Pantai Tanjung Bira - Pesona Biota Bawah Laut Yang Menakjubkan

Pantai Tanjung Bira – Pesona Biota Bawah Laut Yang Menakjubkan

Pantai Tanjung Bira adalah salah satu tempat dengan daya tarik luar biasa di Sulawesi. Sulawesi memang salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan keindahan eksotis dari banyak pantainya. Pesonanya bahkan mampu menghipnotis orang walaupun hanya melihat dari gambar sekalipun.

Pantai Tanjung Bira secara geografis terletak di Kabupaten Bulukamba Sulawesi Selatan. Keindahan pantai ini mampu menyamai pantai-pantai di pulau Bali dan menjadi salah satu tempat unggulan di Pulau Sulawesi. Dari Kabupaten Bulukamba ke pantai ini hanya berjarak 40 km atau sekitar 1-2 jam perjalanan. Jika dari kota Makassar, wisatawan harus menempuh 200 km. Karena letaknya yang jauh inilah, Tanjung Bira dikatakan terletak di ujung selatan daratan Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Taman Nasional Baluran – Pesona Afrika Di Pulau Jawa

Tiket masuk pantai ini sangat murah, untuk wisatawan domestik harga tiketnya Rp. 10.000 dan Rp. 20.000 untuk wisatawan asing. Pantai Tanjung Bira memiliki pantai yang sangat bersih, putih halus, dan juga nyaman. Lembutnya pasir inilah yang menjadi ciri khas tersendiri Pantai Tanjung Bira. Ketika Anda memandangi dasarnya, dasar laut akan tampak jelas karena air laut di pantai ini sangat jernih. Selain pemandangan bawah lautnya, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan senja yang sangat menakjubkan.

Dapatkan Banyak Pengalaman Saat Berkunjung Ke Pantai Tanjung Bira

Pada saat Anda berkunjung ke pantai ini, Anda bisa menyaksikan pembuatan kapal tradisional Phinisi. Kapal Phinisi merupakan kapal tradisional dan khas Suku Bugis. Hal ini karena memang nenek moyang suku Bugis merupakan pelaut yang tangguh. Ada juga tempat wisata lainnya dimana wisatawan dapat melakukan kegiatan snorkeling dan diving di tempat ini karena biota bawah lautnya yang sangat indah, yaitu Pulau Kambing dan Pulau Liukang.

Jika Anda ingin bermalam di sini, banyak terdapat hotel, penginapan, homestay bahkan resort. Harga yang ditawarkan sangat bervariasi. Mulai dari yang murah sampai yang cukup mahal. Semua tergantung dari kelebihan dan keunggulan yang akan wisatawan dapatkan. Salah satu contohnya adalah sebuah penginapan untuk keluarga yang menghadap ke laut pasti akan lebih mahal daripada yang tidak menghadap laut.

Sama halnya dengan peningapan, di sekitar Pantai Tanjung Bira Bulukamba juga banyak terdapat tempat makan. Karena lokasinya di tepi pantai, makanan yang disajikan didominasi oleh makanan hasil laut pastinya. Namun Anda juga bisa menikmati Coto Makassar dan Konro yang merupakan makanan khas Makassar di rumah makan sekitar pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Pantai Ujung Genteng, "Mutiara yang Tersembunyi" di Pesisir Selatan Jawa Barat

Pantai Ujung Genteng, “Mutiara yang Tersembunyi” di Pesisir Selatan Jawa Barat

Pantai Ujung Genteng merupakan pantai yang berada di pesisir selatan Jawa Barat yang masuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini merupakan salah satu surga tersembunyi dengan air lautnya yang sangat jernih dan suasana bersahaja masyarakat sekitar pantai yang mayoritas bekerja sebagai nelayan. Letaknya kurang lebih 200 km dari Ibukota Jakarta. Di sepanjang perjalanan […]

Teluk Triton - Pesona Surga Bawah Laut dan Warisan Budaya

Teluk Triton – Pesona Surga Bawah Laut dan Warisan Budaya

Teluk Triton merupakan wisata baru yang berada di Papua. Papua Barat memang sangat terkenal dengan objek wisata yang memiliki pemandangan bawah lautnya yang sangat indah seperti Raja Ampat dan Wakatobi yang sudah lebih dulu menjadi tujuan wisata bertaraf Internasional. Lokasi Teluk Triton terletak di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Letaknya 40 km tenggara dari Kota […]