Coto Makassar - Kuliner Khas Sulawesi Dengan Seribu Manfaat

Coto Makassar – Kuliner Khas Sulawesi Dengan Seribu Manfaat

Semua orang sudah mengetahui bahwa Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) dan daging sapi yang direbus lama. Rebusan tersebut kemudian di iris-iris lalu bumbui dengan racikan bumbu khusus coto. Kuliner ini cukup terkenal di kalangan masyarakat, sajian yang lezat dan kaya akan manfaat membuat masyarakat menggemari hidangan ini. Banyak orang beranggapan Coto adalah Soto. Hal ini karena cara penyebutannya dipengaruhi oleh bangsa Asia seperti China. Awal mula Soto memang berasal dari makanan China bernama Caudo. Makanan China ini mengalami perkembangan dan menjadi Soto, namun masyarakat Makassar menyebutnya dengan Coto Makassar.

Baca Juga : Pantai Tanjung Bira – Pesona Biota Bawah Laut Yang Menakjubkan

Kelezatan dari Coto Makassar ini tidak terlepas dari bumbu yang digunakan. Ia membutuhkan campuran bumbu hingga 40 jenis. Bumbu tersebut merupakan bumbu lokal yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Rempah-rempah yang terpakai pun juga sangat baik untuk kesehatan. Saat ini kuliner khas Sulawesi ini sudah menyebar ke berbagai daerah Indonesia.

Anda juga bisa membuatnya sendiri sebagai masakan rumahan. Bumbu yang Anda butuhkan yaitu kacang tanah, bubuk cengkeh. kemiri, lengkuas, bawang merah & putih, merica. ketumbar. jahe, laos, jintan, dan berbagai bumbu dapur lainnya. Perpaduan bumbu ini dapat berkhasiat sebagai penawar zat kolesterol pada tubuh.

Membuat Coto Makassar Dengan Mudah Ala Masakan Rumahan

Pembuatannya biasanya menggunakan kuali tanah atau disebut juga Uring Butta agar tidak mengurangi cita rasanya. Cara membuat kuliner ini sangat mudah, rebus daging dan jeroan hingga empuk, kemudian goreng sebentar, setelah Anda goreng iris daging sesuai selera. Lalu masukkan lagi ke air rebusan. Tumis bumbu halus yang sudah Anda siapkan dan haluskan sampai wangi, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai kemudian aduk. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging dan jeroan, campurkan santan dan susu bubuk full cream. Aduk hingga merata, tambahkan kaldu bubuk bila perlu. Jika sudah matang, sajikan Coto Makassar beserta bahan pelengkapnya.

Kuliner ini sangat baik juga untuk ibu hamil, karena hati dan ginjal sapi dalam Coto, memiliki kandungan gizi sangat tinggi. Hidangkan Coto Makassar dengan ketupat atau burasa dan lengkapi dengan sambal Taoco jika Anda suka pedas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Pisang Epe - Uniknya Jajanan Lokal Favorit Khas Tepi Pantai

Pisang Epe – Uniknya Jajanan Lokal Favorit Khas Tepi Pantai

Selain Sop Konro dan Coto Makassar, Sulawesi Selatan juga mempunyai jajanan lokal yang sangat unik, yaitu Pisang Epe. Jajanan ini biasanya terbuat dari pisang kepok atau pisang raja yang dijepit, kemudian dipipihkan dan dibakar, lalu diolesi dengan gula aren untuk pemanis. Makanan ini menjadi jajanan favorit pinggir jalan untuk orang-orang yang mengunjungi Pantai Losari. Tidak […]

Es Dawet Ayu - Minuman Legendaris Khas Banjarnegara

Es Dawet Ayu – Minuman Legendaris Khas Banjarnegara

Es Dawet Ayu merupakan minuman tradisional khas Banjarnegara, Jawa Tengah yang masih bertahan hingga kini. Meski telah berusia sekitar 69 tahun, minuman ini ternyata tetap memenangkan hati masyarakat. Buktinya, masih banyak penjual minuman ini yang sering ada di pinggir jalan atau berkeliling mendatangi target pembelinya langsung. Sejarah nama dawet ayu menjadi populer berkat lagu berjudul […]