Tangkahan, Pengalaman Seru Menikmati Keindahan Alam Bersama Gajah

Tangkahan, Pengalaman Seru Menikmati Keindahan Alam Bersama Gajah

Tangkahan terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh. Tangkahan merupakan kawasan ekowisata berupa hutan hujan tropis yang sangat alami lengkap dengan sungai dan penangkaran gajah. Alam disini terjaga dengan sangat baik, sungainya bersih, dan tidak terlalu ramai pengunjung. Serta dapat sesuka hati main di sungai dan bertemu gajah Sumatera yang menggemaskan. Ekowisata ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, dan dapat menempuhnya dengan beberapa cara dari Medan. Dari Bandara Internasional Kualanamu, dapat menaiki bus damri menuju Terminal Pinang Baris, lalu melanjutkan dengan bus Pembangunan Semesta ke ekowisata Tangkahan.

Coba Juga Wisata Kuliner : Pisang Epe – Uniknya Jajanan Lokal Favorit Khas Tepi Pantai

Bus Pembangunan Semesta berangkat hanya 2x sehari, yakni pukul 10.00 dan pukul 13.00 dengan ongkos per orangnya adalah Rp. 25.000. Jaraknya lumayan jauh yaitu 90 km dan membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk sampai ke Tangkahan. Pengunjung juga bisa menyewa mobil atau membawa mobil pribadi. Baik itu naik bus atau naik mobil, tidak perlu cemas saat memasuki gerbang ekowisata Tangkahan, karena pengunjung dapat dengan mudah menemukan pusat informasi untuk turis. Bahkan pengunjung dapat langsung memesan aktivitas yang ingin dilakukan, biasanya akan ada satu pemandu yang menemani pengunjung selama berada di tempat ini.

Tangkahan Adalah Tempat Penangkaran Gajah Sumatera

Tangkahan adalah tempat penangkaran gajah Sumatera. Banyak terdapat sekumpulan gajah termasuk anak-anaknya yang suka berlari kecil sesuka hati. Pengunjung tentu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk memandikan gajah. Selama kurang lebih 1 jam, pengunjung dapat berdekatan, menyentuh, menyikat tubuh gajah, serta bermain semprot air bersama mereka. Per-orang biayanya adalah Rp. 100.000, ini sudah termasuk buah-buahan untuk makanan gajah. Gajah-gajah ini harus makan berkilo-kilo buah dan sayur dalam sehari.

Saat melihat pengunjung memegang buah, belalai mereka pasti akan menghampiri pengunjung. Jadi, bukan hanya pengunjung yang senang saat melakukan kegiatan ini, para gajah juga akan senang karena mereka akan disuapi makanan. Selain bisa memandikan gajah, pengunjung juga bisa berkeliling hutan dengan menaiki gajah. Gajah-gajah ini selalu diajak jalan-jalan oleh sang pawang, ini agar insting mereka sebagai hewan liar tidak hilang. Dengan membayar Rp. 650.000, pengunjung dapat ikut bersama para pawang menyusuri hutan hujan tropis Tangkahan sambil menaiki gajah.

Banyak Pengalaman Seru Tak Terlupakan Yang Pengunjung Dapatkan

Di Tangkahan terdapat paket trekking setengah hari, ada yang sehari, adapula yang berkemah sambil menginap. Hutan hujan tropis ini sangat lebat dan memiliki banyak sekali flora fauna ajaib. Salah satunya adalah liana besar yang dapat dipanjat. Kontur hutan Tangkahan yang naik turun akan membuat perjalanan yang sangat menantang. Untuk menambah pengalaman trekking, pengunjung sangat disarankan untuk sekalian mengambil paket river tubing. Jadi pengunjung bisa mengarungi sungai sambil duduk santai di ban dan mengagumi pemandangan flora dan fauna sekitar yang menenangkan.

Setelah lelah trekking pengunjung akan menemukan beberapa air terjun di Tangkahan. Ada yang kecil-kecil dan tidak bernama, ada juga juga air terjun yang besar yaitu Air Terjun Gelugur. Pengunjung bisa berendam di air terjun sambil berenang di area sungai yang tenang dan tidak terlalu dalam, lebih menyenangkan lagi bisa melihat monyet-monyet bergelantungan di pohon. Uniknya, ada beberapa sumber air panas yang letaknya di sisi sungai yang dekat dengan hutan. Setelah lelah trekking dan tubing, pengunjung dapat menghilangkan rasa lelah dengan berendam air hangat sebelum pulang ke penginapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Batu Agung Pesona Wisata Tumpukan Batu Balapulang

Batu Agung Pesona Wisata Tumpukan Batu Balapulang

Tamasya Batu Agung merupakan salah satu daerah tamasya yang berada di desa Balapulang, kabupaten Tegal, provinsi Jawa Tengah. Wisata ini ramai wisatawan pada hari biasa ataupun hari weekend. Tempat ini betul-betul cantik dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dengan kegiatan kita sehari hari. Tegal juga tenar akan estetika objek wisatanya , salah satu contohnya wisata […]

Gua Gong - Kemegahan Gua Tercantik Se Asia Tenggara

Gua Gong – Kemegahan Gua Tercantik Se Asia Tenggara

Pacitan merupakan wilayah di Jawa Timur yang terkelilingi oleh pegunungan kapur, yang menjadikan tanah di tempat ini kering dan tidak subur. Tanah di permukaan Pacitan memang gersang dan mempunyai sedikit unsur hara. Namun anugerah Yang Maha Kuasa ternyata bukan berlokasi di atas permukaan, namun di bawah permukaan tanahnya. Bagi para pecinta alam, hal pertama yang […]