Taman Nasional Baluran - Pesona Afrika Di Pulau Jawa

Taman Nasional Baluran – Pesona Afrika Di Pulau Jawa

Taman Nasional Baluran atau biasa dijuluki “Little Africa In Java” terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Banyuwangi, Jawa Timur. Mengapa disebut “Little Africa In Java” karena disana ada Savana Bekol, savana inilah yang membuat Taman Nasional Baluran seperti Afrika. Kawasan ini memiliki 10.000 hektar atau lebih dari sepertiga kawasan keseluruhan Taman Nasional. Wisatawan akan menyaksikan padang rumput serta pemandangan gunung yang sangat eksotis.

Baca Juga : Pantai Sumur Tiga – Serpihan Surga Dari Ujung Barat Indonesia

Taman nasional adalah sebuah kawasan konservasi khusus untuk melindungi berbagai macam flora dan fauna. Luas kawasan Taman Nasional Baluran kurang lebih 25.000 hektar dengan berbagai macam konservasi dan satwa. Saat menyusuri kawasan ini jangan kaget jika kondisi jalan yang rusak parah dan banyak lubang. Jalan ini tidak boleh diperbaiki karena statusnya sebagai Taman Nasional. Begitu pula dengan hewan-hewan yang menyeberang tanpa permisi.

Saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran, jangan khawatir soal kuliner, karena terdapat banyak warung dengan berbagai macam menu makanan. Selain kuliner, wisatawan juga dapat menginap di kawasan ini. Wisatawan bisa menyewa penginapan yang sudah tersedia di sini. Harganya tidak mahal, mulai dari 200 ribuan. Tetapi saat musim liburan tiba harganya mungkin akan naik.

Banyak Destinasi Wisata Yang Ada di Dalam Taman Nasional Baluran

Jika Anda berkunjung kesini, Anda tidak hanya bertemu dengan hewan satwa tetapi kawasan ini juga banyak terdapat destinasi wisata jika Anda ingin berswafoto ria.

1. Hutan Musim
Hutan ini menyambut wisatawan yang datang setelah melewati pos penjagaan. Yang dimaksud dengan hutan musim adalah hutan yang berubah-ubah sesuai musimnya. Pada saat musim penghujan, wisatawan akan menyaksikan pesona hijaunya pepohonan. Tetapi sebaliknya, pada saat musim kemarau wisatawan akan menyaksikan kondisi hutan gersang dengan warna coklat dengan dedaunan yang berguguran.

2. Hutan Evergreen
Hutan evergreen adalah hutan abadi, maksudnya adalah hutan ini selalu dalam kondisi subur tidak musiman seperti Hutan Musim. Ada sebuah aliran sungai di hutan ini yang berfungsi sebagai cadangan air untuk tumbuhan. Itulah mengapa tanah di hutan ini cukup subur dan tumbuhannya selalu hijau.

3. Savana Bekol
Sudah dijelaskan diatas bahwa savana inilah yang membuat Taman Nasional Baluran dijuluki “Little Africa In Java”. Savana Bekol hampir sama seperti hutan musim. Saat musim penghujan, kawasan ini memiliki pesona hijau menawan, dan wisatawan bisa melihat rusa yang sedang memakan rerumputan.

Jika Anda berkunjung kesini disarankan untuk berhati-hati karena ini adalah alam bebas. Wisatawan bisa bertemu ular atau sekawanan banteng yang datang. Lebih baik berhenti dan biarkan mereka lewat terlebih dahulu, jika bertemu ular tenang dan jangan panik.

4. Pantai Bama
Pantai ini sangat sepi dan sangat cocok menjadi tempat untuk Anda bersantai dan berswafoto di kawasan terakhir Taman Nasional Baluran ini. Tetapi Anda harus berhati-hati dengan kera ekor panjang jika berkunjung kesini. Mereka akan mengincar makanan yang wisatawan bawa. Pantai ini aman untuk wisatawan yang ingin berenang, karena ombaknya tidak begitu kencang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Tangkahan, Pengalaman Seru Menikmati Keindahan Alam Bersama Gajah

Tangkahan, Pengalaman Seru Menikmati Keindahan Alam Bersama Gajah

Tangkahan terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh. Tangkahan merupakan kawasan ekowisata berupa hutan hujan tropis yang sangat alami lengkap dengan sungai dan penangkaran gajah. Alam disini terjaga dengan sangat baik, sungainya bersih, dan tidak terlalu ramai pengunjung. Serta dapat sesuka hati main di sungai dan bertemu gajah Sumatera yang […]

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso, Pesona Keindahan Alam yang Menyejukkan Mata

Selain Danau Toba, Sumatera Utara juga mempunyai Air Terjun Sipiso-piso yang menjadi destinasi liburan yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Diberi nama Sipiso-piso karena ketinggiannya yang mencapai 120 meter, maka air terjun ini tampak seperti pisau apabila diliat dari atas. Dalam bahasa Batak, kata Piso artinya pisau. Bahkan objek wisata ini […]