Teluk Triton - Pesona Surga Bawah Laut dan Warisan Budaya

Teluk Triton – Pesona Surga Bawah Laut dan Warisan Budaya

Teluk Triton merupakan wisata baru yang berada di Papua. Papua Barat memang sangat terkenal dengan objek wisata yang memiliki pemandangan bawah lautnya yang sangat indah seperti Raja Ampat dan Wakatobi yang sudah lebih dulu menjadi tujuan wisata bertaraf Internasional. Lokasi Teluk Triton terletak di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Letaknya 40 km tenggara dari Kota Kaimana. Tempat ini terkenal dengan keindahan bawah air sebagai surga bawah laut dan warisan budaya.

Teluk Triton menyimpan berbagai macam keindahan yang mampu memanjakan mata dan menenangkan pikiran pada masa liburan yang indah. Terdapat 959 jenis ikan karang dan 471 jenis karang dimana 16 dari mereka adalah spesies baru di kawasan ini. Selain itu, karang-karang di teluk ini merupakan karang lunak atau lebih dikenal dengan soft coral. Tempat ini juga cocok untuk arena pemancingan karena banyaknya ikan dan biota laut.

Baca Juga : Air Terjun Sipiso-piso, Pesona Keindahan Alam yang Menyejukkan Mata

Selain keindahan bawah laut, teluk ini juga menawarkan pesona tebing-tebing warna-warni di sekitar pegunungan Maimai. Lukisan indah pada tebing Maimai ini merupakan hasil karya lukisan kuno prasejarah yang diperkirakan dibuat pada zaman Mesolitikum, meskipun begitu hingga kini belum ditemukan petunjuk siapakah yang membuat lukisan-lukisan mengagumkan itu. Wisatawan dapat menyaksikan berbagai lukisan kuno prasejarah ini yang berupa telapak tangan, tengkorak, dan binatang. Yang menarik dari lukisan ini adalah terdapat pada lokasi tebing karang yang sulit terjangkau dengan tangan telanjang. Lukisan dari bahan pewarna alami tersebut masih tampak jelas hingga kini, meski sudah berabad-abad lamanya.

Nikmati Setiap Keunikan Teluk Triton yang Memanjakan Mata

Untuk menuju ke Teluk Triton pengunjung dapat menggunakan penerbangan atau kapal dengan jadwal tertentu ke Kaimana kemudian lanjut ke Teluk Triton. Satu-satunya alat transportasi yang tersedia ke teluk ini adalah transportasi laut dari Kaimana. Tersedia sebuah kapal milik pemerintah Kaimana yang transit di beberapa desa di daerah Teluk Triton membawa beberapa masyarakat yang sedang dalam perjalanan menuju Teluk Etna. Atau pengunjung dapat menyewa longboat atau speedboat. Dari bandara Kaimana, membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan perahu panjang dan sekitar 1 setengah jam dengan speedboat ke Teluk Triton.

Pemandangan lukisan kuno di tebing karang adalah awal dari perjalanan. Kejutan lain bisa pengunjung temukan di sekitar Kampung Lobo. Pengunjung akan menjumpai pemandangan langka berupa atraksi mamalia raksasa yaitu habitat paus Bryde’s di sekitar perairan kampung ini. Semburan air ke udara dari lubang di punggung paus menjadi pemandangan atraksi yang bisa pengunjung nikmati dari atas kapal. Uniknya, paus-paus ini hidup harmonis dengan penduduk setempat. Meski hidup sebagai nelayan, masyarakat disini tidak memburu paus ini, mereka justru menganggap paus-paus tersebut sebagai keluarga bahkan penyelamat.

Selain Pengalaman, Pengunjung Juga Mendapat Pengetahuan

Pengunjung juga bisa menyaksikan jejak peninggalan Hindia Belanda berupa tugu “Fort du Bus” di Kampung Lobo. Dari tugu ini dapat berarti bahwa pada tahun 1828 di Lobo pernah berdiri benteng dan pos administrasi Hindia Belanda bernama Fort du Bus. Terdapat wabah malaria yang menyerang Lobo pada tahun 1835 mengubah keadaan. Wabah ini membunuh sebagian besar tentara Hindia Belanda di Kampung Lobo dan benteng inipun mereka tinggalkan.

Sangat disayangkan jika tidak menikmati keindahan alam bawah laut Teluk Triton. Pengunjung wajib membawa perlengkapan selam karena terdapat banyak lokasi menyelam (dive site) seperti Temintoi, Selat Iris. Setelah puas menyelam, sangat pas untuk menikmati indahnya senja di Kaimana. Jika cuaca cukup baik, senja di Kaimana akan memberikan hiburan yang tak terlupakan bagi wisatawan. Jika pengunjung ingin menginap di kawasan Teluk Triton, pengunjung bisa mencari penginapan di sekitar perkampungan Lobo. Banyak cara yang bisa pengunjung lakukan untuk berbaur dengan lingkungan sekitar, dan inilah yang menarik dari setiap perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Pantai Watu Bale Pesona Pantai Selatan Pulau Jawa

Pantai Watu Bale Pesona Pantai Selatan Pulau Jawa

Pantai Watu Bale Pantai indah yang berada di Kabupaten Kebumen. Pesona pantai selatan Pulau Jawa ini tak dapat diragukan lagi. Memadukan keindahan alam tak hanya pantai, tetapi juga ada perbukitan yang indah. Khusus, obyek tamasya baru buka akhir-akhir ini, sehingga masih cukup sepi dan nyaman untuk berlibur. Pantai ini terletak di Desa Pasir. Berada di […]

Pantai Pedalen - Eksotisme Dari Pos Observasi Bulan

Pantai Pedalen – Eksotisme Dari Pos Observasi Bulan

Pantai Pedalen adalah pantai unggulan wisatawan yang datang ke Kebumen, Jawa Tengah. Berlokasi di Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Obyek wisata ini berjarak 4,8 km dari jantung Kota Kebumen. Pantai ini tenar dengan panorama kapal-kapal nelayan yang biasa beroperasi via pantai ini. Keunikan daerah wisata ini adalah pengunjung yang datang bisa memandang dari […]