Pulau Kadidiri, Pulau Perawan Tersembunyi di Tojo Una-Una

Pulau Kadidiri, Pulau Perawan Tersembunyi di Tojo Una-Una

Selain Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah juga memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik. Provinsi yang beribukota Palu ini memiliki destinasi wisata yang justru lebih terkenal di kalangan wisatawan asing daripada wisatawan domestik yaitu Pulau Kadidiri. Pulau ini berada dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang letaknya di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Lokasi pulau ini sangat jauh dari kota besar. Untuk menempuhnya membutuhkan waktu sekitar 3-6 jam perjalanan dengan kapal laut dari Kota Ampana, kemudian lanjut dengan perjalanan sekitar 30 menit lagi dari Wakai ke Pulau Kadidiri.

Baca Juga : Sungai Dua Rasa – Rasakan Sensasi Berendam di Air Berbeda Suhu

Untuk menuju ke pulau ini, harus menempuh perjalanan dengan perahu melalui rute dari dermaga di Ampana, ibukota Kabupaten Tojo Una-Una menuju Pulau Wakai, Bomba dan Kadidiri. Tarif untuk perahu setiap orang antara Rp. 30.000-Rp. 50.000 dengan waktu tempuh sekitar 5-6 jam. Pulau ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan karena disini tersedia banyak resor dan penginapan dengan berbagai tipe. Tarif dari masing-masing penginapan pun berbeda-beda, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Di kalangan wisatawan, Pulau Kadidiri sering disebut sebagai pulau perawan dengan pesona keindahannya yang masih tersembunyi. Pulau ini memang lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan asing daripada wisatawan domestik. Bahkan ada wisatawan asing yang menetap di pulau ini hingga belasan tahun lamanya dan saat ini memilih untuk bekerja sebagai dive master di pulau tersebut. Selain Bunaken, pulau ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan biota laut di Sulawesi. Pengunjung juga dapat menikmati beberapa aktivitas seperti berlayar, menyelam, memancing, snorkeling, trekking hutan tropis, dan berjemur di pantai pasir putih.

Banyak Kegiatan yang Tak Terlupakan di Pulau Kadidiri

Karena pulau Kadidiri masih asri, pengunjung bahkan dapat menikmati terumbu karang dengan mata telanjang, tanpa harus snorkeling atau menyelam. Pengunjung cukup berjalan sejauh 5 meter dari tepi pantai untuk menikmati keindahan bawah lautnya dengan mata telanjang. Air laut di pulau ini sangat jernih dengan pasir putih yang sangat lembut. Selain terumbu karang, wisatawan juga dapat menyaksikan ikan dengan berbagai warna saling berkejaran, penyu, hiu, dan biota laut lainnya. Untuk mendapatkan spot-spot terbaik saat snorkeling atau menyelam, pengunjung bisa menyewa speedboat yang akan mengantar pengunjung menemukan spot-spot terbaik menikmati biota laut. Harga sewa speedboat ini berkisar antara Rp. 300.000-Rp. 500.000 per hari.

Bagi pengunjung yang ingin memancing, ada guide yang bisa menemani ke lokasi pemancingan di daerah Kundurang. Kundurang adalah lokasi yang sudah terkenal sebagai tempat memancing ikan laut terbaik di Pulau Kadidiri. Sembari memancing, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan batu-batu karang di dalam laut nan jernih dan sangat mempesona.

Sedangkan bagi wisatawan yang ingin trekking di hutan tropis Kadidiri, dapat berjalan kaki menjelajah hutan yang akan menjadi kegiatan menyenangkan, karena tumbuhan di dalamnya sangat beragam. Pastikan untuk membawa kamera saat melakukan trekking karena selain flora yang beragam, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis burung yang bertengger cantik di ujung dahan pepohonon. Selain itu pengunjung dapat melihat panorama Pulau Kadidiri dari atas bukit yang sangat menakjubkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Pantai Lhoknga Besar dan Garang Telah Terkenal di Kalangan Selancar

Pantai Lhoknga Besar dan Garang Telah Terkenal di Kalangan Selancar

Secara administratif, Pantai Lampuuk berada di Kecamatan Lhoknga, sehingga sebenarnya sedikit bermakna ganda membedakan antara Pantai Lampuuk dan Pantai Lhoknga. Akan melainkan, biasanya orang-orang disana memberi sebutan Pantai Lhoknga untuk tempat di belakang Lapangan Golf Lhoknga hingga ke taman tepi laut setelah Komplek Pabrik Semen Andalas. Adapun sebutan Pantai Lampuuk dikhususkan untuk ruas pantai yang […]

Pantai Tanjung Papuma Pesona Kabupaten Jember

Pantai Tanjung Papuma Pesona Kabupaten Jember

Berbatasan dengan Samudera Hindia membikin Kabupaten Jember, Jawa Timur mempunyai garis pantai. Pantai-pantai itu ini menjadi alternatif wisata favorit pelancong saat hari libur atau akhir minggu. Salah satunya yaitu Pantai Tanjung Papuma yang berbeda dari pantai lainnya. Berlokasi di Desa Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember. Jarak tempuh dari Kota Jember sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh […]