Coban Rondo - Kesegaran Air Terjun Dengan Mata Air Pegunungan

Coban Rondo – Kesegaran Air Terjun Dengan Mata Air Pegunungan

Coban Rondo adalah air terjun yang berada di area pegunungan dengan ketinggian 1.135 meter dpl. Wisata air tejun ini terletak di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu, Malang, Jawa timur. Jarak dari Kota Malang menuju ke lokasi wisata kurang lebih 20 km, Anda butuh 1 jam perjalanan untuk sampai kesana. Sedangkan dari Kota Batu ke lokasi wisata kurang lebih 12 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Karena terletak di pegunungan, udara di air terjun ini sangat sejuk dan pemandangan alamnya yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Ketinggian air terjun ini mencapai 84 meter. Air terjun ini resmi berdiri pada tahun 1980 menjadi tempat wisata. Sumber air terjunnya berasal dari mata air di lereng Gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Kuota air yang mengalir mencapai 90 hingga 150 liter per detik. Coban Rondo, dalam bahasa Indonesia Coban yang berarti air terjun dan Rondo berarti Janda. Jadi Coban Rondo artinya adalah air terjun janda.

Asal-usul Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo mempunyai kisah yang berawal dari sepasang suami istri yaitu Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan suaminya Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro. Suatu hari mereka berdua ingin mengunjungi kediaman Raden Baron Kusuma, tetapi tidak mendapat persetujuan dari orang tua Dewi Anjarwati karena pernikahan mereka belum genap 40 hari. Dewi Anjarwati dan Baron Kusuma tetap memaksa pergi ke tempat kediaman orang tua Baron Kusuma. Pada saat perjalanan mereka dihadang oleh seorang pemuda tak dikenal yang bernama Joko Lelono. Pemuda tak dikenal tersebut jatuh hati kepada Dewi Anjarwati karena terpikat dengan kecantikannya. Ia pun berusaha merebut Dewi Anjarwati dari Raden Baron Kusuma.

Kemudian terjadilah pertempuran antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusuma. Suaminya meminta Dewi Anjarwati beserta pembantunya melarikan diri ke sebuah Coban (air terjun). Namun, sejak pertempuran tersebut, Dewi Anjarwati tidak pernah bertemu lagi dengan suaminya, dan ia tetap menunggu di sebuah air terjun tersebut dengan status janda karena suaminya tak kunjung datang. Dan kisah itulah yang menjadi latarbelakang nama Air Terjun Coban Rondo (Air Terjun Janda).

Banyak Terdapat Wahana Untuk Dinikmati

Selain menikmati segarnya air terjun, wisatawan juga bisa menikmati wahana rekreasi seperti Fun tubing. Fun tubing merupakan berenang mengitari sungai dengan menggunakan ban pelampung. Setiap wisatawan akan diberikan 2 perlengkapan renang, yaitu ban dan baju pelampung saat mencoba wahana ini. Untuk Anda yang menyukai wahana adrenaline, terdapat permainan Paint Ball yaitu permainan baku tembak antar team dengan menggunakan senapan mainan dan juga peluru yang terbuat dari karet. Jangan khawatir Anda akan terluka karena setiap wisatawan yang mencoba permainan ini akan dilengkapi dengan baju serta berbagai macam perlengkapan pelindung lainnya.

Baca Juga : Ombus-Ombus – Kue Tradisional Yang Terkenal di Kalangan Suku Batak

Terdapat satwa dan perkebunan juga di kawasan wisata Air Terjun Coban Rondo. Di wahana ini wisatawan dapat melihat beragam satwa dan juga dapat mencoba beraneka ragam aktivitas seperti outbond dan coban rondo labirin. Untuk wisatawan yang berasal dari luar kota, wisatawan dapat menginap di penginapan dan villa yang berlokasi sekitar 5-8 km dari air terjun. Selain villa dan penginapan, wisatawan juga bisa berkemah di sini. Pengelola Coban Rondo sudah mempersiapkan camping ground/bumi perkemahan di sekitar kawasan wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Tangkahan, Pengalaman Seru Menikmati Keindahan Alam Bersama Gajah

Tangkahan, Pengalaman Seru Menikmati Keindahan Alam Bersama Gajah

Tangkahan terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh. Tangkahan merupakan kawasan ekowisata berupa hutan hujan tropis yang sangat alami lengkap dengan sungai dan penangkaran gajah. Alam disini terjaga dengan sangat baik, sungainya bersih, dan tidak terlalu ramai pengunjung. Serta dapat sesuka hati main di sungai dan bertemu gajah Sumatera yang […]

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso, Pesona Keindahan Alam yang Menyejukkan Mata

Selain Danau Toba, Sumatera Utara juga mempunyai Air Terjun Sipiso-piso yang menjadi destinasi liburan yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Diberi nama Sipiso-piso karena ketinggiannya yang mencapai 120 meter, maka air terjun ini tampak seperti pisau apabila diliat dari atas. Dalam bahasa Batak, kata Piso artinya pisau. Bahkan objek wisata ini […]