Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso, Pesona Keindahan Alam yang Menyejukkan Mata

Selain Danau Toba, Sumatera Utara juga mempunyai Air Terjun Sipiso-piso yang menjadi destinasi liburan yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Diberi nama Sipiso-piso karena ketinggiannya yang mencapai 120 meter, maka air terjun ini tampak seperti pisau apabila diliat dari atas. Dalam bahasa Batak, kata Piso artinya pisau. Bahkan objek wisata ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Air Terjun Sipiso-piso terletak di daerah Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jaraknya 35 km dari kota wisata Berastagi dan 24 km dari Kabanjahe. Untuk sampai kesana wisatawan bisa menggunakan angkutan umum dari Medan seperti bus dan berhenti di simpang merek. Selanjutnya menggunakan becak untuk menuju lokasi dan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Bagi wisatawan yang tidak ingin repot, dapat menyewa mobil lengkap dengan supir dengan herga Rp. 400.000-Rp. 500.000 perhari. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun, wisatawan akan melewati luasnya lahan pertanian dan juga perkebunan jeruk. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa berhenti sejenak untuk mencoba memanen jeruk sendiri dari kebunnya langsung.

Air Terjun Sipiso-piso Menyuguhkan Pemandangan Alam yang Mengagumkan

Objek wisata ini buka selama 24 jam, meskipun begitu sebaiknya jangan datang pada waktu malam hari, karena bisa berbahaya. Tarif tiket masuk air terjun hanya Rp. 5000 per orang. Dan bagi wisatawan pengguna motor wajib membayar parkir Rp. 5000 dan Rp. 10.000 untuk pengguna mobil. Jika dilihat dari atas, Air Terjun Sipiso-piso menyuguhkan pemandangan alam yang akan membuat para pengunjung kagum dengan keindahan air terjun yang sangat tinggi dan dikelilingi dengan pemandangan hijau dari alam dan suara air tejun yang begitu keras.

Coba Juga Wisata Kuliner : Es Dawet Ayu – Minuman Legendaris Khas Banjarnegara

Wisatawan juga dapat menikmati langsung dinginnya air dengan menuju ke area dasar air terjun. Untuk sampai kesana, pengelola sudah menyediakan akses berupa tangga. Namun ini sangat membutuhkan tenaga ekstra karena pengunjung harus menempuh 500 lebih anak tangga. Untuk menuruni 500 anak tangga, membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit sedangkan untuk naik kembali keatas membutuhkan lagi waktu sekitar 1 jam. Saat sedang menuruni anak tangga, pengunjung harus berhati-hati karena disamping kiri kanan tangga adalah jurang yang tajam.

Tetapi sebelum turun kebawah, ada baiknya untuk mengunjungi gardu pandang yang berada di puncak bukit, lokasi ini merupakan titik pangkal dari air terjun. Di tempat ini pengunjung akan menemukan pemandangan yang luar biasa dari tanah karo dan juga Danau Toba. Gardu pandang menjadi salah satu spot pilihan bagi wisatawan yang ingin mengabadikan foto karena dari lokasi ini pengunjung dapat berfoto dengan 2 pilihan background yaitu Air Terjun Sipiso-piso dan pemandangan Danau Toba.

Tujuan Utama Untuk Sejenak Menghindari Hingar Bingar Kota

Saat sudah tiba di dasar, maka pengunjung akan merasakan suhu yang terasa sangat dingin dan sejuk. Banyak terdapat bebatuan besar ataupun kecil di sekitar air terjun untuk tempat bersantai pengunjung sembari menikmati segarnya cipratan air terjun. Ditambah dengan pemandangan yang didominasi warna hijau dari pepohonan indah, sehingga menambah suasana tersendiri ketika berada di dasar air terjun. Untuk menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-piso, lebih baik untuk tidak berkunjung pada saat musim hujan. Karena ketika musim hujan, maka air terjun tidak akan terlihat jernih melainkan air akan tampak keruh.

Ketika sudah puas bermain di dasar air terjun, pengunjung dapat melanjutkan wisata dengan belanja souvenir ciri khas Air Terjun Sipiso-piso. Pengunjung akan menemukan banyak toko penjual souvenir sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan sebagai bukti kalau Anda sudah pernah menginjakkan kaki di tempat ini. Bagi yang ingin menginap di sekitar kawasan wisata, tidak perlu khawatir karena terdapat banyak penginapan di daerah Tongging ataupun Kabanjahe. Dari penginapan ini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam dari Danau Toba yang sangat indah dan udara di daerah Tongging yang sangat sejuk karena jauh dari hingar bingar kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Batu Agung Pesona Wisata Tumpukan Batu Balapulang

Batu Agung Pesona Wisata Tumpukan Batu Balapulang

Tamasya Batu Agung merupakan salah satu daerah tamasya yang berada di desa Balapulang, kabupaten Tegal, provinsi Jawa Tengah. Wisata ini ramai wisatawan pada hari biasa ataupun hari weekend. Tempat ini betul-betul cantik dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dengan kegiatan kita sehari hari. Tegal juga tenar akan estetika objek wisatanya , salah satu contohnya wisata […]

Gua Gong - Kemegahan Gua Tercantik Se Asia Tenggara

Gua Gong – Kemegahan Gua Tercantik Se Asia Tenggara

Pacitan merupakan wilayah di Jawa Timur yang terkelilingi oleh pegunungan kapur, yang menjadikan tanah di tempat ini kering dan tidak subur. Tanah di permukaan Pacitan memang gersang dan mempunyai sedikit unsur hara. Namun anugerah Yang Maha Kuasa ternyata bukan berlokasi di atas permukaan, namun di bawah permukaan tanahnya. Bagi para pecinta alam, hal pertama yang […]