Jembatan Situ Gunung - Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia

Jembatan Situ Gunung – Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia

Jembatan Situ Gunung atau Situ Gunung Suspension Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia yang memiliki panjang 243 meter. Jembatan Situ Gunung terletak di Desa Kadudampit, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Ia membentang di atas kawasan Situ Gunung di Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) dengan ketinggian 161 meter di atas permukaan tanah, tidak heran jika suhu udaranya sangat sejuk.

Jembatan tersebut berkonstruksi kabel baja dengan lantai dari kayu ulin asli Papua seberat 80 ton. Kayu ulin merupakan kayu yang lebih tahan cuaca dan tidak mudah dimakan rayap sehingga digunakan untuk lantai jembatan. Jembatan Situ Gunung buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 17.30 WIB. Tiket masuk untuk orang dewasa Rp. 50.000 sedangkan untuk anak-anak dibawah usia 10 tahun dan lanjut usia adalah  Rp. 25.000. Tiket ini untuk satu kali menyeberang dan kembali ke titik asal.

Baca Juga : Lek Tau Suan – Makanan Khas Tionghoa Di Pontianak

Saat tiba di kawasan wisata Situ Gunung, pengunjung masih harus berjalan sejauh 600 meter untuk bisa mencapai jembatan terpanjang itu. Saat sudah sampai di jembatan tersebut wisatawan wajib untuk memakai sabuk pengaman. Sabuk pengaman itu merupakan alat standar keselamatan yang tersedia untuk disematkan dipinggang pengunjung apabila tiba-tiba terjadi guncangan saat berada di tengah jembatan. Aturannya begini, saat guncangan terjadi, pengunjung yang sedang berada di atas jembatan dapat langsung mengaitkan sabuk ramp yang terdapat di sisi-sisi jembatan. Ini demi menjaga posisi pengunjung agar tetap seimbang saat berada di jembatan.

Terdapat Beberapa Tempat Wisata Selain Jembatan Situ Gunung

Meski daya tampung jembatan adalah 55 ton, petugas membatasi jumlah pengunjung yang berada di atas jembatan dalam waktu bersamaan. Petugas hanya memperbolehkan 40 orang yang berada di atas jembatan. Jadi untuk Anda yang takut ketinggian jangan risau lagi ya jika berkunjung kesini karena keselamatan pengunjung sudah terjamin.

Kawasan wisata tersebut tidak hanya berisi jembatan terpanjang, tetapi Anda dapat menemukan sejumlah tempat wisata seperti air terjun yang bernama Curug Sawer yang berasal dari aliran Sungai Cigunung. Selain itu, adapula Situ Gunung, yaitu sebuah danau alami seluas 120 hectare yang menjadi tujuan utama pengunjung. Letaknya sekitar 850 meter di atas permukaan laut.

Tambah Pengalaman Dengan Bermalam di Wisata Camping Ground

Meskipun berkunjung ke tempat ini dapat dilakukan kurang dari sehari, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk bermalam di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, terutama jika kamu ingin mendapat pengalaman melihat sunrise di sekitar danau Situ Gunung. Tepat di pintu masuk kawasan wisata terdapat beberapa penginapan yang menyewakan kamar atau villa yang ada dapur dan perlengkapan memasak.

Selain itu, kawasan wisata yang terletak sekitar 16 kilometer dari pusat Sukabumi ini pun memiliki beberapa camping ground seluas 5 hectare, baik di sekitar danau, di sekitar Curug Sawer, atau di dekat pintu masuk Jembatan Situ Gunung. Anda tidak perlu khawatir perihal keamanan, camping groundnya sangat layak, baik dari segi fasilitas maupun keamanan lokasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Tangkahan, Pengalaman Seru Menikmati Keindahan Alam Bersama Gajah

Tangkahan, Pengalaman Seru Menikmati Keindahan Alam Bersama Gajah

Tangkahan terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh. Tangkahan merupakan kawasan ekowisata berupa hutan hujan tropis yang sangat alami lengkap dengan sungai dan penangkaran gajah. Alam disini terjaga dengan sangat baik, sungainya bersih, dan tidak terlalu ramai pengunjung. Serta dapat sesuka hati main di sungai dan bertemu gajah Sumatera yang […]

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso, Pesona Keindahan Alam yang Menyejukkan Mata

Selain Danau Toba, Sumatera Utara juga mempunyai Air Terjun Sipiso-piso yang menjadi destinasi liburan yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Diberi nama Sipiso-piso karena ketinggiannya yang mencapai 120 meter, maka air terjun ini tampak seperti pisau apabila diliat dari atas. Dalam bahasa Batak, kata Piso artinya pisau. Bahkan objek wisata ini […]