Wisata Posong - Indahnya Panorama Alam Lereng Sindoro

Wisata Posong – Indahnya Panorama Alam Lereng Sindoro

Wisata Posong ini berada di Posong, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kawasan wisata ini terletak persis di kaki Gunung Sindoro, sejauh mata memandang lereng sindoro, mata dan jiwa akan terasa teduh oleh hamparan alam yang asri. Terlihat jajaran hutan pinus, sawah, hingga kebun tembakau di antara lekuk-lekuk bukit. Kawasan wisata lembah sindoro ini berada di ketinggian 1.823 mdpl. Wisata Posong menempati area setidaknya seluas 1,2 hektare. Sedangkan untuk area wisata lembah Sindoro sendiri mulai berkembang menjadi destinasi wisata sejak tahun 2010.

Tiket masuk ke Wisata Posong cukup murah. Wisatawan cukup membayar beberapa ribu rupiah saja sudah bisa menikmati keindahan alam wisata ini. Tempat ini dibuka mulai subuh hingga sore hari. Hal ini karena banyak wisatawan yang datang untuk menikmati sunrise Gunung Sindoro. Dari lokasi ini dapat terlihat jelas puncak Gunung Sindoro. Panoramanya berpadu dari hamparan kebun sayur dan buah yang tumbuh mengikuti kontur lereng gunung. Selain pemandangan yang sangat menawan, sekumpulan awan dan bukit-bukit di bawahnya akan membuat kagum wisatawan.

Menikmati Panorama Matahari Terbit di Wisata Posong

Kawasan Wisata Posong dikelola warga dan pemerintah desa setempat. Dari gardu pembelian tiket dekat jalan utama, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 3,5 km. Jarak gerbang masuk hingga ke area utama kawasan wisata lembah sindoro membutuhkan sekitar 1 jam perjalanan. Selama perjalanan, pengunjung akan melintasi kebun kopi dan tembakau dengan jalan lebar dan berlapis batu makadam. Pengunjung umumnya datang kesini untuk menyaksikan matahari terbit karena itulah tempat ini buka  dari pukul 04:00 WIB.

Coba Juga Wisata Kuliner : Kawok – Makanan Ekstrem Dan Paling Banyak Dicari Di Manado

Selanjutnya, sekitar pukul 05:00 pagi perlahan lahan matahari akan mengintip dari balik Gunung Sindoro. Pancaran sorot sinar matahari terlihat seakan membelah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Perlahan semu bayang jajaran Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Muria, hingga Ungaran mulai nampak jelas. Pada saat siang hari dan cuaca yang cerah, wisatawan bisa melihat samudera awan dengan tujuh puncak gunung. Bahkan saat cuaca sedikit mendung, Wisata Posong tetap akan memukau karena berselimut kabut yang menciptakan suasana syahdu. Di tambah lagi dengan udara yang sejuk dan juga tumbuhan-tumbuhan hijau terhampar luas.

Banyak Fasilitas Wisata yang Tersedia

Selain menikmati indahnya pemandangan, wisatawan juga bisa mencoba aktivitas outdoor di tempat ini. Tersedia wahana flying fox, outbond, serta trekking lembah dan gunung. Ada juga taman bermain kecil untuk anak-anak. Untuk mengabadikan gambar, titik foto pertama yaitu dengan latar belakang Posong dan Gunung Sindoro. Waktu terbaik untuk berfoto disini adalah pada saat pagi hari dan sore hari. Kedua, spot foto yang menarik adalah sayap kupu-kupu. Wahana foto yang ketiga yaitu gardu pandang. Spot ini memiliki keunikan dengan latar belakang Gunung Sumbing dan lanskap Kota Temanggung.

Wisata Posong juga membuka tempat berkemah. pengunjung yang berminat bisa menghubungi pihak pengelola saat ingin mendirikan tenda. Bermalam di tempat ini akan membuat pengunjung merasakan sejuknya udara pegunungan. Berbagai fasilitas penunjang juga sudah tersedia diantaranya toilet umum, mushola, kamar mandi, dan berbagai warung kopi untuk sekedar bersantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah Keunikan Tempat Ibadah Yang Mengagumkan

Gua Gajah adalah gua yang digunakan sebagai tempat ibadah pada zaman dahulu. Terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali dan berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar. Keunikan Goa Gajah Dengan bentuk arsitektur yang unik itu, tak heran apabila Pura Gua Gajah Bali malahan menjadi destinasi yang sukses menarik perhatian banyak pelancong. Para […]

Wisata Guci Tegal - Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal – Pemandian Air Panas Berkhasiat

Wisata Guci Tegal mempunyai pesona keindahan alam yang asri khas daerah pegunungan Tropis. Hal itu mulai dapat terasa sejak masih dalam perjalanan. Panorama khas pegunungan dengan hamparan sawah, kebun strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus. Apalagi suhu sejuk, benar benar khas obyek liburan dataran tinggi sangat menenangkan. Di lokasi liburan guci Tegal, selain berendam […]