Sekoteng - Minuman Berkhasiat Pembangkit Stamina

Sekoteng – Minuman Berkhasiat Pembangkit Stamina

Sekoteng adalah minuman yang dikenal berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin. Terlebih bila suhu dingin, cuaca hujan ataupun habis berpergian jauh, terpapar angin setelah mengendarai kendaraan bermotor. Selain itu sekoteng merupakan minuman pembangkit stamina serta membuat hati menjadi riang gembira. Cobalah saat sedang gundah gulana minum semangkok sekoteng, ini akan membuat suasana hati menjadi gembira. Minuman ini berasal dari Jawa Tengah berasa jahe yang biasanya di hidangkan panas.

Perpaduan jahe merah, susu serta campuran aneka roti, agar, jelly dll membuat rasa yang pas dalam minuman ini. Tekstur kacang tanah sangrai yang renyah, dengan tekstur roti tawar yang lembut saat terkena santan, lalu tekstur yang kenyal di mulut dari bubur mutiara membuat perpaduan yang khas dari sekoteng. Apalagi jika di minum saat cuaca dingin dan hujan. Minuman sekoteng juga di yakini dapat mengusir virus Covid lho. Minuman ini sebenarnya menjadi minuman wajib bagi suku Jawa terlebih untuk yang tinggal di daerah pegunungan. Dinginnya cuaca disana membuat minuman ini sangat populer karena bisa menghangatkan tubuh. Sebenernya membuat minuman ini sendiri pun bisa karena proses pembuatannya sangat mudah. Bahan-bahannya dapat dengan mudah di dapat.

Berbagai Macam Sekoteng dan Cara Mudah Membuatnya

Sekoteng pertama kali berasal dari Negeri Tirai Bambu atau Tiongkok. Istilah sekoteng sendiri berasal dari bahasa Hokkian yaitu Su Ko Thung atau Si Guo Tang atau artinya sup 4 buah. Isi minuman sekoteng china tentu berbeda dengan sekoteng versi Indonesia yang kaya akan perpaduan rasa. Di china, minuman ini berbahan dasar buah kering kelengkeng, biji teratai, kacang dan buah jail. Lalu rebus bahan-bahan tersebut menggunakan gula batu. Minuman ini hampir mirip dengan Dong Say. Biasanya ini diminum untuk menghilangkan panas dalam serta sakit tenggorokan. Su Ko Thung sendiri mulai di konsumsi sejak masa Dinasti Qin pada tahun 221-226 sebelum masehi. Pada kepemimpinan kaisar Qin Shi Huang. Selain untuk meredakan panas dalam, minuman ini bisa untuk memperbaiki pencernaan pada tubuh. Sementara itu, di Singapore minuman ini bernama Cheng Teng. Bahan-bahannya pun banyak dijual di market place.

Baca Juga Wisata Komplek Candi Arjuna – Indahnya Mahakarya Mataram Kuno di Dieng

Cara membuat minuman sekoteng sangat mudah, langkah pertama yaitu merebus sagu mutiara dalam air mendidih hingga teksturnya empuk dan berwarna bening. Lalu angkat dan tiriskan dan cuci dengan air mengalir. Selanjutnya buatlah kuah jahe, dengan cara merebus bahan kuah jahe dengan api sedang sampai mendidih. Setelah mendidih masak dengan api kecil selama 20 menit hingga aromanya keluar. Setelah semua bahan siap, siapkan mangkuk dan masukkan sagu mutiara, kacang hijau rebus, dan roti tawar. Lalu siram dengan kuah jahe panas. Tambahkan susu kental manis dan kacang tanah sangrai. Jika tidak ada susu kental manis, bisa gantikan dengan santan untuk menambah gurih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Martabak Sagu Jajanan Bertekstur Sangat Unik dan Khas

Martabak Sagu Jajanan Bertekstur Sangat Unik dan Khas

Gorengan merupakan salah satu camilan yang terkenal dan menjadi pilihan fovorit untuk memanjakan lidah. Salah satu jenis gorengan yaitu martabak. Rupanya martabak ini, ada beberapa variannya. Salah satunya merupakan martabak yang berasal dari Papua merupakan martabak sagu. Indonesia yakni salah satu negara dengan keanekaragaman kebiasaan dan kebiasaan. Dari keanekaragaman membuat masing-masing daerah di Indonesia memiliki […]

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia Patok Wujud Kulturisasi Kudapan Khas Yogyakarta

Bakpia patok yaitu kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, dengan bungkus tepung lalu di panggang. Bakpia asal awalnya berasal dari daratan Tiongkok. Sejarah Bakpia Patok Bakpia Patok yaitu salah satu varian Bakpia yang berkembang di Yogyakarta. Sekarang ini Bakpia ini telah menjadi salah satu makanan khas sekalian oleh-oleh khas dari […]