Lek Tau Suan - Makanan Khas Tionghoa Di Pontianak

Lek Tau Suan – Makanan Khas Tionghoa Di Pontianak

Banyak makanan khas Tionghoa yang tersedia di Pontianak, salah satunya adalah Lek Tau Suan. Nama tersebut berasal dari dialek Tio Ciu Bahasa Tionghoa, yang berarti butiran mutiara kacang hijau. Ini mungkin mengacu pada tampilannya yang berisi biji-bijian dan nampak berkilauan seperti mutiara ketika terkena sinar terang. Anda dapat menemukan makanan ini di sepanjang Jalan Gajahmada, Pontianak, Kalimantan Barat.

Baca Juga : Pantai Indrayanti – Keindahan Pantai Pasir Putih Di Pesisir Selatan Jogja

Lek Tau Suan terbuat dari kuah kental bening yang dimasak dengan kacang hijau yang kulitnya sudah dikupas. Kuah kental tersebut terbuat dari tepung tapioka lalu campurkan dengan gula dan pandan agar aromanya sempurna. Lek Tau Suan biasanya akan terhidang bersama irisan Cakwe yang garing. Anda akan mencium aroma yang khas, yakni harum pandan dan juga aroma kacang hijau jika Anda menyantapnya.

Makanan ini biasanya dihidangkan ketika masih hangat, dan cocok dinikmati di malam hari atau ketika sedang hujan. Ketika mencicipinya rasanya manis, lembut, dan ada sensasi kriuk-kriuk ketika menggigit Cakwenya yang garing. Bahan dan cara membuatnya pun begitu mudah. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan yaitu kacang hijau kupas (yang sudah terendam air selama kurang lebih 30 menit), air, daun pandan untuk aroma, gula pasir, gula merah, garam, tepung sagu yang sudah larut, dan juga potongan Cakwe goreng.

Cara Mudah Untuk Membuat Lek Tau Suan

Pertama, tiriskan kacang hijau kupas yang sudah terendam air kurang lebih 30 menit. Setelah itu kukus kacang hijau tersebut dalam dandang yang sudah berisi air, tunggu mendidih selama kurang lebih 20 menit. Sementara menunggu kacang hijau matang, Anda bisa sambil menyiapkan kuahnya. Rebus air sampai mendidih, campur dengan daun pandan, gula pasir, gula merah, dan garam sampai benar-benar mendidih. Jika sudah mendidih dan bercampur dengan rata, masukkan kacang hijau yang sudah Anda kukus tadi.

Kemudian rebus semuanya kurang lebih 5 menit. Jika semua langkah sudah selesai dan adonan kacang hijau sudah bercampur, masukan larutan tepung sagu yang sudah Anda buat. Masak dan aduk terus sampai kuah menjadi kental sempurna. Lek Tau Suan sudah siap tersaji dengan taburan irisan Cakwe. Kuliner ini dapat Anda temukan di hampir semua kota di Indonesia termasuk Jakarta, tidak hanya di Pontianak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Coto Makassar - Kuliner Khas Sulawesi Dengan Seribu Manfaat

Coto Makassar – Kuliner Khas Sulawesi Dengan Seribu Manfaat

Semua orang sudah mengetahui bahwa Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) dan daging sapi yang direbus lama. Rebusan tersebut kemudian di iris-iris lalu bumbui dengan racikan bumbu khusus coto. Kuliner ini cukup terkenal di kalangan masyarakat, sajian yang lezat dan kaya akan […]

Rawon - Makanan Khas Jawa Timur Berkuah Hitam

Rawon – Makanan Khas Jawa Timur Berkuah Hitam

Rawon adalah makanan khas dari Jawa Timur yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. Banyak penjual Rawon yang tidak tahu bagaimana awal mula atau sejarah kuliner berkuah hitam ini. Namun ada yang berspekulasi bahwa makanan ini adalah makanan para raja dahulu yang justru bermula dari makanan rakyat jelata. Kuliner yang mengandung kluwek ini juga dikenal oleh […]