zaman dahulu. Terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali dan berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar. Keunikan Goa Gajah Dengan bentuk arsitektur yang unik itu, tak heran apabila Pura Gua Gajah Bali malahan menjadi destinasi yang sukses menarik perhatian banyak pelancong. Para […]

Wisata Guci Tegal - Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal – Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal mempunyai pesona keindahan alam yang asri khas daerah pegunungan Tropis. Hal itu mulai dapat terasa sejak masih dalam perjalanan. Panorama khas pegunungan dengan hamparan sawah, kebun strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus. Apalagi suhu sejuk, benar benar khas obyek liburan dataran tinggi sangat menenangkan. Di lokasi liburan guci Tegal, selain berendam […]