Komplek Candi Arjuna - Indahnya Mahakarya Mataram Kuno di Dieng

Komplek Candi Arjuna – Indahnya Mahakarya Mataram Kuno di Dieng

Komplek Candi Arjuna berada di Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawasan ini memiliki candi yang luasnya kurang lebih 90 hektare. Komplek Candi Arjuanalah yang paling luas dan paling terpopuler dari  candi lainnya yakni memiliki luas sekitar 1 hektare. Di komplek candi Arjuna, terdapat 5 bangunan candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. 4 candi selain candi semar merupakan candi utama sebagai tempat bersembahyang. Berdasarkan bentuk ornamen setiap candi, di perkirakan ke empat candi tersebut pembangunannya pada masa yang berbeda.

Yang di bangun paling awal adalah Candi Arjuna, sementara yang di bangun paling terakhir adalah Candi Sembadra. Perkiraan ini berdasar pada perbedaan gaya bangunan candi. Ornamen candi Arjuna masih sangat kental dengan gaya candi-candi pengaruh dari India. Sementara Candi Sembadra sudah terlihat pengaruh budaya lokal yang sangat kuat. Pengaruh ini dapat di lihat dari salah satu relung yang ada pada candi. Komplek Candi Arjuna pertama kali di temukan pada abad ke-18 oleh seorang tentara Belanda bernama Theodorf Van Elf pada abad ke-18. Saat di temukan pertama kali, kondisi candi-candi ini tergenang oleh air. Upaya penyelamatan candi sekitar 40 tahun kemudian setelah pertama kali di temukan. Upaya ini di lakukan oleh HC Cornelius yang berkebangsaan Inggris.

Selain Keindahan Alam, Ada Juga Budaya Adat di Komplek Candi Arjuna

Menariknya, Komplek Candi Arjuna biasa di gunakan untuk upacara pemotongan rambut gimbal untuk anak asli penduduk setempat yang memiliki rambut gimbal. Pelaksanaan upacara adat ini setiap tahun dalam acara Dieng Culture Festival. Anak-anak gimbal ini wajib memotong rambut gimbalnya agar tidak kena sial. Pada saat acara ini berlangsung, banyak wisatawan lokal maupun turis memadati komplek candi ini. Pemandangan sekitar candi sangat memanjakan wisatawan yang datang. Hamparan perbukitan dan pegunungan yang terlihat seperti sebuah lukisan dengan suhu udara khas pegunungan yang sangat dingin. Sangat mengesankan memang melihat keindahan ciptaan Tuhan ini.

Dataran tinggi Dieng terbagi oleh 2 kabupaten, yakni Banjarnegara dan Wonosobo. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Komplek Candi Arjuna, dari arah Alun-alun Wonosobo bisa menuju kearah Dieng dengan petunjuk jalan yang mudah. Hanya saja akan melewati jalan dengan banyak track yang menanjak tajam dan berlika-liku. Tetapi kondisi jalan ini sekarang sudah mulus dan beraspal baik. Sepanjang perjalanan wisatawan akan terpukau dengan panorama alam yang sangat mempesona. Jika beruntung, wisatawan akan melihat upacara adat warga atau kegiatan budaya yang akan diarak di jalan.

Baca Juga : Pulau Belitung Adalah Tempat Yang Sangat Mengasyikan Untuk Liburan

Komplek Candi Arjuna ini dekat dengan Kawah Sikidang. Jadi harga tiket masuk candi biasanya 1 paket dengan kawah. Cukup membayar Rp. 10.000 saja, wisatawan sudah dapat melihat 2 keindahan alam yang sangat memukau. Di sekitar candi terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh, salah satunya yaitu Carica. Selain bisa menikmati komplek candi dan kawah sikidang, pengunjung juga dapat melihat beberapa arca candi yang tersimpan di Museum Kailasa. Untuk yang ingin mengabadikan gambar, Komplek Candi Arjuna tentunya memiliki banyak spot foto yang sangat Intagramable.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah adalah gua yang digunakan sebagai tempat ibadah pada zaman dahulu. Terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali dan berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar. Keunikan Goa Gajah Dengan bentuk arsitektur yang unik itu, tak heran apabila Pura Gua Gajah Bali malahan menjadi destinasi yang sukses menarik perhatian banyak pelancong. Para […]

Wisata Guci Tegal - Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal – Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal mempunyai pesona keindahan alam yang asri khas daerah pegunungan Tropis. Hal itu mulai dapat terasa sejak masih dalam perjalanan. Panorama khas pegunungan dengan hamparan sawah, kebun strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus. Apalagi suhu sejuk, benar benar khas obyek liburan dataran tinggi sangat menenangkan. Di lokasi liburan guci Tegal, selain berendam […]